Darmasto Kusumaningrat Decoration : Klasik, Elegan dan Monumental

Huehehe jangan tanya kenapa judulnya kayak gitu ya. Itu idenya si mas.. πŸ˜› Anyway.. sekarang giliran review tentang vendor resepsi yaah. Yang pertama ada vendor dekorasi. Karena aku menggunakan busana Solo Basahan Keprabon, dan tema resepsiku adalah Jawa Tradisional Elegan, jadinya aku memang ingin nuansa dekor itu njawani yang elegan..Β  Survei beberapa vendor dekorasi rekanan Balai Sudirman (antara lain Rumah Kampung, Meriah Decoration, Dewa Dekor, Titian Dekor dan lain sebagainya) belum ada yang memenuhi seleraku. Semuanya either standar banget atau over rated banget (baca : mahal yang gak penting). Huekekekeke…

Sampai akhirnya aku nemuin majalah Mahligai edisi Solo yang menampilkan dekorasi gebyok yang apiik tenan. Gebyoknya itu bukan gebyok kayu biasa, tapi ada prada nya yang membuat gebyok tersebut berkesan megah. Dan rangkaian bunganya juga cantiik sekali. Very Beautiful dan sangat tidak pasaran. Selidik punya selidik ternyata Dekorasi dari Darmasto Kusumaningrat. Humm… never heard of it before. Tapi karena jatuh cinta sama gebyoknya,Β  aku coba cari tahu lebih banyak.

Sempet down sih waktu lihat di websitenya Balai Sudirman kalau Darmasto itu tidak tercantum sebagai vendor rekanan dekorasinya. Tapi ternyata salah saudara-saudara, pas waktu ke Balai Sudirman, ada gambar foto dekorasi khas Jawa yang ditulisnya karya Darmasto Kusumaningrat. Konfirmasi ke orang gedung, ternyata Darmasto masih rekanan disana.. Alhamdulillah.. Akhirnya langsung di kontak deh Darmasto dan janjian ketemuan.

Sekalinya ketemu dengan pak Darmasto, aku, mama, papa dan si mas langsung sreg banget. Pak Darmasto ramah dan down to earth banget. Padahal namanya kan sudah besar ya sebagai dekorator. Dan sangat mengerti banget kalau aku maunya yang tradisional-tradisional gituu.. Huehehehe.. Karena aku pakai Solo Basahan, jadinya gebyoknya pun diusulkan yang pakai macam krobongan gitu di tengah gebyoknya. Terus pakai lampu jalan ala Malioboro yang unik itu, membuat nuansa semakin njawani. Wah me like it banget. Soalnya jadi terlihat tidak biasa dan sangat unik.. πŸ™‚Β  Melihat rangkaian bunganya pun si mama suka banget.

Gebyok Prada Nan Anggun..

Untuk tempat penerima tamu, tadinya mau dipakaikan kain serut tenda gitu sampai sepanjang lorong. Tapi budgetnya aku sama mas nilai agak berlebihan kalau di lorong pun sampai dikasih kain serut tenda begitu. Akhirnya diganti dengan taman bunga yang dikasih air mancur acrylic. Dan dikasih buntal melati sepanjang lorong. Humm gak ngerti gimana bentuknya sih awalnya, cuman percaya saja sama mereka.

taman dengan buntal melati

Kemudian gak cuman itu saja, waktu membahas lebih lanjut tentang detail layout, pak Darmasto merubah jalur red carpet yang ada di Balai Sudirman. Jadi kita hanya menggunakan satu jalur di sebelah kiri. Kan biasanya ada 2 jalur tuh, yang ditengah dan di sebelah kiri. Agar tempat lebih terasa luas, jadi jalur red carpetnya dipakai di sebelah kiri saja. Jadi kita kirab lewat sebelah kiri sedang untuk tamu VVIP dibuatkan jalur bayangan menggunakan lampu-lampu jalan tradisional sebagai pembatas.

jalur kirab

Ide brilian lainnya adalah memindahkan panggung musik tepat ke tengah ruangan. Di depan panggung musik pun akan dibuat semacam plaza yang diisi dengan kursi-kursi yang dapat di duduki oleh para tamu sambil mendengarkan musik yang merdu dari Interlude. Hehehe ini salah satu cara mengoptimalkan wedding singer juga sih. Mereka jadi center of attention dari para tamu. Jadi bisa dinikmati pula secara optimal oleh para tamu.. πŸ™‚ We instantly love the idea. I think it’s very unique dan gak biasa.. πŸ˜€

Plaza Panggung Musik

Pada saat hari H, menurut laporan WO ku tercinta, kru nya Darmasto bekerja tepat waktu. Dari mulai loading sampai finishing akhir, semuanya selesai pada waktunya. Dan jujur saja, waktu aku lihat langsung dekorasinya, aku senang sekalii. It is simply gorgeous. Classic, sophisticated, elegant withΒ  Javanese taste. Aku sama mas terpesona banget. Apalagi pas lihat pelaminan kita. Oh my God.. It is very beautiful.. πŸ™‚ Hihihi setelah lihat foto pernikahan kita, kita pun semakin girang, soalnya antara pelaminan dan baju pengantin kita terpadu dengan bagus.. πŸ™‚

@ Pelaminan

Dekorasi ruang VIP nya pun cakep banget. Baru sadar pas makan setelah turun pelaminan. Bunga yang jadi center piece di meja makan VIP bagus banget rangkaiannya. Dan sekeliling ruang VIP dikasih kaya macam tanaman rambat bunga-bunga yang sangaaaatt baguuus.. Me like it so much.. πŸ™‚

