Snack Sehat Buat Ibu Hamil..

Tiada lagi selain buah dooong.. Hehehehe. Belajar dari mama Anti (yang selalu memberi wejangan makan sehat, maklum doi kan kerja di DepKes) aku membiasakan diri untuk makan snack sehat. Karena parno dengan berat badan berlebih naiknya selama kehamilan akhirnya aku mencoba bersahabat dengan para buah-buahan itu.

Soalnya dari pada aku makan snack roti or crackers yang notabene banyak mengandung karbohidrat (baca : gula) mending aku makan buah-buahan sebagai snack. Buah selain mengenyangkan karena mengandung banyak serat juga sehat karena mengandung banyak vitamin dan multi minerals. ;) Dan kalau makan buah banyak aku pun tidak merasa bersalah.. :)

Favorit aku sih biasanya jeruk, pisang dan salak. Hehehe alasannya sih gampang, karena praktis dan gak perlu di cuci-cuci dulu or di kupas. Tapi banyak juga ko manfaat buah-buahan yang lain. Searching di mbah google, terus nemuin ini deh. Artikel tentang manfaat buah-buahan.. :D

APEL:
Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia ang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

ALPUKAT
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

PISANG
Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

BELEWAH
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

JERUK
Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

KURMA
Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

PEPAYA DAN MANGGA
Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

PEAR
Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

NANAS
Enzim bromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

DELIMA:
Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakan dengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapat menjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan. Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakan oleh penduduk Mesir dan Vietnam.

TOMAT:
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).

SEMANGKA:
Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

KELENGKENG:
Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING:
Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

LECI:
Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

KELAPA:
Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia, sayang kadang kala dilupakan. Dengan penjelasan di atas, semoga buah-buahan tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi.

KEDONDONG:
Dikenal di berbagai pelosok dunia berbagai manfaat obat dari buah, daun, dan kulit batangnya, dan dari beberapa negara dilaporkan adanya pengobatan borok, kulit perih, dan luka bakar. Tiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan mengandung 60-85 gram air, 0,5-0,8 gram protein, 0,3-1,8 gram lemak, 8-10,5 gram sukrosa, 0,85- 3,60 gram serat. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi; buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10%.

SALAK:
merupakan salah satu buah tropis yang saat ini banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa, di samping Indonesia sendiri. Buah salak memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, dapat dikonsumsi sebagai buah segar juga dapat dijadikan manisan. Dan yang pasti salak mengandung kalsium.

Hehehehe mantaab ya kandungannya.. Selain buah aku juga hobi mengasup yoghurt atau kadang-kadang cracker gandum yang mengandung banyak serat. Intinya sih, kalau hamil itu sebaiknya makan makanan yang mengandung banyak serat. Supaya menghindari sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Alhamdulillah walaupun perut sudah mulai membuncit proses ke belakang masih lancar jaya dan rutin.. :) Gak tau deh kalau buncitnya makin gede. Semoga kalau tetap makan makanan kaya serat problem sembelit bisa dihindari deh ya.. :)

[thumbnail image]


39 Comments

  1. sayyyyy… tulisanmu bermanfaat bagikuuuu…
    makasi yaaaa… aku tadinya pikir kalo yoghurt itu gak boleh loooo… ternyata boleh ya? hihi…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    boleh ko say.. yoghurt itu kan menyehatkan pencernaan.. dan memperlancar ke belakang.. wong minuman macam yakult, vitacharm aja boleh ko.. :)

    [Reply]

  2. Wah, cemilan kita sama ney Nggi. Cuma, klo gw ditambah melon sama kurma. Oya, katanya kurma juga bagus loh say utk bumil. Bisa mengurangi pendarahan pd saat melahirkan dan memperlancar atau memperbanyak ASI. Ada tuh artikelnya di Nova edisi terbaru.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    iya say… Kurma memang bagus buat memperbanyak ASI.. :) Aku belum sempet beli kurma niih. Kalau Melon aku ga bisa makan, soalnya aku cenderung darah rendah, sedang Melon itu malah memicu darah rendah.. Melon bagus buat yang darah tinggi.. :)

    [Reply]

    anika Reply:

    aku baru tau kalo kurma bisa memperbanyak asi.
    ternyata bukan cuma daun apa tu namanya yg g enak itu.hehe.. oia ikutan sharing ya, aku baru hamil 1.5 bulan klo minum air kelapa muda katanya blm boleh ya..

