Perawatan Kulit, Rambut dan Kosmetik Untuk Ibu Hamil

Ternyata tidak cuman makanan saja yang perlu diperhatikan oleh bumil, ternyata apa yang kita aplikasikan (pergunakan) ke tubuh kita juga berpengaruh terhadap janin. Contohnya ya semacam perawatan kulit dan kosmetik yang kita pergunakan sehari-hari itu.

Kita kan pastinya sebagai wanita sering banget tuh pakai yang namanya body lotion, pelembab muka, whitening product dan lain sebagainya. Ternyata beberapa bahan pembentuk item-item tersebut ada yang berbahaya buat si baby. :( Memang sih kalau normalnya kita pikir, masa sih segitunya? Tapi dipikir-pikir lagi, jika kita mengaplikasikan sesuatu dan masuk ke dalam aliran darah kita, pastinya si baby akan ikut merasakan efeknya bukan?

Aku rasa kita harus tau garis besar bahan-bahan apa saja yang aman ya dipakai buat kita dan si baby juga. Memang sih ada yang bilang ini itu, untuk itu ada baiknya semua informasi yang kita terima kita konsultasikan ke obgyn kita kali ya. Oiya, untuk acuan aku baca :

  1. Bumil’s Skin Treatment Thread di Fashionese Daily (thanks to Aulia, aku jadi tau ada thread ini di FD, very usefull tapi sabar saja ya bacain satu-satunya)
  2. Safe Skin Care During Pregnancy dari BabyCenter

Monggo untuk dilihat-lihat. Rekapannya sih intinya, kegiatan semacam tanning, waxing, facial dan berlenong dengan kosmetik kita tercinta masih dikategorikan safe. Tapi terutama untuk waxing dan facial kita harus aware kalau kulit kita selama hamil pasti lebih sensitif. Jadi siap-siap saja dengan rasa sakit yang double.. :P

Untuk kosmetik sendiri coba dihindari produk anti-aging terutama yang menggunakan dosis tinggi vitamin A dan turunannya. Kemudian untuk obat jerawat yang mengandung Accutane dan Retinoic acid juga sebaiknya dihindari dan jangan digunakan. Katanya penggunaan bahan-bahan ini dapat mengakibatkan cacat lahir si baby. *againamit-amitketukmeja .

Kemudian kegiatan kita ke salon dan spa juga harus diperhatikan juga. Semacam creambath, masker rambut, meni pedi, cuci blow masih ok banget. Yang  diragukan keamanannya itu kalau kita bleaching, cat rambut, toning rambut yang tentunya kegiatan tersebut menggunakan bahan kimia yang kental sekali. Mendingan dihindari dulu kali ya. Oh iya, terus sauna, hot tub dan steam juga baiknya dihindari. Karena panas yang berlebihan bisa berakibat tidak baik buat bumil dan baby nya. :(

Hahaha semakin banyak baca jadi makin parno yak. Yah informasi harus kita gali terus sih, tapi harus di filter juga. Jangan ditelan mentah-mentah semuanya, baiknya kembali dikonsultasikan dengan obgyn masing-masing tentunya. Dan yang penting positive thinking harus selalu ditanam di benak kita. Harus percaya kalau si baby sehat dan kuat selalu. Aku setiap hari selalu ngebatin ini  “InsyaAllah si baby sehat dan kuat selalu“. Dan aku percaya kalau si dede berkembang sehat di dalam sana. Amiin..  Gak ada yang lebih hebat dari kekuatan pikiran kita sendiri bukan?

