Burping All The Way..

Maafkaaan diriku ya.. Terutama buat teman-teman sekantor yang duduknya dekat cubicle ku. Akhir-akhir ini memang badanku sudah kayak pabrik gas saja. Selain glegekan terus-terusan hehehe aku juga sering kentutΒ  😳 . Tapi gak bau kooo…. πŸ˜† Rasanya sih begah bangeeet, soalnya ya itu badan kayaknya penuh angin (kayak masuk angin all the time gitu). Dan sempat bingung juga. Duh, wajar gak sih kaya gini. Ko hamil jadi gak cantik banget sii kelakuannya :lol:.

Anihoo baca punya baca ternyata memang ibu hamil, terutama di trimester pertama, memang badannya memproduksi gas lebih banyak dari biasanya. Gas nya ini sendiri berasal dari produksi asam lambung yang berlebihan. And again, ini wajar banget buat ibu hamil. Produksi asam lambung yang lebih banyak dari biasanya inilah yang membuat lambungku sering banget nyeri seperti sakit maag. Padahal ya, 24 tahun aku hidup, aku gak pernah namanya sakit maag. Ini sih yang paling mengganggu aku.

Emang trimester pertama lumayan berat ya.. Ya abis gimana lagi, selama si baby mengembangkan lingkungan kecilnya di rahim sana (pembentukan plasenta, saluran makanan, dan lain sebagainya), tubuh kita sendiri masih beradaptasi dan masih menganggap lingkungan kecil si baby yang sedang berkembang tersebut seperti “alien”. Mangkanya badan kita mengadakan penyesuaian yang mengakibatkan kejadian seperti mual-mual, produksi gas berlebihan, pusing dan lain sebagainya. InsyaAllah sih kalau trimester pertama lewat semua gejala-gejala yang mengganggu itu akan menghilang karena badan kita sudah beradaptasi. πŸ˜€

Jadi berharap seperti ini, kenapa ya cuti hamil di Indonesia gak dimulai dari semenjak si ibu mulai hamil ya? I mean trimester pertama ini kan lumayan seru, yang suka jackpot pasti bakal bolak balik ke kamar mandi. Belum lagi bawaan ngantuknya kenceeeng banget, jadi bikin gak fokus sama kerjaan. πŸ˜† . Di Jerman katanya begitu loh. Di mulai loe hamil, sampai 9 bulan kemudian ditambah 12 bulan mengurus baby, itu lah lamanya cuti hamil disana (bener gak ya?). Aaaaahh aku mauuu kayak gitu. Temanku di Norwegia juga gitu, 12 bulan cuti hamil. Huhuhuhuhuhu.. Bayangkan enaknya.. Sedang disini 3 bulan doang. Huh, plis deh.. Itu juga 1 bulan dimulai dari 1 bulan sebelum due date . Kantor gak terima yang mepet-mepet, takutnya kalau ada apa-apa nyusahin orang sekantor. Plis deh.. πŸ™ .

Yaah nanti coba diusulkan ke Pak Boediono via twitter saja deh. Mungkin gak ya cuti hamil di Indonesia ditambah at least sampai 6 bulan gitu. Hehehehehe.. πŸ˜‰

[thumbnail image]

26 thoughts on “Burping All The Way..

  1. Sekar says:

    Wuih .. cuti hamil sampe setahun, nikmat banget tuh! Persiapan buat baby bisa lebih matang, pas baby lahir juga lebih erat bondingnya. Tapi kalo ga salah aku pernah dengar ada negara (lupa) yang bapaknya juga dikasih cuti hamil, jadi bisa ikut bantuin new mommy-nya. Asik ya! Loh .. kok jadi ngomongin cuti hamil ya? he he he ..
    Burp .. hik .. he he he … πŸ˜€

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Asiiikk bangeet ya kalau kaya gitu.. Semoga ya bisa kaya gitu suatu saat..

