Ayam Goreng Garing Kecap

Disuruh bedrest di rumah membuat aku jadi menghabiskan banyak waktu di tempat tidur dan dapur. What else ? Hehehe, bosan setengah mati kalau disuruh tidur terus-terusan. Seriously, I can not stand it. Thankfully, aku lagi tidak worried soal kerjaan. Soalnya kayanya aku masih in track banget soal kerjaan aku. Alhamdulillah. Kalau gak, bisa-bisa disuruh bedrest tapi malah buka laptop and kerja. Wekekekekeke.. :P

Karena itu jadi kemarin seharian lihat-lihat resep masakan deh. Dari Femina, buku-buku resep masakan mama dan blogwalking ke blog nya para ibu-ibu yang cihuy (yang tentunya menyimpan segudang resep masakan yang mudah dan praktis). Dari hasil browsing-browsing, akhirnya aku tertarik untuk mempraktekan resep Ayam Goreng Garing Kecap. It’s pretty simpel sih. Kita bisa marinate ayamnya masukin kulkas dan goreng pada saat mau dihidangkan or dibawa sebagai bekal. Bahkan saus pendampingnya pun mudah atau dicocol pakai sambal botolan juga sudah enyak.. :)

Ayam Goreng Garing Kecap

Bahan Ayam Goreng : 1 ekor ayam kampung/negeri (potong jadi 8 bagian), 4 sdm minyak wijen, 4 sdm saus tiram, 4 sdm kecap asin, garam, bumbu kaldu ayam ,merica dan minyak goreng secukupnya.

Bahan Saus : 1 sdt margarin, 6 sdm saus tiram, 2 sdm minyak wijen, 6 sdm kecap manis, 6 sdm kecap inggris

Cara Membuat :

  1. Marinate ayam dengan minyak wijen, saus tiram, kecap asin, garam, bumbu kaldu ayam dan merica. Aduk rata sampai ayam dan bumbu tercampur rata (better using your hand yaa). Kemudian masukkan ke dalam wadah, tutup dan masukkan ke dalam kulkas. Diamkan minimal 30 menit agar bumbu meresap ke dalam ayam.
  2. Goreng ayam yang telah di marinate ke dalam minak yang panas (api sedang) hingga menjadi kuning kecoklatan. Kemudian, angkat dan tiriskan.
  3. Untuk saus : panaskan margarin, kemudian masukkan saus tiram, minyak wijen, kecap manis dan kecap inggris. Aduk rata sampai mendidih kemudian angkat.
  4. Sajikan ayam goreng ke dalam piring lalu tuangkan saus diatas ayam jika suka. Jika tidak bisa disajikan terpisah. Jangan lupa sajikan saus sambal sebagai pendamping.

Mudah kan yaa.. :) Ini hasilnya aku kemarin. Bok hitam legam begitu.. Tapi kelezatannya terjamiiin.. :)

Ayam Goreng Garing Kecap

Btw, ko tiba-tiba jadi pengen masak pasta yaa ? Umm.. Lasagna kayanya yummy deh ya.. Yaps.. Mari berburu resep yang ok dan siap-siap belanja bahan makanan deeeh.. :D

Resep Terinspirasi Dari : Rice Bowl oleh Albertin Hoesni Tahun 2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>