Hukum Tidak Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa Ramadhan sudah menjelang. Alhamdulillah kita semua masih diberi kesempatan untuk menikmati bulan penuh barokah dan ampunan ini. Sebenernya sih ibu hamil (bumil) seperti istriku juga ingin menyambut Ramadhan dengan berpuasa, tapi mengingat meningkatnya hasrat ingin makan dan tingginya kebutuhan asupan untuk ibu dan calon buah hati, jadinya kita bertanya-tanya, sebaiknya bumil itu perlu ikutan puasa atau enggak. Secara rasional, tentunya akan cukup “menyiksa” bagi bumil dan calon buah hati untuk mengurangi jatah asupan menjadi saat sahur dan buka puasa saja.

Tentunya agama Islam selalu menjadi rahmatan lil alamin bagi semua umat, termasuk di dalamnya bumil. Tidak pernah ada suatu amalan yang memberatkan, di mana selalu ada kemudahan/ruksoh dalam menjalankan setiap ibadah. Menurut para ulama, ada dua pendapat tentang puasa bagi ibu hamil — yang tidak dapat melaksanakan ibadah puasa. Pendapat pertama menggolongkan bumil sebagai orang sakit, sehingga penggantiannya adalah di-qadha/diganti puasanya di hari lain. Pendapat kedua adalah menggolongkan sebagai orang yang tidak mampu berpuasa sehingga harus diganti dengan membayar fidyah, yaitu memberi makan fakir miskin. Ada lagi yang menyatakan perlu kombinasi dari keduanya (qadha dan fidyah) untuk menggantinya.

Kalau kita lihat kondisinya, seorang ibu itu tidak diwajibkan berpuasa saat mengandung, nifas, dan menyusui. Kalau ditotal-total maka minimal 15 bulan seorang ibu tidak wajib puasa. Diteruskan menyusui hingga 2 tahun, bisa hampir 3 tahun seorang ibu tidak ikutan berpuasa. Bagaimana caranya seorang ibu bisa meng-qadha secara total 90 hari puasanya? Secara rasional memang lebih cocok penggantinya dengan membayar fidyah. Untuk pelaksanaan dan kemantapan hati, sebaiknya ditanyakan kepada ustadz/ustadzah yang bumil percayai.

Oh ya, mumpung post-nya masih berhubungan dengan Ramadhan, The Karimuddin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang kami perbuat, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasa kali ini memberikan barokah untuk kita semua 🙂

[thumbnail image]

52 thoughts on “Hukum Tidak Puasa untuk Ibu Hamil

  1. zulaechah says:

    Ass.,,,,,Sy LG hamil usia 6 Bln .kmrin pas periksa kandungan, Sy tanya dokter “Bln puasa blh puasa gk dok” Dokter jwb”klo kuat puasa knp tidak,,

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *