MPASI Perdana Aghnan :)

Alhamdulillah setelah 6 bulan berjuang, akhirnya Aghnando Bhimasena resmi jadi sarjana ASIX S1. Senang sekali pas pagi-pagi tanggal 1 langsung di cium-ciumin tanda selamat sama si mas. Terus Aghnan pun disambut oleh ciuman kita berdua pas bangun tidur. Genap 6 bulan pun menandakan bahwa Aghnan sudah siap memasuki fase MPASI. Yang berarti Aghnan akan mulai merasakan makanan solid nya yang pertama. Yeaaayy :)

Karena aku sama mas gak mau melewatkan momen makan Aghnan yang pertama kali, kita berdua bela-belain cuti deh. Pokoknya hari itu terasa beda banget deh. Kayak masukin fase baru. High chair dikeluarin dari box. Bumboo juga dikeluarin. Heboh heboh deh. Eyang-eyangnya Aghnan pun ikutan heboh bolak balik nanyain “Makan jam berapa”. Heyaaaloooh, harap maklum ya, cucu pertama. Hihihi :)

Menu pertama nya Aghnan itu Gasol Beras Merah Wangi. Yes, gw mengikuti ajarannya milis sehat. MPASI start dengan serealia/karbohidrat, sayuran dan buah untuk 6 bulannya. Protein baru dikenalkan pada bulan ke 7. Kalau ditanya kenapa mulai dengan serealia? Karena itu yang paling mengandung resiko alergi yang minim. Selama seminggu ke depan ini Aghnan akan diperkenalkan dengan Gasol Beras Merah Wangi, Gasol Beras Coklat, Puree Kentang dan mungkin Oatmeal juga.

Masak gasol cukup mudah (ternyata) :P. Dan yang beras merah wangi baunya enak banget. Hehehe, pas masak, aku pun ikut ngences nyium aromanya. Setelah jadi, langsung diencerin dengan ASIP. Kenapa begitu? Katanya biar ASI tetap jadi primadona buat si baby. Jadi dia kan merasa familiar dengan rasa ASI di makanan barunya. Awalnya, seperti saran para ibu-ibu lainnya, gasolnya aku buat teksturnya semi cair. Percobaan pertama pun di mulai. Aghnan ditaro di high chair (direcline dan disumpel bantal), reaksinya persis seperti waktu ditaro di bumboo pertama kali, bingung. Makin bingung lagi setelah dicoba disuapin sama aku. Hasilnya? Mungkin karena efek tempat yang kurang nyaman dan tekstur gasol yang terlalu cair, akhirnya itu gasol sukses disembur-sembur dan kita dikasih cibiran dahsyat sama si bocah. :lol:

Langsung inget kata temenku, kalau dia gak suka sama yang cair, coba buat lagi dengan tekstur yang lebih kental. Jadinya aku buat ulang gasolnya dengan tekstur yang lebih kental. Posisi dipindahin ke bumboo deh. Hasilnya, anaknya cuman bertahan sebentar di bumboo, kemudian langsung menunjukkan muka ingin mengeluarkan diri dari bumboo. :lol: Akhirnya aku gendong pangku aja si Aghnan, sambil di suapin. Suprisingly, pas ditaro di pangkuanku, dia makan jadi tenang dan lahap. Gak berasa 3/4 mangkok pun habis. Itu pun aku gak maksa dia buka mulut. Selama dia masih buka mulut, ya kita suapin. Kalau dia tutup mulut berarti dia sudah kenyang. Jadi kita sudahin. Pas selesai makan, gak lama langsung burping deh si Aghnan. Hihihihi.. Pupnya langsung terlihat lebih kental dari biasanya dan lebih bauuu.. :lol:

Hari kedua dia makan pun ditaro di pangkuanku deh. Nampaknya dia lebih tenang kalau dekat bunda nya. Dan hari kedua pun tandas semuanya. Good boy :) Pas hari ketiga, mulai deh latihan makan sama eyang nya. Dan dia pun makan dengan posisi di gendong. Alhamdulillah lancar dan semuanya pun habis. Huhuhu senang lihat Aghnan sangat antusias sama makannya. Pup nya pun lancar dan tidak ada tanda-tanda sembelit. Emang sih pada saat aku tingkatin kadar kekentalan takut Aghnan jadi sembelit. Tapi alhamdulillah gak. Kuncinya harus sering diminumin air putih saat makan katanya.