    [Reply]

    etika citrawati Reply:

    iya mb.,,klo msh usia dini blm boleh minum kelapa muda,,…

  3. sari kurma juga bagus buat nambah tenaga terutama pas perslinan, aq br nyobain minum 2 minggu ini. Apalagi ntar kalo menyusui tuh bagus buat memperlancar ASI
    btw kalo salak bukannya bikin sembelit yak ?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hihihi alhamdulillah aku lancar2 aja say.. soalnya di combine sama sayuran hijau juga.. :) Tapi iya euy, sari kurma emang bagus buat memperlancar ASI. Cuman aku pilih mam buahnya langsung dulu deh. Ngebayangin sari kurma masih eneeeg.. *aneh..

    [Reply]

  4. Ada kawan aq yg blg salak g bgus d konsumsi saat hamil, kata.a janin bs terlilit tali pusar, benar ga ya? Untk ilangin mual aq cocok bgt sama salak.. Bis ada kelat2.a gt.. Please d reply y

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    janin terlilit tali pusar itu kayanya bisa berbagai macam alasannya. Tapi aku sendiri gak pernah dengar kalau spesifik buah salak yang menyebabkannya..

    [Reply]

  5. Mbak Anggi…
    infonya berguna banget…. kayaknya blognya must aku bookmark nih…

    btw, ada yg bilang makan Nanas selama hamil itu gak boleh…. benarkah?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Nanas kalau kata orang dulu, bisa menyebabkan janin gak nempel di rahim. Atau ada juga yang bilang bisa membuat kandungan gugur. Sebaiknya jika anda tidak yakin sih baiknya dihindari saja.
    Aku juga tahan-tahan buat gak makan nanas, padahal suka banget.. ;)

    [Reply]

    etika citrawati Reply:

    sama,,…aqyu jg peenggeeeeennn bngtttt,,,…..

    [Reply]

  6. thx banget infonya bermanfaat banget kebetulan aq lagi hamil anak pertama skrg usia kandungan aq 7 bulan n tiap hari aq sll minum jus buah alhamdulillah dr awal kehamilan smp sekarang aq sehat2 aja n doain aja y ntr menghadapi persalinan diberikan kemudahan n dikasi baby yang sehat n lucu amin….

    [Reply]

    etika citrawati Reply:

    ammiinnnnn,,,……siapin mental aja yyaaaa,,,…..

    [Reply]

  7. menurut saya selama hamil boleh makan apa aja..justru setelah melahirkan,makanan harus dijaga,karena mempengaruhi kualiatas ASI..saat ini saya hamil 32 minggu..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Menurut aku sih selama hamil dan setelah melahirkan (masa menyusui) sama-sama harus di jaga. Gak mungkin dong diturutin makan semuanya apalagi junk food, indomie, bakar2an, seafood dan yang kurang bagus kalau di konsumsi sama ibu hamil. Bisa-bisa berat badan bisa naik sampai 20 kilo tapi si baby cuman 2.75 kl beratnya.. :P

    [Reply]

  8. Kok nanas dan pepaya termasuk yang di rekomendasikan untuk ibu hamil?
    setau saya nanas, durian, pepaya (beserta daunnya), daging kambing itu tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Ada dasar ilmiahnya kah? Dokter saya tidak melarang, asal dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan.. Kenapa itu tidak boleh di konsumsi? Fakta atau mitos?

    [Reply]

    usagi Reply:

    kl kt dokterku seh nanas n durian sbaiknya tdk dikomsumsi dl slma hamil, kdng qt mrasa kuat tp qt ga tau kan kandungan qt sberapa kuat. stauku ada enzim dalam nanas n pepaya yg brsifat meluruhkan kandungan n kt dokterku bila mo konsumsi lbh aman d atas usia 6bln kehamilan.

    [Reply]

  9. klo aku ga doyan susu untuk ibu hamil gimana ya..? memang pd dasarnya aku ga doyan susu…apa nantinya anakku kurang gizi dan pertumbuhanya ga sama dengan yg minum susu ..??