  2. wian says:

    Setujuuuuuu cuti hamil 12 bulan huehehe.. Klo di ktr gw untungnya cuti msh blh mepet2 bu. Jadi gak hrs sebulan sblm due date. Lumayan kan utk menyusui :D.
    Kita senasib nggi, tiap hari kerjaannya glegean, kentutan ma ngantukan. Hehe.. Skrg gw jadi pelor ney *nempel molor*. Tiap nyender aja, bahhhhh lgsg merem. Pokoknya dahsyat bgt ya bu perubahannya. Untung suami gak protes. Tiap hbs di jemput n masuk mbl pasti lgsg kentut atau glegean. Gak lama kemudian zzzzzzz… Haha

  3. azizah says:

    Iya, Nggi, di Jerman cuti hamilnya lamaaa banget ..
    Kakak iparku dapet cuti 10 bulan setelah lahiran, kalo sebelum lahiran, aku kurang tau sih ..
    Tapi paling ngga, kita bisa lebih lama ya ngurus si baby ..

    *ikutan mendukung gerakan usul ke Pak Boed .. hehehehe ..*

  4. anthie arvianto says:

    emang gitu nggi kalo semester awal,, di tambah sembelit akut,, jadi mesti banyak makan buah dan sayur,, pokonya yang berserat, biar lancar…

    tetep smangaaat

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Alhamdulillah gw ga ngalamin sembelit akut itu sih Nthie. Pup nya lancar terus setiap hari. Mungkin gw selalu gelontor sayur sama buah kali yaa..

  5. Jana says:

    Setahu saya salah satu alasan adanya cuti hamil yang panjang di negara-negara Eropa terutama Jerman adalah untuk menarik kaum perempuan agar mau hamil dan melahirkan. Banyak perempuan Eropa ogah hamil karena merasa hamil itu merepotkan dan hal tersebut membuat populasi di negara2 tersebut makin berkurang.Oleh karena itulah pemerintah negara2 di Eropa menyelenggarakan cuti hamil yang panjang sebagai ‘tanda terima kasih”, karena mau punya anak 1 aja sudah merupakan anugrah saking jarangnya kelahiran (dari penduduk asli bukan imigran). Lain halnya dengan di negara2 Asia terutama di Indonesia dimana ibu-ibu nya “doyan melahirkan”sehingga terjadi over populasi dan membuat pemerintah perlu membuat program KB.
    Bayangkan jika hal ini diterapkan di Indonesia dimana biasanya seorang perempuan melahirkan sampai 3 anak bahkan lebih , bisa2 cuti sampai 6 tahun. Berapa ruginya sebuah perusahaan jika tetap harus membayarkan gaji selama 6 tahun!!
    Saran saya jika ingin mengusulkan sesuatu via blog yang akan dibaca semua orang …agak cerdas dikit dong…
    Ketahui dulu situasi dan kondisi , apa latar belakang nya pikirkan dulu apa bisa diterapkan di Indonesia ini , nya baru dituliskan usulannya. Jangan mentang2 denger di Jerman cuti hamil 24 bulan terus ingin hal tsb diterapkan di Indonesia….
    Salam,
    Jana

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Haduh Jana.. Jana.. Another banci nan sampah di blog saya.. Kenapa sih bu, kalau memang merasa pendapat anda benar mbok ya cantumin email yang valid.

    First of all, gw tau ko alasan kenapa di Europe/Jerman diberlakukan seperti itu. Tapi gw gak mau melihat dari sisi itunya. Aku lebih pengen melihat bagaimana 3 bulan cuti itu dirasakan sangat sebentar oleh ibu-ibu pekerja di Indonesia. Dan dirasakan kurang optimal, apalagi jika ibu-ibu yang ingin melakukan Asi Eksklusif ke baby nya.

    Tau gak tentang asi eksklusif? Tau gak pentingnya asi eksklusif? Sekarang asi eksklusif ke bayi minimal 6 bulan loh (kata pemerintah). Mangkanya gw juga usulnya diperpanjang at least sampai 6 bulan, bukan 24 bulan kan? Jadi cuti hamil 6 bulan biar konsisten dengan usulan pemerintah tentang asi eksklusif diatas. Baca baik-baik ga sih blog diatas? Liat kesimpulan usulnya ga?

    Pernah gak ngerasain mompa asi di kantor terus nyuruh messenger kantor or tukang ojek buat nganterin ke rumah supaya stok asi di rumah gak kurang? Udah pernah ngalamin kaya gitu belom? Gw sih belom, tapi gw ngeliat teman sekantorku yang banyak kayak gitu. Dan jujur saja aku kasihan melihatnya. Pernah gak ngeliat yang kayak gitu? Gak kasihan ya? Gak punya hati nurani kalau gitu..

    Lain kali kalau anda merasa pendapat anda super benar, gak usah bersembunyi dibalik email gak valid ya. Anda itu banci dan pengecut. Bisanya lempar batu sembunyi tangan. Mungkin anda memang pintar tapi anda tidak punya integritas. Harusnya anda malu..

  6. Jana says:

    Sabar Bu..sabar..saya merasa tidak perlu malu mengutarakan pendapat saya. Ini saya berikan email saya. BTW saya juga seorang ibu jadi tentu tahu tentang ASI Eksklusif dan saya pernah menjalankan ASI ekslusif di kantor di Indonesia ini tanpa keluhan apa2. Saya menerima kondisi yang ada di negara ini tanpa banyak menuntut apa apa. Tanggapan saya atas usulan anda, adalah untuk membuka mata anda lebar2, tidak semua apa yang ada di LN bisa diterapkan di Indonesia tergantung karena semua tergantung situasi dan kondisi. Menuliskan dan mengusulkan sesuatu tanpa dasar tanpa pertimbangan yang matang bukan malah memperbodoh orang lain? Orang2 yang tak tahu main asal setuju saja tanpa tau latar belakangnya.Itu alasan saya menanggapi usulan ini. Kenapa anda bilang saya sampah? Makanya banyak membaca Jeung sebelum menulis dan mengusulkan sesuatu…BTW dengan anda marah2 begitu..publik jadi tahu kepribadian dan kualitas anda sebenarnya. Bukankah itu berarti seharusnya anda yang malu berkata-kata kasar dan dibaca banyak orang he..he ?
    Silakan hubungi saya di alamat email saya jika masih merasa belum puas dan ingin berdiskusi lebih lanjut
    Salam,
    janinakoe@yahoo.co.id

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Nah gitu dong.. Kenapa mesti pakai email2 anonymous sebelumnya? Kenapa aku mesti marah2 dulu baru anda kasih email yang valid. Itu kan attitude yang gak bagus. Diomelin dulu baru mengerjakan hal yang betul. Kalau saya manis-manis saja dan membiarkan perilaku yang seperti itu kan sama saja membodohi pembaca dunk.

    Lagipula, saya merasa pembaca saya tidak “kurang cerdas” seperti yang mbak asumsikan sebelumnya. Logikanya memang kondisi di Eropa memang jauuh lebih maju dibanding di Indonesia. Termasuk hal kesejahteraan hidupnya. Negara maju, mereka tidak akan pusing soal kemiskinan, pendidikan kurang, fasilitas kesehatan terbatas, kekurangan pangan dan lain sebagainya. Mereka akan lebih fokus bagaimana membuat rakyatnya lebih sejahtera. Dan bagaimana meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan hidup bangsanya. Memang kondisi yang berbeda dan saya rasa secara logika, para pembaca saya juga sudah cukup mengerti akan hal seperti. Gak perlu saya ajarin atau saya suapin lagi dari awal.

    Saya berpendapat siapapun yang membaca blog saya “cukup cerdas” untuk menafsirkan apa yang saya tulis selama ini dan melihat logika yang ada. Jikalau mereka berpendapat setuju ya karena berpikir itu sudah wajar dan seharusnya. And then again, aku kan gak muluk minta sama persis seperti di negara2 Eropa sana. Hanya minta konsistensi saja. Dan lagi it’s only a dream. Wishfull thinking.. Masa iya di blog sendiri gak boleh berangan-angan. Orang cerdas juga tau kalau apa yang aku tulis di atas itu lebih banyak ke angan-angan. Masa orang berangan-angan dibatasin. Terus kalau orang mau usul juga sah-sah saja dong. Lagipula menurut saya usul saya masih masuk logika. Perusahaan kan gak bangkrut kalau pegawainya cuti 6 bulan. 3 anak jadi 18 bulan? Yaaa masih bisa lah ya. Lagipula, kan bisa dikasih pilihan boleh cuti lama tapi di luar tanggungan. Contohnya perusahaan Nestle bisa memberikan dispensasi kepada pegawai yang hamil selama hampir setahun. Dengan catatan diatas 6 bulan cutinya diluar tanggungan. Kan gpp juga toh.. ? Banyak jalan lagi menuju Roma, asal kita tau bagaimana mencari win-win solutionnya.

