Sirloin Steak Saus Jamur

Untuk ulang tahun hubby kemarin, kan memang praktisnya dinner di restoran yang ok gitu yaa.. Cuman, biar spesial aja (dan tentunya saran dari neng Sherly 🙂 ) akhirnya I decide to make something special for him. Coba masak Sirloin Steak Saus Jamur. Resepnya dapat dari Sherly, dan ternyata ga susah ko. Yang penting daging steaknya di marinate cukup lama. Yak begini nih resepnya :

Sirloin Steak Saus Jamur

Bahan : 2 Daging Sirloin Steak, garam, black pepper, white pepper, 3 siung bawang putih,  coke /soda / red wine, 1/2 bawang bombay (iris panjang), 6 jamur champignon segar yang besar (iris tipis), 3/4 cup cream (for cook), 150 ml kaldu daging, 2 sdm mentega

Cara Membuat :

  1. Daging Steak di memarkan (dipukul-pukul) biar empuk.
  2. Marinate daging steak dengan 2 siung bawang putih, black pepper dan garam secukupnya, dan white pepper (jika ingin lebih pedas, tambahkan white pepper lebih banyak).
  3. Kemudian jika sudah di marinate kedua belah sisi daging, taro di wadah penyimpan dan tuangkan coke (gak perlu sampai banjir, cukup 1/4 tinggi daging).
  4. Tutup tempat penyimpanan, masukkan ke dalam kulkas dan simpan semalaman sampai resap bumbunya dan empuk dagingnya.
  5. Panaskan wajan memanggang. Dan mulai masak daging. Idealnya masak satu sisi daging selama 3 menit (ini untuk yang well done), dan kemudian balik daging dan masak sisi yang satu lagi selama 3 menit (jadi tidak di bolak balik). Jika sudah matang baru angkat.
  6. Untuk membuat saus jamur, panaskan mentega, kemudian masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis sampai harum.
  7. Kemudian masukkan jamur dan masak sampai jamur agak layu.
  8. Masukkan kaldu daging, garam dan merica secukupnya.
  9. Dan terakhir masukkan cream dan diaduk sampai agak kental..

Hasilnya seperti ini yaa :

Sirloin Steak Saus Jamur

Yumm kan yaa.. 🙂 Hihihi aslinya sih ga pake bawang bombay. Tapi aku penggemar bawang bombay sih, gimana dong.. 😛 Ho iya, buat yang bingung itu coke buat apaan, itu minuman bersoda berguna untuk membuat empuk daging. Dan memang hasilnya membuat daging empuuuk.. 🙂 Padahal aku beli daging steaknya yang biasa banget looh..  Normalnya sih wong bule menggunakan Red Wine. Dan mungkin sebenarnya rasanya lebih enak kalau pake Red Wine. Namun ya secara udah ga boleh nge-wine lagi sama hubby, jadinya pakai coke sajah.. 🙂

Aku sajiinnya pakai kentang goreng harusnya sih pakai setup sayuran. Cuman aku lupa beli sayurannya huehehehehehehe.. Si mas bilang steaknya enak, empuk, yummy dan si mas minta nambah. Alhamdulillah deh mas kalau kamu suka.. 🙂

15 thoughts on “Sirloin Steak Saus Jamur

  1. nita says:

    hmmm… look sooooo yummy!!
    aku copas ya jeung ^^
    kmaren praktek bikin saus jamur, tapi kooooo… gak seenak bayanganku. skarang mo cobain resep dari mu ini say.

    thank you ^^

    [Reply]

  2. nita says:

    aku dah praktekkan resep ini jeng. hubby kebagian yang marinate dagingnya. aku yang ngolah. aku tambahin sedikit Delmonte barbeque sauce di daging dan saosnya. hasilnya. luarrrr biasaaaa.. pujian pun datang dari hubby 🙂 nyam!

    makasi ya say… mwah!

    [Reply]

  3. nita says:

    btw, beli cream for cook nya merek apa jeng? aku rada bingung sama bahan ini, di hypermart ada ga si? kamren alhasil aku modified aja, aku ganti pake susu bubuk+tepung maizena. hehe.. trus kaldu sapi nya pake apa? masako kah?

    mohon jawabannya, guru.

    [Reply]

    mrs.karimuddin Reply:

    Ada namanya Cooking Cream merek Elle & Vire. Gw belinya di hypermart ko say.. biasanya di deretan yoghurt2 gitu.. 🙂 Kaldu sapi sih pakai Knorr kaldu sapi. Soalnya rasanya ga se kencang merek yang lain.. lebih alus.. 😛
    Hihihihi sukses niih prakteknya.. ASoooyy.. 😀

    [Reply]

  4. nita says:

    owwww.. di deretan yoghurt. oke oke. kirain di bag bumbu2. sip sip!
    pake knorr ya, aku pake masako, jatuhnya tu steak asin, kurang “sapi”
    nti coba lagi aaaa…

    makasi ya jeng ^^

    *btw kenal ma merry ga? di juga di bi jkt, dulu temenku di kampus 🙂 *

    [Reply]

  5. angela devina says:

    Mbaa..
    Mau nanya yah kalo krim diganti susu bisa ga sih? Apa harus pake krim yah?
    Thank you 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    kayanya akan beda ya jadinya.. soalnya krim itu kan lebih kental drpd susu.. dan rasanya pun lebih tawar dibanding susu..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.