Dekorasi Ruang VIP

Overall kita puaass banget pakai Darmasto. Hasil kerjanya bagus banget. Lebih bagus daripada yang dibayangkan. Dan sangat ON TIME dan PROFESIONAL. Huehehehe aku suka banget deh sama vendor-vendor yang tepat waktu.. πŸ™‚ Apalagi yaa menurut laporan WO, kita dapat item-item tambahan diluar spesifikasi awal semacam :

  1. Backdrop pelaminan dibuat full (starlamp backdrop)
  2. Ada tambahan 2 pergola kain di meja katering
  3. Ada tambahan standing flower dan lampu malioboro
  4. Ada tambahan kelompok pohon di area tengah resepsi

Alhamdulillah banget yhaa.. Thanks buat Darmasto Kusumaningrat and crew. U make our special day fantastic.. πŸ™‚ Score nya 9.5 untuk Darmasto.. πŸ™‚ Kita sekeluarga puas bangeet. Semuanya memuji dekorasi resepsi kita.. Alhamdulillah.. πŸ™‚

Buat yang penasaran sama harganya Darmasto, monggo ditanya langsung saja yaa. Soalnya harga yang aku punya tidak standar, karena pas hari Valentine, dimana harga bunga mahalnya ampun-ampun.. πŸ™‚ Ini dia alamat dan contact personnya Darmasto Kusumaningrat Decoration :

Darmasto Kusumaningrat Decoration
Jl. Srengseng Raya No. 18 Kembangan
Kebon jeruk 11630
Phone : (021) 587 0372 – Hp: 0811 827 813
Fax : (021) 584 1203

32 thoughts on “Darmasto Kusumaningrat Decoration : Klasik, Elegan dan Monumental

  1. Dian says:

    Anggi….mau tau dong paket yg kamu ambil di darmasto itu brp?

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @Dian
    as I said earlier, harga yang diberikan ke aku sangat gak relevan buat hari-hari normal. Jadi jika ingin informasi lebih jelas monggo kontak langsung Darmasto nya yah. Thanks..

  2. Witha says:

    Tebak-tebak buah manggis jgn” smp 80 juta ya? hehehe..itu ada pengantin lain yg dekornya smp segitu..

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @Witha
    Alhamdulillah gak sampai 80 jt.. Masih jauuuhh dibawah 80 jt.. Tapi teteuup lumayan deh bo harganya..

  3. reza magnadi says:

    mbak, boleh tau berapa habisnya dekorasi rumah dan gedung? ada detailnya? saya rencana mo nikah tahun ini. please me a message to my e-mail yah.

    terima kasih

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @Reza
    udah aku coba email, tapi tidak bisa ke sent. Ada email yg lain mungkin ?

  4. NUR says:

    lam kenal mba anggi blog weddingnya bagus bgt aku suka,boleh tau ngga berapa habisnya buat tiap2 acr mba anggi,buat referensi tlg e-mail ya mba…

    terima kasih….

  5. dya says:

    Waaaaah ada juga nih yang pake pak Darmasto. Aku jugaaaaa πŸ˜€ Habisnya kalo baca resepsi orang2, jarang banget yang pake Pak Darmasto ini.

    Aku puas banget pake dekorasi dari dia, nuansa Jawanya ‘dapet’ banget. Bunganya pilihan, bagus dan banyak (dia punya kebun bunga sendiri kan di daerah puncak, trus dicampur sama bunga2 impor gitu deh). Pas selese acara resepsiku, panitia pada ngambilin bunga2 dekorasinya dia lho.

    Aku marriednya tahun 2005 di Balai Sudirman Panti Prajurit, dan menurutku mayan banget harganya (mayan mahal maksudnya, hihihihi).

    Ohiya, dia ini waktu jaman pak Harto berkuasa, selalu yang megang dekorasi untuk acara2 pak Harto gitu deh, di istana, dsb.

  6. rna says:

    dear anggi,

    paket yang kamu ambil di pak darmasto berapa harganya? pengen tahu nih untuk ancer2 budget… thanks ya

  7. diah says:

    Dear Anggi,
    salam kenal ya.. boleh minta dikirimin harga dari paket yang kamu ambil ga ya? aku tertarik banget sama dekornya soalnya…
    manythanks yah nggi… ^^

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @diah
    udah aku email ya

  8. magda says:

    mbak anggi yang caem..
    lam kenal ya… aku juga mau dunkz info detil harga dari dekor,gedung atau catering nya..
    misalkan kalo ambil dekornya ja berapa,atau cateringnya berapa gitu..
    perinciannya…
    makasih ya mbak.. aku juga da rencana bulan okt 09..

  9. Lina Herlina says:

    Hai mbak Anggi, aku lina mau juga donk dikirimin detail harga dekorasi gedung dan cateringnya.

    Insya allah aku mau ngadain acara bulan januari tahun depan.

    Thanks before ya…

  10. ririn says:

    halo mba anggi… wah aku suka bgt liatnya..
    boleh tau harganya dharmasto dekor mba?
    sekalian klo boleh aku pengen tau mba riasnya sama siapa ya? cantik deh mba…
    tolong kirim ke emailku ya mba, rin_inta@hotmail.com
    trims ya mba…

  11. mely says:

    mbak anggi…makasi blognya yg uda banyak memberi info…klo ga repot,mau dong dikirimin pricenya darmasto kmrn dapet brp??makasi banyak yaaa

Comments are closed.