Menyusun Menu MPASI Aghnan..

..ternyata super gak gampang. Bikin aku bolak balik baca literatur, cek milis dan chatting sama ibu-ibu yang sudah berpengalaman. Pusing man!! Hahahaha.. πŸ˜† Sebetulnya sih gampang-gampang aja. Cuman karena banyak rules-rules nya jadi kepentok kiri kanan. Emaknya nafsu pengen nyobain segambreng jenis makanan ke anaknya. Tapi terbatasi karena segambreng peraturan itu. πŸ˜† .

Antara lain ada peraturan mengenai:

  1. Peraturan 3-4 hari toleransi makanan untuk alergi. Jadi untuk mengetahui suatu makanan itu menimbulkan reaksi alergi atau nggak ke baby, kita harus memberikan jenis makanan tersebut selama 3-4 hari berturut-turut. Kalau lolos dan tidak menimbulkan tanda tanda alergi maka kita bisa melanjutkan pemberian jenis makanan lainnya.
  2. Tahapan pemberian jenis makanan (belum ngomongin tekstur nya yaa). Sebetulnya paham ini agak terbagi dua. Ada yang berpendapat kalau buah itu paling bagus diberikan diawal MPASI karena mudah di cerna (ini pahamnya pak Wied Harry Apriadji). Tapi ada juga yang bilang (tau dari teman yang ikut seminar PESAT) kalau baiknya bayi diperkenalkan dengan rasa makanan bertahap. Jadi mulai dari jenis karbohidrat dulu, lalu sayuran baru buah. Jadi rasanya pun meningkat. Dari yang rasanya anta sampai ke manis. Katanya sih bagus untuk memperkenalkan banyak variasi rasa ke baby.
  3. Jenis-jenis makanan yang boleh diasup sama bayi tiap bulannya. Acuan utamaku sih tetap dari wholesomebabyfood ini. Jadi kita bisa tau jenis karbohidrat, sayuran dan buah apa saja yang boleh dikonsumsi pada saat 6 bulan. Pada dasarnya 6 bulan belum diperkenalkan dengan protein (baik hewani dan nabati) dan pilihan buah dan sayurannya pun terbatas. Nah ini juga agak bikin bingung, soalnya ada beberapa yang berbeda dengan majalah Puree nya Ayah Bunda atau rekomendasi dari milis sehat.

Peraturan cuman 3 tapi cukup bikin aku gak maju-maju untuk menyusun menu MPASI nya Aghnan. πŸ˜† Apalagi kan Aghnan alergi an, somehow itu juga bikin aku lebih berhati-hati lagi. Alhasil setelah bersemedi dan lihat kiri kanan, aku mau coba ngikutin insting ku aja deh. Coba padu padan kiri kanan. Semoga ini yang optimal yang menurut aku.

Untuk batas toleransi alergi, aku menggunakan batas 3 hari toleransi alergi. Soalnya pengennya sih biar Aghnan bisa eksplor lebih banyak jenis makanan. Kemudian karena aku kerja jadinya masih campur antara konvensional dan BLW. Untuk hari kerja aku mungkin akan kasih dia Puree dan wiken baru Β ber BLW ria walaupun masih diselingi dengan Puree.

Aku pun akan memberikan makanan bertahap sesuai dengan jenis makanannya. Asumsinya kan buah itu yang paling enak. Jadi save the best for last ya Aghnan :) Kamu mesti kenalan dulu dengan karbohidrat dan sayuran dulu. Hehehehehe.. πŸ˜†

Untuk karbohidratnya Aghnan aku akan menggunakan tepung gasol organik di awal-awal. Gasol Merah Wangi dan Gasol Beras Coklat yang akan dicoba ke Aghnan. Kenapa gasol? Karena enak praktis, gak perlu bikin sendiri tepung berasnya. Hehehehe.. Dan organik pula sih. Pengennya sih ga melulu menggunakan tepung beras. Semoga pertengahan bulan nanti bisa dicoba nasi diblender. Tapi kembali lagi harus melihat reaksi Aghnan nanti. Selain gasol, aku juga akan memperkenalkan Aghnan dengan kentang dan sweet potatoes (ubi).


Untuk sayurannya aku mau memperkenalkan Aghnan dengan Buncis, Zuchini dan Butternut Squash . Tadinya semangat ingin kasih bayam / brokoli / wortel. Cuman ternyata dua sayuran tersebut mengandung nitrat yang cukup tinggi. Jadi mungkin dikenallinnya nanti deh ya pas 8 bulan saja. Untuk Buncis kan gampang ya diperoleh. Untuk Zuchini dan Butternut Squash ini nih yang agak-agak susah. Belinya pasti mesti di premium supermarket macam Ranch Market atau Kem Chicks. Alternatifnya ya kalau gak Kabocha (Labu Parang versi Jepang) ya Kacang Polong.

Untuk buah nya aku mau memperkenalkan Aghnan dengan Alpukat, Pisang, Pepaya dan Apel. Untuk Alpukat katanya yang enak itu Alpukat Mentega. Terus kalau Apel yang bagus, Apel Royal Gala atau Apel Washington. Pisang nya pun juga Pisang Ambon.

Yah kurang lebih begitulah beberapa jenis makanan yang akan aku perkenalkan ke Aghnan di awal-awal MPASI nya. Detail jadwalnya bisa diunduh di: MENU MPASI AGHNANDO 6 BULAN (UPDATED!!). Buat para ibu-ibu yang sudah berpengalaman, mohon masukannya yaa :)

Bismillah, 2 bulan lagi menuju MPASI nya Aghnan. Bunda semangat sayang. Kamu juga semangat yaa.. πŸ˜€

65 thoughts on “Menyusun Menu MPASI Aghnan..

  1. Ninik says:

    Mbak Anggi kerja di BI ya? kalo boleh tahu di bag apa ya?

    adikku juga kerja di sana, bagian yang suka survey2 ukm gitu deh.

    oh ya Mbak waktu pertama kasih puree, tekstutnya halus banget semi encer gitu dicampurin asi brp mili kira2?

    tks

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    gak inget berapa mili, dikira2 aja. pokoknya tekstur dr encer terus lama2 jd kental dan padat..

    [Reply]

  2. kharisma says:

    gasol termasuk makanan instant ga si?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Makanan instant itu kan makanan yg bs lgag dimakan dengan cuman diseduh air panas. Gasol itu kan perlu dimasak dulu biar matang.

    [Reply]

  3. Icha says:

    Mbak Anggi, udah sebulan ini aku prepare mpasi utk Jojo ku yg 7 juli besok lulus asix, dan pertama kali aku browsing mpasi paling pertama dpt blog mbak Anggi ini. sooo blessed deh.. langsung ku bookmark di bb πŸ˜€ dan mohon ijin ya utk copas guidelines & menu mpasi-nya.
    aku juga jd gabung member di mpasi, dan browsing annabel web juga.. wah… thank you so much for sharing to the world ya :) sukses selalu..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    thanks ya bu.. wah syelamat yg mau jadi sarjana asix.. sukses MPASI nya ya bu :)

    [Reply]

  4. Ninik says:

    Dear Mbak Anggi

    Mbak ak barusan beli hand mixer philips, dpt rekomend dari Mbak Angggi juga nih, alat ini bisa utk blend puree yg dibekukan nggak ya? soalnya ak berencana pureenya dibekukan supaya, Ibu mertua di rumah tinggal angetin aja,,,,

    semoga Aghnan sehat terus, dan makin sayang sama bundanya.

    tks

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hand blender ya? Iya aku juga blend puree pake hand blender ko..

    [Reply]

  5. Sisie Soediro says:

    Mba Anggi… nice to read your blog :)
    btw, utk sayuran dan buah spt pepaya, apel & pear nya bagus di kukus dulu atau langsung d blender..?? hehehe, mau dong di share cara pengolahannya kalo boleh :)
    Many thanks.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    kalau buahnya agak keras kayak apel dan pear biasanya aku kukus dulu. baru di bejek atau blender. kalau yang buahnya sudah empuk seperti pepaya atau alpukat gak perlu dikukus..

    [Reply]

  6. QQ says:

    Mba Anggi, aku ijin unduh menu MPASInya yaaa… aku coba mention di twitter tapi ga dibales :)

    Kalo nanya-nanya boleh kan mba? boleh via twitter ato lewat blog ini aja?

    Makasih banyak sebelumnya.

    QQ
    @rizkycahya

    [Reply]

  7. dian mama alika says:

    bener2 menginspirasi tulisan2na mb..
    saya izin copy menu mpasi-na bang aghnan ya..untuk nanti di kombinasi ma menu alika sbulan lagi udah mpasi niy smoga ntar kek abang aghnan doyan mam dan sehat aminn

    terima kasih :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *