Hukum Tidak Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa Ramadhan sudah menjelang. Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan untuk menikmati bulan penuh barokah dan ampunan ini. Sebenernya sih ibu hamil (bumil) seperti istriku juga ingin menyambut Ramadhan dengan berpuasa, tapi mengingat meningkatnya hasrat ingin makan dan tingginya kebutuhan asupan untuk ibu dan calon buah hati, jadinya kita bertanya-tanya, sebaiknya bumil itu perlu ikutan puasa atau enggak. Secara rasional, tentunya akan cukup “menyiksa” bagi bumil dan calon buah hati untuk mengurangi jatah asupan menjadi saat sahur dan buka puasa saja.

Tentunya agama Islam selalu menjadi rahmatan lil alamin bagi semua umat, termasuk di dalamnya bumil. Tidak pernah ada suatu amalan yang memberatkan, di mana selalu ada kemudahan/ruksoh dalam menjalankan setiap ibadah. Menurut para ulama, ada dua pendapat tentang puasa bagi ibu hamil — yang tidak dapat melaksanakan ibadah puasa. Pendapat pertama menggolongkan bumil sebagai orang sakit, sehingga penggantiannya adalah di-qadha/diganti puasanya di hari lain. Pendapat kedua adalah menggolongkan sebagai orang yang tidak mampu berpuasa sehingga harus diganti dengan membayar fidyah, yaitu memberi makan fakir miskin. Ada lagi yang menyatakan perlu kombinasi dari keduanya (qadha dan fidyah) untuk menggantinya.

Kalau kita lihat kondisinya, seorang ibu itu tidak diwajibkan berpuasa saat mengandung, nifas, dan menyusui. Kalau ditotal-total maka minimal 15 bulan seorang ibu tidak wajib puasa. Diteruskan menyusui hingga 2 tahun, bisa hampir 3 tahun seorang ibu tidak ikutan berpuasa. Bagaimana caranya seorang ibu bisa meng-qadha secara total 90 hari puasanya? Secara rasional memang lebih cocok penggantinya dengan membayar fidyah. Untuk pelaksanaan dan kemantapan hati, sebaiknya ditanyakan kepada ustadz/ustadzah yang bumil percayai.

Oh ya, mumpung post-nya masih berhubungan dengan Ramadhan, The Karimuddin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang kami perbuat, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasa kali ini memberikan barokah untuk kita semua :)

[thumbnail image]

50 Comments

  1. Aku skg hamil 7 bulan. Rencananya insyaAllah tetep puasa pas ramadhan nanti.
    Aku sdh ngmg ke obgynku dan dia oke2 aja nggak masalah.
    Tips dari dokterku : sahur minum ekstra madu 2 sendok, setelah buka minimal minum air 2 liter.
    Makanan sama aja kaya hari biasa, cuma dipindah waktunya.
    Pengalaman temen2ku dan dr obgynku sih ngga ada masalah.
    Cuma memang kl udah ada tanda hipoglikemia (gula darahnya turun) misal lemes yg berlebihan, pusing, gemeter
    ya buka aja.
    habisnya sayang kl ramadhan ga puasa, mumpung penuh berkah&bisa berdoa sepuasnya buat bayi
    pas puasa. InsyaAllah dimudahkan Allah kok, amin

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gw sendiri masih dilema sih say. Blom sempat konsul ke dokter juga. Maybe nanti aku coba dulu deh..

    [Reply]

    halimah Reply:

    Pengalaman yang bagus semoga bisa memotivasi para ibu hamil lainnya untuk berpuasa jika memang mampu dan tidak membahayakan kondisi janin di dalam rahim.salam

    [Reply]

  2. Iya say, samaaaa aku juga mo coba dulu walopun kata obgynku gini :

    ‘Kalo sanggup & ga ada keluhan seperti gemetar, pusing, kunang2, lemez, gpp ikut puasa. Asal sanggup & ga memaksakan diri. Trus jangan lupa HARUS slalu SAHUR & komsumsi cairan lebih banyak pada saat berbuka puasa & waktu setelah itu. Sekalian ngelatih si dede ikut puasa dari sekarang. Dan sebenarnya, cuma beda waktu ajah. Kalo biasanya kita makan pagi, siang & malam. Ini dituker, jadi waktu sahur, berbuka & selang beberapa jam setelah berbuka puasa.’

