Menu Masakan Bulan April 2009

Akhirnyaaa selesai juga susunan menu masakan untuk sebulan. Huehehehehe.. Emang sih belom bulan April cuman kan minggu depan dah gajian ^_^, jadi siap-siap buat belanja bulanan.. Melihat pengalaman bulan ini yang sangat kurang teratur (baik dari segi pengaturan menu dan budget) untuk itu untuk bulan April aku mau lebih teratur lagi. Huehehehe..

Seperti halnya dalam membuat program IT (*halah). Goal nya harus jelas dulu. Jadi ya aku tulis / menentukan menu-menu yang akan aku buat setiap harinya di bulan April (menu bulan April 2009). Ternyata cukup memusingkan, pantes aja dulu si mama suka ngomel-ngomel kalau aku ga mau makan, katanya tidak menghargai orang yang udah ngaturin semuanya buat aku. Weks.. I’m sorry mommy.. Anyway, iya pusing bok, mangkanya aku atur maksimal 3 menu / hari saja. Yang jelas harus seimbang, harus ada sayurnya..

Setelah menu sudah tersusun dan disetujui sama si mas (mesti dunk, kan dia yang bakal makan.. :) ). Mulai deh itung-itungan budget dan me list daftar belanjaan. Mana yang belanja bulanan di supermarket, mana yang dibeli tiap minggu di pasar tradisional dan mana yang dibeli di abang-abang tukang sayur yang lewat depan rumah.

Thank God aku nemuin kliping resep Femina yang udah aku kumpulin sejak lama di rumah ^_^. Terus lihat-lihat websitenya resep keluarga nugraha, uhuuuy jadi banyak deh referensi masakan. Jadi berpikiran untuk langganan Femina juga niyh.. Soalnya menu-menunya banyak yang cihuy-cihuy.. (alamaaakk.. semakin kaya emak-emak aja niih gw, Femina bow.. :P )

Kalau belanja bulanan di supermarket biasanya macam daging cincang, daging kepiting, keju, sosis, nugget2an, susu, tuna kaleng / sarden, saos tomat dan lain sebagainya. Biasanya sih bahan makanan yang gak ada/jarang di pasar tradisional. Kalau belanja yang seminggu sekali di pasar tradisional itu biasanya nyetok telor, daging ayam, bumbu masakan. Dan kalau sayur sih biasanya beli 1/2 hari sekali di abang tukang sayur yang lewat depan rumah.

Pada prakteknya, aku cuman melakukan belanja bulananĀ  saja. Belanja yang mingguan biar asisten rumah tangga yang jalan ke pasar. Yaa secara ga sempat ya bo eike, lagipula biar mbak asisten rumah tangga ada kerjaannya dunk. :lol: . Terus soal masak memasaknya, humm insyaAllah kalau gak lembur aku bisa pulan cepat ke rumah dan bisa masakin buat si mas. Kalau lembur ya terpaksa di delegasikan ke mbak asisten rumah tangga. Yang penting kan kasih instruksinya jelas tho ?!?

Aku sih konsentrasi buat menu di hari kerja. Soalnya kalau wiken kita hobinya jalan dan jarang makan di rumah huehehehehehe.. :D Oiya ini list menu yang belum aku pernah coba dan to die for banget buat aku cobain bikin sendiri :

  • Udang Telor Asin
  • Steak Daging Cincang
  • Sop Sayur Bola Udang
  • Bokcoy Ca Sukiyaki
  • Nasi Goreng Canton
  • Lasagna

Kalau sisanya sih yaa andalan memasak di tempo dulu (baca : sudah pernah dipraktekan lah yaa.. ). Semangaaaaaattt !!!!!! ^_^

[thumbnail image]

10 Comments

  1. Wueh .. ngefans sama mba Atli juga nih? He he he .. dulu aku ‘kenalan’ sama beliau juga lewat resepnya, taun … 2006 ato 2007 gitu? Dah rada lupa dari kapan. Waktu itu lagi cari resep buat scallop .. eh mendarat di blog keluarga nugraha deh. Selamat berkarya di dapur ya jeng, semoga suami makin cinta ;)
    -s-

    [Reply]

  2. hai Anggi.. apa kabar say.. ? kapan bikin rencana arisan ? gw gak sempet2 update blog, udah mulai kerja lagi dan kerjaan yang baru kerja nya menggila :(
    so far masak buat si mas weekend doank ;p
    oia.. web keluarga nugraha emang tob abis.. anak nya lucu2 banget.. gw ikutin dari anak nya yang pertama, gemesin banget…. pernah coba resep spagheti beliau, dan enak banget.. TOB deh :)

    [Reply]

  3. hai anggi, kalau mau update soal resep masakan + tips2nya..coba deh gabung dengan milis natural cooking club (http://ncc-indonesia.com), pasti bakalan tambah info lagi..
    ini pengalamanku pribadi aja kok..dari sebelum nikah sampe nikah, dapet info yang top dari milist dan website itu…

    [Reply]

  4. gi, langganan Femina belum tentu kya emak2. Gw dr sebelum nikah udh langganan Femina. Tadinya baca CC. Cuma lama kelamaan bosen. Akhirnya sekarang langganan Femina juga. Lebih berbobot artikel2 nya :)

    [Reply]

    anggi Reply:

    @nisa
    wah thanks atas info nya yaaa.. :)

    @dhita
    Hihihi iya nih dhit, gw lum apply buat langganan femina niih.. Pengen, soalnya jatuhnya lebih murah ya say.. :)

    [Reply]

  5. mbak…..mega kupi yah menu+resepnya untuk kepentingan pribadi kok….thx yaaaa…senengnya bisa dapet menu+resep u/makanan sehari hari…..thx mbak ;)

    [Reply]

  6. Hi, salam kenal….hehehhe, ia, milih menu makanan harian tuh pusiiiiing banget, kaya ngerjain kerjaan kantor aja, malah lebih parah, pas jam kantor suka kepikiran mau masak apa next day,next wik,dst…program menu bulanan emang penting,supaya kita masak ngga keluar jalur (budget maksute,hihihi)…
    Sama dong mba, ak maksimal 3menu/hari,segitu aja dah kenyang…padahal orang jaman dulu, menu hariannya lebih dari 3 ya (kemakan slogan 4sehat 5 sempurna)…
    Btw, resep2 dari Femina & Keluarga Nugraha tuh isya Allah enak2 semua, ak udah coba beberapa dan ga pernah ada yang gak enak, enak semuaaaaa…
    Oke deh, met masak ya mba :D

    [Reply]

Leave a Comment.