    Oh iya, satu lagi kenapa aku bilang anda sampah? Karena perilaku anda yang meninggalkan komen tanpa nama dan email yang valid? Itu kayak lempar batu sembunyi tangan. Orang-orang yang tidak mau bertanggung jawab. Orang-orang yang mentalnya gak bagus dan layak dibilang sampah masyarakat.

    Mungkin bisa baca postingan suami saya tentang ini :
    https://the.karimuddin.com/2009/07/ada-apa-dengan-identitas-asli-di-dunia-maya/ .
    https://the.karimuddin.com/2009/06/bagaikan-bertamu-ke-rumah-orang/

    Anda harus belajar banyak tentang netiket di dunia maya nampaknya. Saya merasa orang yang punya kelakuan seperti itu tidak layak aku sambut dengan manis-manis. Dan saya akan tegas menanggapi siapapun yang punya kelakuan kayak sampah seperti ini. Terutama di blog saya. Thanks atas pengertiannya dan besar hatinya mbak memberitahu alamat email yang valid. Akan aku tarik ucapan saya sebelumnya.

    Jana Reply:

    Hi Bu, tak perlu mengajari saya tentang netiket, saya mengerti tentang itu…OK mungkin saya memang salah karena pada permulaan tak mengirimkan alamat email lengkap. Saya punya alasan, saya takut email saya terpublikasi, karena pada beberapa blog, ada yang mempublikasi email sang komentator. Ini pengalaman saya, tapi karena anda menganggap saya seorang pengecut dan sampah saya bersedia membuka jati diri saya, alamat email saya bahkan kl perlu no HP saya.

    BTW apakah anda tidak bisa bersikap santun sedikit pada orang yang berbeda pendapat dengan anda? Saya seing mengamati anda sering sekali kebakaran jenggot ketika menanggapi orang-orang yang berbeda pendapat dengan anda.

    Walaupun blog diklaim sebagai milik pribadi, dan sang pemilik bisa menuliskan apa saja,ingat kalau blog itu dibaca banyak orang.
    Oleh karena itu kesantunan harus tetap terjaga. Demikian pula dengan pemikiran yang dituliskan, jangan sampai isi blog membodohi pembacanya.

    Mungkin anda harus belajar tentang etiket agar anda tak perlu memaki maki orang di depan umum (walaupun di dunia maya) yang pada akhirnya mempermalukan diri anda sendiri karena menunjukkan kualitas diri anda sebenarnya. Ingat mulut mu harimau mu.

    Salam
    Jana Janina

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Menurut saya anda tidak mengerti soal netiket. Alamat email lengkap adalah identitas anda di dunia maya. Itulah yang anda harus gunakan selalu. Anda seharusnya bisa mengamati dong kalau di blog saya semua orang yang komentar di sini pasti alamat emailnya tidak ada. Karena blog yang baik tidak akan mencantumkan alamat email orang yang komen sembarangan. Saya tidak butuh alamat ibu sampai selengkap itu. Apalagi sampai nomor HP. Saya hapus dari komentar ibu karena saya takut kalau ada orang iseng yang baca dan iseng2 mengganggu ibu. Ibu melakukan kesalahan besar dengan memamerkan data diri anda sedetail itu. And again, itu menunjukkan anda tidak mengerti apa itu netiket dan tata cara yang baik bermain di dunia maya. Ibu bisa membahayakan keluarga anda juga dengan memberikan informasi sembarangan via internet.

    Saya akan bersikap santun jika orang yang berbeda pendapat itu bisa bermain fair dan mengerti netiket. Dalam hal ini adalah nama dan email yang valid. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya. Saya akan perlakukan dia secara fair jika dia bisa bermain fair. Saya tidak masalah jika ada yang berbeda pendapat dengan saya selama dia bisa bermain fair. Semua itu ada alasannya. Dan apa yang saya lakukan sebelumnya anda juga tau alasannya. Saya rasa saya tak perlu memvalidasi semua yang anda bilang tentang saya. Semua yang kenal saya tau kualitas diri saya sebenarnya.