    [Reply]

  10. klo setau q seafood justru bagus n banyak dianjurin lho bwt memenuhi gizi ibu hamil n bayinya coz seafood kan banyak gizinya, yaaa mungkin yg hrs sedikit dihindari tuh makan kerang coz walaupun banyak jg artikel yg nyaranin bwt dikonsumsi tp banyak jg org yg keracunan klo mkn kerang

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    seafood yang di laut dalam itu bagus. Tapi seafood yang tidak di laut dalam itu kan takutnya sudah terkontaminasi dengan polusi dan logam berat. Ada yang bilang kalau kita konsumsi seafood yg terkontaminasi dengan logam berat bisa menyebabkan anak kita autis.

    [Reply]

  11. hai, aku br hamil 5 minggu nih…dr yg aku tau siy nanas dan pepaya(ples daunnya) mengandung zat abortivum yang bs meluruhkan kandungan. sama halnya dengan tanaman pacar air.
    klo daging kambing siy buat yg tensinya ga stabil kalii yaa, sebaiknya ga terlalu bnyk makan daging kambing . hipertensi kan ga bagus buat ibu hamil.
    itu yg ku tau loohhh…hueheuhuheu…piss…^^

    [Reply]

  12. Ini artikel yang saya cari, saya sering sekali mengalami sembelit ya sangat tersiksa sekali kalau sulit buang air besar……perut rasanya menjadi bega, besar dan gak enak.

    Padahal saya rajin minum air putih dan makan sayuran juga buah-buahan tapi kok ya tetap saja masih sembelit, ingin sekali setiap hari bisa BAB tapi kok ya bisanya 2hari sekali…..hehehehe tersiksa deh..salam kenal.

    [Reply]

    etika citrawati Reply:

    kok bs gitu yaa,…pdhal sdh bnuk mnum air,.mkn buah dan sayur,..coba konsultasi ke dokter aja..,,,,

    [Reply]

  13. maaf mba,klo jeruk yang kecut boleh ga mb…?
    trus kalo nanas dan salak saya baca di artikel yang lain kok malah harus di hindari ibu hamil….wah jadi bingung nih.

    [Reply]

  14. waduh aku makan pepaya terus nih… utk ngelancarin ke
    belakang :D skrg lg makanin salak… soalnya darah rendah siy…
    ribet cari buah yg cocok… plus ada magh jg… lemes… oh iya aku
    H 11w… lam kenal semua…

    [Reply]

    Yeni Reply:

    Thank’s info’y …
    Klo ibu hamil yg darah’y rendah, bgs’y makan apa ?

    [Reply]

  15. kalau perut sering sakit-sakit pada saat mengandung apa penyebabnya yach, dan bagus nya buah apa yang paling sering di konsumsi untuk hamil muda
    thnaks info nya

    [Reply]

  16. sring dnger klo orng hamil gk bolh mkn na2s krn dmungkinkn trjadi kgu2ran, mhon info. trs klo konsumsi duren bgmn? satu lg bnyak mnum es bgus pa gak buat ibu hamil & janinY?

    [Reply]

  17. Hamil anak kedua ini saya ga suka benget minum susu, tapi saya minum vitamin yang diberikan dokter kandungan saya, dan kalo minum sukanya minuman yang dingin kalo ga dingin pasti muntah lagi. apa berpengaruh pada perkembangan janin saya nantinya…
    terima kasih…

    [Reply]

  18. hi all salam kenal ikut nimbruk yah aq lg hamil ni jalan 3 bln anak pertama knapa yah bawaan nya benci bgt ama nasi yang dirumah tp klo dirmh mkn gk. trus aq g mkn nasi ja ni.. oh yah tiap hari aq konsumsi buah kyak pear siangi, apel, ma alpukat gmana yah kandungan karbo bwt janinq??

    [Reply]

  19. alhamdulllh dr awal khmiln q suka bgt makan buah cz cemilan plg seger ciii..oy usia khmilnq bru 3 buln q jg serng minum air kelp muda alhmdullh q n janinq sehat..
    stlh byk artikel ni q mkin suka m buah-buah deh…thnks infox

    [Reply]

  20. assalamu’alaikum mbak…..
    untuk ibu hamil muda mengkonsumsi buah nanas apa boleh mbak,,,..??????
    karena konon katanya buah nanas dapat menyebabkan keguguran.

    [Reply]

Leave a Comment.