[thumbnail image]

29 thoughts on “Perawatan Kulit, Rambut dan Kosmetik Untuk Ibu Hamil”

  1. Hi Anggi,
    aku udah lama loh ngikutin blogmu dari mulai yang love journal, tiap hari aku tunggu postinganmu, kl gak ada yg baru kecewa rasanya.. kebetulan pas itu aku juga lg persiapan nikah, seneng banget bisa dapet ide2 dr blogmu, ikut seneng pas denger km hamil, artinya aku bisa dapet ilmu2 baru dr blog ini tentang kehamilan misalnya aku hamil nanti, ehhh kebetulan lagi ternyata hari ini aku dinyatakan hamil hehehhe usianya 4 minggu 6 hari..
    ok anggi selamat ya atas kehamilanya, aku tunggu postinganmu yach…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Congratulation ya bu.. Dapet teman bumil lagi deh nih.. :) Saling sharing ya bu.. :)

    [Reply]

  2. Iyaaa nggi… mulai sekarang gw udah bener2 stop pake obat dokter *sebelumnya gw rutin pake obat muka dari dokter krn lg perawatan*. Hasilnya skrg satu jerawat duduk dgn manisnya di pipi gw. Tp gak papa. Yang penting dede sehat dan terbebas dari kimia.

    [Reply]

    Shinta Reply:

    Halo dide..
    ikut komen ya. kalo gw sih sejak tau gw hamil, gw langsung malah ke dokter kulit. gw kan dari dulu ke dr kulit karena males milih2 produk skincare.. nah begitu tau gw hamil, gw balik konsult, untuk tanya, yang mana yang aman untuk bumil. dan sama dokternya, beberapa skincare gw dicoret.. disisain yang aman aja (tinggal yang mengandung Glycolic Acid, yang gw baca di mana2 emang aman, plus sunscreen).
    Buat gw lebih gampang, karena dengan gini gw gak perlu was2 dan milih2 lagi produk skincare yang di pasaran… even yang judulnya “natural” pun belum tentu safe buat bumil loh.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    iyah.. sunscreen itu termasuk aman kalau ga salah.. :D Emang harus kritis ya jadi bumil.. :)

    [Reply]

    intan Reply:

    product apa ya yang aman dipakai pada saat hamil

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    @Wian
    betuull.. gw juga skrg cuman ber bedak saja. Masih binun mau pake mousterizer yg biasa atau yg mana ya? Konsul dulu aaah..

    [Reply]

  3. Nggi,, rajin-rajin ngolesin baby oil atau minyak zaitun ke perut,,,
    Alhamdulillah aku uda hamil 7 bulan ini dengan perut yang uda melar,, nggak 1 pun strech mark muncul,,, masih mulus,,lus,,lus..
    Yaa,,walaupun hubby bilang ga papa ada strech mark di perut,, namanya perempuan kan pengen tetep kliatan cantik di dpn suami,,hehhehe,, aku rajin ngolesin dari msh hamil 5 minggu

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hihihihi ngomong2 soal stretch mark, gw baru mau bikin ramuan olive oil + essential oil buat antisipasi stretch mark. Nanti gw mau sharing ah. Katanya baiknya diolesin sedini mungkin.. :D

    [Reply]

  4. Suprised by this topic! coz I’ve been thinking of this since few days ago..
    emang sih belum preggy, tapi aku jadi berinisiatif buat tanya sama dokternya, kira-kira krim perawatan yg selama ini aku pakai aman gak yah buat bumil.. masalahnya aku tuh jarang banget pake bedak macem2 (kecuali Marcks untuk sehari2) dan foundation, kecuali emang pengen dandan lengkap.. jadi pake krim itu doang..
    phew, sekarang bingung deh milih2 yang aman..
    walau bumil, tetap cantik tapi aman kan gak dosa 8-)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    betuuull.. jadi bumil kan kita harus tetap cantik bukan? :cool:

    [Reply]

  5. Betculll say, kita harus pilih2 kosmetik yg aman. Gw skrg cuma pake pelembab ajah dari PONDS, tapi yang krim malemnya gw ga pake lagi karena kata dokter sebaiknya dihindari karena biasanya krim malam mengandung Retinoic acid. Trus trus lipgloss gw ganti sama madu ajah biar bibir ga kering. Kalo utk peyut, gw sama kaya jeung Anthie, pake baby oil dari mulai bulan ke 4 biar peyut teteup mulus. Hihihi…kan demi menyenangkan suami juga ye say…;-)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    betuul jeng Icha.. Biar suami teteup nempeell kayak perangko… :lol:

    [Reply]

  6. hi anggie, gw juga ngikutin blog wedding journal lo pas nyiapin wedding kemaren, eh ketemu lagi di rumah baru sbagai bumil hehe.
    Oyaa masalah men-cat rambut emang ga boleh ya, padahal rambut gw dulunya gw warnain red-brown skarang udah belel ga jelas, niatnya abis nikah mo ngewarnain lagi ehh…keburu hamil. yah demi bayi deh, biarin belel juga :) kata ade gw pake top lady aja hahahaha *tapi tetep ga aman juga yah*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hihihi top lady juga kayanya ga boleh deh bu.. :) Eh kalau pewarna alaminya orang Arab boleh ga ya? Coba konsul ke dokter saja..

    [Reply]

  7. sip deh infonyah, soalnya sejak hamil jadi agak parno mau nyalon…kan rentan bahan kimia. kosmetik aja langsung aku ganti semua pake kosmetik bayi, termasuk lotion, pelembab, tapi sekarang dah ga gitu amat sih, asal ga ada kandungan pemutihnya, masih aman kan dipake. kalo di jakarta kan ada salon khusus buat bumil, jadi pastinya aman sentosa kalo nyalon di sana. coz tinggal di daerah, jadi ga bisa menikmati fasilitas itu hehe. yang penting tetep merawat kebersihan diri, hidup sehat lah. berpikir positif bayi yang kita kandung sehat selalu, kalau terlalu khawatir ini itu malah kasian bayinya kan. semoga pola hidup sehat pas hamil bisa kebawa sampe nanti2 :)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Betul banget.. Kita memang harus selalu positif thinking..

    [Reply]

  8. trus kamu make apa nggi? share ya, karna daku juga telah hamil 4 minggu 4 hari. heheh..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hihihi.. gw cuman pakai sabun madu aja Nit. Sama palingan pelembab sama pembersih mukanya Mustika Ratu. Pokoknya sih jangan pakai yang produk kosmetik yg pemutih2 itu say. Back to nature aja..

    [Reply]

  9. allow semua na lam kenal ya,aku mau tanya aku kan lagi hamil 7 bulan..aku udah g minum susu bumil lagi,takut anaknya gede di dlm..bner ngga ci???trs noda hitam di leher bisa hilang ngga???makasi ya

    [Reply]

  10. Alow saya mau nanya nich ibu hamil boleh ngak menggunakan cream hazeline keluaran malaysia????
    tapi pembersih muka nya saya pakek biocell produk mustika ratu…
    Muka saya semasa hamil jerawatan,banyak komedo n kelihatan kusam…
    kira2 apa yang cream yang boleh di [akek selama kehamilan???
    hamil saya sekarang udah memasukin usia 5 Bulan…
    Trima kasih ya….

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Mungkin bisa konsultasi ke dokternya kali ya.. Soalnya dokter pasti lebih ngerti kandungan2 apa saja yang boleh dan tidak boleh dipakai sama ibu hamil :)

    [Reply]

  11. haaaaiii…
    pengen share niy..
    biar tetep keliatan cantik saat hamil. mungkin perawatannya yang natural ajah..kalu saya siy cuma pake susu pembersih +penyegar + sabun muka, trus sering maskeran tapi yang alami juga…

    [Reply]

  12. hi,saya mao nanya ni,apakah ibu hamil boleh pakai 1) produk shiseido bio performance(advenced super revitalizer)? 2)krem pelindung sinar matahari yang ber SPF? 3)untuk penyegar dan pencuci muka bolehkan yang ada mengandung pemutih? 4)untuk bady lotion bolehkah memakai produk parmers strech marks?terimakasih

    [Reply]

  13. hi,kalo aq sekarang bingung,pengen pake masker rambut ama masker wajah tapi tapi takut g aman bt baby,aq sekarng hamil 8minggu.kira2 aman g ya?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>