    Saya tidak bermaksud memaki anda. Saya sudah jelaskan alasannya kenapa kan? Kan anda yang tanya awalnya kenapa saya bilang anda seperti sampah itu anda. Dan saya pun sudah menjelaskan dan sudah menarik kembali ucapan saya. Kenapa malah pembicaraannya malah balik ke situ lagi?

    Saya pikir perdebatan ini juga sudah tidak berujung. Apapun pendapat saya ibu malah membalasnya dengan topik yang lain. Saya meluruskan usulan saya. Tapi ibu tetap menanggapi dengan hal yang sama dan serta merta berpendapat seolah-olah pembaca blog saya itu bukan orang yang cerdas. Saya minta maaf dengan komentar saya di awal. Dengan ibu tidak mencantumkan email valid anda, saya pikir anda salah satu dari orang-orang yang suka komentar iseng di blog saya. Itu salah paham di awal. Saya yakin jika ibu mencantumkan email valid anda di awal saya pasti akan menanggapinya dengan lebih santun.

    Terima kasih atas semua waktunya untuk komentar di blog ini. Terima kasih juga atas semua sarannya. Semoga ga akan pernah bosan. And then again, ingat selalu ya bu Mulut mu Harimau mu..

  7. Putri says:

    Aku setuju dg pendapatmu kl cuti melahirkan bisa smp 6 bln jd kita bisa memberikan asi esklusif…kl dg peraturan yg ada skrg,mgkn aku cm bisa menyusui kurang dr 3 bln, ga mgkn delivery asi via ojek krn kntrku jauh bgt dr rmh…

    Mrs.Karimuddin Reply:

    πŸ™ sedih juga ya kalau begitu. Memang sih bisa pakai breast pump. Tapi kan faktor stress nya kerja, capeknya kerja bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas asi juga kan ya? Semoga asi mu nanti bisa tetap kencang ya walaupun sudah kerja. πŸ™‚

  8. anthie arvianto says:

    Nggi,, sabar,,sabar
    duuw bulan puasa ada aja yang bikin kesel ya..
    bener kok,, tulisan blog kita kan, emang ga jauh2 dari angan2 ya,,, kok ya mesti di complain juga..
    yang sabar ya Bunda anggi..

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hihihi sabar ko Bunda Anthie.. πŸ™‚ Cuman kesel awalnya aja, ko komen gak pakai email valid. Kan udah males aja. U know lah banyak banget orang iseng nan tidak bertanggung jawab di dunia ini. Dan gw kan agak-agak anti ketemu yang kayak gitu. Nyeheheheehehe.. Ternyata ibu Jana punya alasannya sendiri.. πŸ˜‰

  9. Shinta Puspitasari says:

    Wah ke delete ya tadi mbak? Gpp aku posting lagi yaa.. Pokoknya mbak Anggi yang sabar ya. Jadi ibu hamil harus bahagia selalu.. Aku silent reader nya mbak Anggi. Pokoknya selalu ditunggu tulisannya.. πŸ™‚

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hihihi iyaaa.. maaf ya say. Soalnya gw bingung, ko tiba-tiba malah keluar nama aku. Aku jadi kena omel deh. Makasih ya udah sering mampir blog kita.. Jangan kapok pastinya.. πŸ™‚

  10. Dyah Ayu says:

    Seru banget diskusinya. Tapi aku dukung pendapatnya mbak Anggi. Cuekin aja apa kata ibu Jana itu mbak Anggi. Yang kenal mbak Anggi pasti orang-orang terdekat mbak, keluarga dan tentunya pengunjung setia blog ini kan ya.
    Ayu suka sekali blog nya mbak Anggi soalnya informatif sekali. Dan tidak menggurui. πŸ˜‰

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Thank u ya say πŸ™‚

  11. menik says:

    ngopi komentarnya Jana:
    “Saran saya jika ingin mengusulkan sesuatu via blog yang akan dibaca semua orang …agak cerdas dikit dong…”

    Sombong sekali ya.. Cuekin aja nggi..

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya say udah lewat ko.. Udah lewat… Gak usah dibahas lagi yaa.. πŸ™‚

Comments are closed.