    Kalo ternyata nti kenapa2, yaaa aku ga memaksakan diri juga say. Hihihi…Btw, aku & si mas mohon maap lahir batin yaaahh. Met puasa…^_^

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Sama-sama ya cha.. Mohon maaf lahir batin juga..

    [Reply]

  3. Darlin…
    Klo kata dokter gw sey gpp puasa. Slama kita kuat. Asaaaallll pas sahur, asupan makanan n gizinya hrs seimbang. Dktr gw jg blg klo qt hrs yakin puasa itu membuat kita sehat. Klo gw sndiri mu nyoba puasa dulu. Klo ternyata gak kuat, baru deh batal. Hehe…
    Nyokap juga blg skalian ngakarin dedenya puasa *persiss yg di blg jeung icha*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    The thing is.. kondisi gw sekarang itu tiap 3 jam sekali lapar. Dan sekalinya makan itu gak banyak. Jadi makan sering tapi sekali asup gak banyak… Jadi gw masih ga kebayang aja kalau di rapel pas sahur dan buka puasa. Kuat ga ya masukin segambreng asupan makanannya itu. I mean, ibu hamil itu kan butuh at least 1700 kkal per hari. Kebayang banyaknya gak sih? Soalnya kalau puasa itu pasti kalau sahur kecenderungan makan gak banyak. Buka puasa juga seperti itu. Apalagi malamnya menjelang tarawih biasanya ogah banget makan banyak-banyak. Begah bawaannya. Wondering saja, bisa gak ya mengakomodasi asupan gizi nya.
    But aku juga mau coba dulu ko.. Kalau menyiksa dan aku jadi kunang-kunang, batalin saja… Atau kalau ternyata tidak bisa memenuhi ekspetasi kebutuhan gizi si baby ya terpaksa gak puasa dulu. Kasihan baby nya..

    [Reply]

  4. halo,salam kenal ya..kalo menurutku siy,yang enaknya aja buat bumil,apalagi kalo trimester pertama pasti agak was2 karena janinnya juga masih belum stabil perkembangannya,kemungkinan keguguran lebih besar sebelum 20w,kalo udah trimester kedua or ketiga udah lebih stabil kehamilannya jadi lebih enak juga puasanya…ikutin kata tubuh aja,tiap org beda2 soale…dan yang penting hukumnya puasa buat bumil kan mubah,boleh iya boleh nggak,jadi nggak usah beban de mau puasa atau ga ;)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Halo asti.. Salam kenal juga ya. Ternyata sesama bumil juga.. :) Iya sih bu, aku lihat kondisi badan dulu. Suami juga gak masalah, dia malah concern asupan ke baby nya gimana? Cukup atau gak kalau puasa. Soalnya ya itu, aku makan sering tapi porsi gak banyak. Gimana kalau makannya jadi jarang porsinya tetap sama gak banyaknya.. :)

    [Reply]

  5. dide..mau sharing pengalaman dikit..
    waktu itu gw jg pas masuk puasa msh hamil di trimester 1, jd msh kurang dr 3 bulan, kalo gk salah br 6 minggu-an..waktu itu kata dokter kandungan gw sih (dr. krisna mukti di Asih or Brawijaya WCH), terserah kita, kalo ngerasa kuat ya silahkan saja..tp kalo melihat kondisi yg msh hamil di trimester 1 dimn msh rentan dan butuh asupan bergizi tinggi, disarankan sm dia gk usah puasa dulu..nanti kan bs diganti, gt ktnya..
    tp balik lg, tergantung kita sih..cuma dulu gw namanya anak pertama, bakal cucu pertama jg dari pihak gw and bongq, jd mama2 bilang gk usah puasa dulu dehh..kan gpp bisa bayar fidiyah dan bisa diganti jg puasanya, gituuu..takut knapa2 kali yaa
    tp temen2 gw bnyk sih yg ikutan puasa walo lg hamil. jadi balik lg ke diri masing2 sih..
    hehehe..panjang ya, semoga membantu yaaa.. :)
    ayoo semangat, biar sehat bunda and baby :)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Makasiih Mela for sharing… :D Pas banget Mel gw juga puasa nanti masuk minggu ke 6.. :)

    [Reply]

  6. salam kenal smua,… aku jg lg cari2 info ttg puasa untuk bumil… aku sndiri masuk minggu ke 17 skrg… (ampir 4 bln y?) 2 hr ini cobain puasa.. alhmdlh bs.. tp berasa laper2 terus… hehee… tp takut juga ada efek sampingnya gak ya ke calon bayi kita?… kasian jg kl dia yg kelaperan… heheee

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi Utty,
    Coba aja konsultasi ke dokter dulu baiknya gimana. Kalau aku sih akhirnya ga puasa dulu deh. Soalnya kasian dede nya. KAlau kita puasa sih pasti kuat kuat saja.. :)

    [Reply]

  7. ass…lam kenal semua…
    aq hamil 4bln…hari pertama aq coba,tapi ternyata jam 10 udah ga bisa nahan..disamping itu memang aku punya maag kronik..terkadang ga puasa ajah bisa sakiiit bgt kalo nahan laper..
    minggu depan baru kontrol…jadi aku mutusin tidak puasa dulu..walau 1 kantor bumil semua tidak puasa,tapi terkadang malu juga siy….

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hehehe gak perlu malu bu.. Kan memang diberi dispensasi sama yang diatas.. :) Malu kalau emang bisa puasa tapi malah gak puasa.. :)

    [Reply]

  8. hai…aq fitri skrg gi hamil 6 bulan, aq skrg puasa.kata dr gak papa asalkan asupan gizi pada saat sahur dan buka cukup.aq sahur selain makan nasi juga makan buah, korma n segelas susu. Insyaallah gak papa. sekalian ngajarin bayi kita tentang puasa..ya kan !..tapi kalau gak sanggup jgn dipaksakan ….mhn maaf lhir bathin ya…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Mohon maaf lahir bathin juga ya fitri.. Semoga semangat puasanya dan baby nya sehat selalu..

    [Reply]

  9. asslm… salam kenal…
    saya nurul,, hamil jalan 5bln…
    3hari dr pertama puasa sya mencoba ikutan puasa..
    cm dr 2hari kmrin saya ikut ga puasa…
    teman2 saya yg pernah hamil memberikan saran kepada saya agar tidak terlalu memaksakan untuk puasa,, dengan alasan usia kandungan 4 jalan 5 masih rawan dan membutuhkan asupan gizi dr sang ibu…
    saya lsng berfikir,, mungkin saya mengikuti puasa selang seling saja..
    karna saya sangat khawatir dengan baby yg ada dikandungan saya…
    (mohon maaf lahir bathin jg ya!!!)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Pokoknya gak boleh dipaksain bu. Kalau ga kuat ya lgsg berbuka. Mohon maaf lahir bathin juga yaa.. :)

    [Reply]

  10. assalamu’alaikum semua…
    aku salsa, lagi hamil 11 minggu. sebenernya dari awal dah mau ga puasa aja, coz bumil diberi keringanan kan. tapi ortuku bilang selain fidyah, tetep harus bayar hutang puasanya. jadi mending puasa aja, insya Allah malah berkah. trus aku baca di Nova terbaru, ada kok artikel tentang itu, ada pendapat 3 dokter yang membolehkan bumil puasa. dokterku juga bilang gpp, coz usia kehamilan lagi 3 bulan, kalo dah 5 bulan ke atas liat kondisinya. pada dasarnya tergantung kondisi bumil masing2, ga bisa disamain. aku jadi lebih yakin lagi ada temenku yang taun kemaren hamil 2 bulan juga bisa puasa penuh, dan alhamdulilah anaknya lahir sehat. ada juga temen yang ga bole puasa, karena kondisinya lemah. jadi lebih baik, tanya aja dulu ke dokter kandungannya, kalo aman ya mending puasa aja. sejauh ini aku masih kuat, cuma biasa lah..kalo lemes sama pusing, wong laper hehe. asal kita niatkan ibadah, Allah pasti memberikan yang terbaik, tapi jangan dipaksain ya kalo ga kuat…
    met puasa ! :)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Siip kalau gitu, met puasa ya bu.. :)

    [Reply]

    puji Reply:

    setuju dgn mb Salsa. saya skrh hamil usia sdh 4 bulan. sjk msk usia 4 bulan saya ko merasa puasanya makin berat, saya sering merasa pusing klo mualnya biasane cm pagi hari aja. cm kata dokter saya gppklo hrs puasa. cm saya kuatin aja mgkn pusingnya emang efek dr laper. buktinya setlh saya buak puasa rasa pusingnya hilang. saya berharap bs puasa penuh ramadan ini.skalian melatih baby saya untuk puasa. semua saya serahkan sama Allah, smg bayiku tetep sehat palg ini hamil pertama saya yg sangat saya nantikan.

    [Reply]

  11. assalamu’alaikum, gw pnya pengalaman yg perlu gw bagi disini, 2 thn yang lalu gw punya kaka cewe dan kaka ipar yang hamil pada waktu puasa kk kandung gw hamil 8 bulan jalan 9,sedang kk ipar gw hamil 5bulan. pas puasa taun 2006 kmaren kk kandung gw pada saat hamil tua, masih tetap ngejalanin puasa sedang kk ipar gw gak puasa dan keduanya sama2 mendapat gizi yang seimbang. alhamdulillah pada mlm 23 ramadhan 2006 kk gw melahirkan. dan anaknya terlahir sangat sehat dan kulitnya lebih putih dari kknya dan ke dua orang tuanya, 23 ramadhan nanti usianya 3thn hijri. sekarang anak kk gw terlihat lebih cerdas dan cepat pertumbuhannya baik jalan maupun berbicara dan boleh di bilang diatas rata2 anak seumurannya dan pada saat menyusuipun kk gw tetap menjalankan puasanya.sedang anak kk ipar gw alhamdulillah sehat juga cuman pertumbuhannya relatif normal.
    nah… menurut gw puasa ramadhan akan membawa berkah bagi yang ikhlas menjalankannya, tapi Islam meringankan bagi ibu hamil dan menyusui yang tdk kuat menjalankannya… pasti ada kelebihan bagi apa yang diwajibkan ALLAH atas umatNYA, dan pasti ada sebab bagi ALLAH mengharamkan sesuatu atas umatNYA.
    tks.
    wss wr wb

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Alhamdulillah ya pak kalau begitu. Tapi memang kalau sudah trimester 2-3 lebih aman untuk puasa karena badan ibu sudah dapat menyesuaikan diri dengan kehadiran si baby. Memang yang agak riskan kalau trimester 1 dimana si ibu pun sedang mengalami penyesuaian terhadap kehadiran si baby di badannya. Thanks for sharing. InsyaAllah bermanfaat untuk yang lain.. :)

    [Reply]

    Novi Reply:

    Sy jadi optimis puasa skrg stlh membaca pengalaman kk anda tadi.. sy jg lg hamil 8,5 bln… mdh2 diberi kelancaran….Amien…skrg sdh hr ke -2 (walopun hari ini jam 10 sdh kerasa laper n babynya gerak2 tersu..:) …)

    [Reply]

  12. Aku myta. Skrng hamil 8 !ln @as. Alhamdulillah puasa hari prtm kuat. Ank dalam perutku jg masih spt biasa, aktif. Dan alhmdullillah gak lemes. Krn smua rejeki buat smua mahluk di jamin allah. Jd knp harus takut ini dan itu dalam mnjlnkan ibadah suci…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Alhamdulillah deh kalau begitu.. Tapi kan tiap orang kondisi nya berbeda. Dan pilihan tiap orang pun berbeda-beda. Tolong di hormati saja ya. Soalnya siapa sih yang gak mau menjalankan ibadah suci. Tapi kalau kondisi tertentu yang Allah sendiri sudah memberikan kemudahan kenapa harus dipaksakan.

    [Reply]

  13. Pingback: Mencoba Puasa
  14. Assalamualaikum
    Kehamilanku udah masuk bulan ke 3, mulai awal hamil gak ada keluhan mual atau muntah. Aku sempet tanya sama dokterku, katanya gak apa2 puasa. yang penting gizinya tetap dan jangan dipaksa. Alhamdulillah sampai hari ini masih lancar puasa. memang agak sedikit lemes kalo sudah memasuki sore hari. makanya aku mengurangi aktivitas. pulang kantor, istirahat bentar baru bersiap2 untuk buka.

    [Reply]

  15. Assalammualaikum…
    Ini kehamilan kedua ku, alhamdulilah memasuki 3 bln ini tidak ada masalah dgn kandunganku. Dan senangnya lagi sampai hari ini aq masih puasa wlpn menahan lapar yg sangat palagi di jm 10.00 – 14.00. So far sih masih enjoy kok.
    Kehamilan pertama jg aq puasa, kalah 4 hari aja.
    Selamat berpuasa ya…

    [Reply]

  16. Ass,,,
    Sy sedang hamil 6 minggu,,skrg trasa sudah mulai pusing,sering demam klo perut kosong,,mungkin adaptasi..klo sering ngerasa ga enak badan gini masih aman ga ya bwt berpuasa?
    mohon pencerahan ny,,,

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Wah kalau sudah demam mending jangan puasa dulu.. Kasihan baby nya.. Kehamilan minggu2 awal itu baby butuh nutrisi yg cukup buat membantu perkembangannya dia. Pokoknya yg utama kondisi, kesehatan dan kebutuhan si baby ya :)

    [Reply]

    dini Reply:

    ohh gt ya,,ok,,makasih ya atas pencerahan nya,,, :)

    [Reply]

  17. thank’s u info2nya……….. ni ku lagi hamil 7 bln…..
    mudah2an bisa menyelesaiakan puasa hingga 30 hari…. amiiiiiiiiiiinnn biar babyny tambah soleh

    [Reply]

  18. ALLAH mengirimkan rizkinya lagi untuk aku dan keluarga,,, ALLAH itu maha “IYA”, kalo kita yakin dari awal kita kuat puasa,, insyaALLAH akan di beri kemudahan,,, aku yakin dengan berpuasa akan memberi segalah kelancaran untuk baby aku, dan aku yakin baby aku juga pasti sehat sehat saja, atau mungkin sanggat sehat, so jangan kuatir takut ndak kuat dan baby kita kurang gizi,semua itu tergantung dari diri kita sendiri. dan jika kita bisa menjalani sebulan penuh KITA ADALAH PEMENANGNYA (AMIIIIIIINNNN……)

    [Reply]

  19. Kasih pendapat dunk mas, saya lagi hamil 6 minggu..skrg masa mual2 yg gk bisa ditahan, badan jadi lemes..Dah kedokter sih, tp dokter menganjurkan gk usah puasa…Saya sendiri berat hati klo harus gk puasa…menurut mas sndiri gmana??

    [Reply]

    Mr.Karimuddin Reply:

    Menurut saya sebagai pribadi, yang mengerti limit adalah Mbak Nova sendiri, jikalau merasa mampu silakan dicoba untuk berpuasa. Jika ternyata tidak bisa, tentunya Islam mengajarkan bahwa bisa tidak berpuasa dan diganti dengan fidyah.

    Sekali lagi Islam bukan agama yang memaksakan suatu ibadah melebihi batasan umatnya.

    [Reply]

  20. thank”s infonya……qu sekarang juga gi hamil 7 bulan nich and alhamdulillah bisa puasa dari hari pertama,semoga bisa puasa sebulan penuh amien……

    [Reply]

  21. Alhamdulillah aq dah masuk 20 minggu hamlnya, hmmm awal puasa aq gak menjalankannya soalnya tumben banget mual sampae muntah tapi hari kedua n ketiga aq dah bisa puasa tapi perutku serasa di aduk2 n pusing, tapi masih aq tahan nah pas masuk hari ke empat aq gak sanggup akhirnya aq buka dech , hmmmm menurut mba bolehkan klo qt lagi hamil tapi gak kuat puasa di batalin ajah puasanya? terima kasih infonya

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Menurut aku insyaAllah gpp. Dr awal kan memang sudah diberi kemudahan. Drpd memaksakan diri dan si baby kenapa2 jika butuh untuk berbuka ya silahkan saja. :)

    [Reply]

  22. usia kandungan saya 3 bulan ini ke hamilan yg ke 3 saya dan saya udah 2 kali mengalami keguguran,awal pertama puasa lancar cuma terasa sangat lemas dan pusing tapi hari ke 8 saya mengalami muntah2dan membatalkn puasa,udah 7 harini saya ga puasa ,karna ga enak hati saya besok insya allah mau mulai puasa lagi,gimana menurut anda?

    [Reply]

    Mr.Karimuddin Reply:

    Islam adalah agama yang logis dan mudah. Sudah ada ketentuannya bahwa ibu hamil boleh tidak berpuasa jika takut puasanya mengganggu kehamilan. Saya rasa jika Anda tidak kuat, sangat dipersilakan untuk tdk berpuasa dulu dan tidak dipaksakan. Terutama masa 3 bulan pertama itu krusial bukan? :)

    [Reply]

  23. maksih mas atas jawabannya,boleh nambah satu pertanyaan lagi ga? klu kita muntah2 tapi tanpa keluar apa 2 cuma ludah doang puasanya batal ga? makasih

    [Reply]

    Mr.Karimuddin Reply:

    muntah sendiri kalau tidak sengaja tidak membatalkan puasa, jadi untuk masalah mbak harusnya no issue :)

    [Reply]

  24. dulu waktu anak pertama lagi hamil tua n melahirkan memang pas bulan ramadhan. Saya membayar fidyah saja. pernah saya paksa puasa krn ingin sekali ikut puasa di bulan ramadhan tapi hasilnya kandungan jadi sakit. Jadi saya tidak berani memaksakan puasa. tahun ini saya sedang mengandung dan diperkirakan lahir di bulan ramadhan lagi. Saya tetap berkeyakinan pasti saya bisa puasa, tapi kalo sudah tidak kuat ya saya ga berani memaksakan diri. Rasanya sayang kalo kita melewatkan bulan ramadhan apalagi dengan keluarga utuh anak dan suami. :D

    [Reply]

  25. assalamualaikum. share dunk.. ini aq jg lg hamil 6 bln. bawaannya lapeerr…terus. tp dah dicoba puasa 3 kali senin kamis kuat, bayinya gerak aktif, tp pas kamis ke 4 kok bayiya diem aja seharian. gimana ya enaknya, puasa nggak ya. kalo badanq sih kayaknya kuat-kuat aja…

    [Reply]

  26. tadi pagi testpack, hasilnya positif. itungannya berarti baru umur 4-5 minggu. pengennya sih puasa terus mumpung dpt kesempatan ramadhan gak bolong puasa. suami nyarankan gak puasa. soalnya kami susah dapetnya. udah nikah 5 tahun boww.. dan saya juga pernah keguguran thn 2007. doakan saya ya….

    [Reply]

Leave a Comment.