Harapannya sih nanti Aghnan mau makan di high chair. Harus di disiplinkan sih untuk urusan satu ini. Namun, kan namanya dia baru mengalami masa perkenalan dan penyesuaian dengan makanan jadi aku harus buat suasana makan semenyenangkan mungkin buat Aghnan. Kuncinya ya cari tempat atau posisi yang nyaman buat Aghnan dan jangan dipaksain buat makan. Kalau baru 3-4 sendok Aghnan sudah tutup mulut ya disudahi.  Ini pun yang aku wanti-wanti ke Eyang nya dan mbak nya Aghnan. Soalnya kan dalam 6-7 bulan ini ASI masih 80% memenuhi kebutuhannya Aghnan. Makanan cuman 20% saja. Jadi diberikan 1-2 kali sehari dengan kuantitas maksimal 3-4 sendok juga sudah cukup. :)

Kalau dari behaviour makannya Aghnan, aku sama mas ko ngeliat kayanya ini anak mau mengontrol atas apa yg masuk ke mulutnya ya. Beberapa kali ya pas dia sudah mangap mangap minta masuk sendok, akunya agak lama nyuapinnya, sendok pun ditarik buat masuk ke mulut dia. Humm, apa mungkin Aghnan cocok dengan metode BLW? We’ll see deh, aku sih rencananya mau cobain BLW ke dia wiken depan. Pas ke rumah tadi siang dapat laporan kalau gasol beras coklatnya pun tandas. Alhamdulillah. Semoga semakin banyak makanan yang kamu cobain appetite kamu makin bagus ya nak. Gak sabar ngenalin Aghnan ke jenis makanan lainnya :)

Oh iya bagaimana perkembangan Aghnan di bulan keenam ini? Proud to say kalau Aghnan sudah full clodi seharian. Horeeee… Hihihi hal ini menyebabkan ada 1 paket Goon dan Mami Poko ukuran M teronggok cantik dirumah. Hihihi.. Bulan depan gak usah beli dispo lagi deh berarti. Eh tapi dispo masih kepake ko. Soalnya buat pergi-pergi aku masih pake dispo. Repot kalo ke mall pake clodi, males bawa wet bag nya :P Susahnya kalau musim hujan gini. Ruang tengah langsung isinya jemuran clodinya Aghnan. Langsung berpikir untuk nambah clodi lagi. Nom..nom..nom.. :D

Motorik kasarnya dia pun berkembang lebih pintar lagi. Aghnan sudah mulai belajar merangkak maju. Mangkanya lagi hobi banget tengkurap, soalnya pengen belajar merangkak kali ya. Beberapa kali sudah berhasil membawa badannya maju beberapa langkah, tapi masih belom sempurna. Gpp ya nak, pelan-pelan belajar pasti nanti pintar. Tapi Aghnan blum bisa duduk sendiri. Kalau terlentang masih belum ada minta buat angkat-angkat badannya sendiri. Tapi kalau lagi digendong depan sih posisinya udah ogah buat nyender, langsung negakin badannya ke posisi duduk. Yah gpp juga nak, pokoknya jangan dipaksain ya ganteeng.. :)

Pokoknya semoga kamu sehat selalu, makin pintar dan makannya banyak ya nak :)

31 Comments

  1. Anggi selamat yah, mudah-mudahan Aghnan makin lancar maemnya!

    Btw, mo nanya niy… Mulai dari umur berapa bulan siy sebenernya baby udah boleh dalam posisi duduk, cz kalo pas di Indo kayanya baby baru boleh duduk umur lebih dari tujuh bulan, dan di US aq liat-liat kebanyakan baby yang masih dua or tiga bulan udah pada dipangku dalam posisi duduk? Thanks ya… ^^

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Biasanya 7 bulan baru boleh. Yang mana si baby sudah betul betul kuat menopang badannya sendiri.
    Kalau dipangku tp ditahan, artinya masih ditopang sm kita bukan membiarkan bayi menopang badannya sendiri gpp. Pas pangku Aghnan juga tangan ku nahan bagian bawah dia dan biasanya disenderin.
    Nah kursi bumboo yg pake Aghnan ini jg spesial. Memang di desain agar anak belajar duduk sendiri. Kursi ini aman dipakai karena teksturnya itu sama seperti kita pangku anak.

    [Reply]

    Rachma Rushita Reply:

    Thanks yah buat jawabannya, mencerahkan banget.. Cz agak ngeri sebelumnya ngeliat baby masih dua bulanan udah duduk dipangku. ^^
    Anggi kalau boleh nanya lagi… Harganya bamboo seat berapa yah? Thanks…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Bumboo seat dijual 800rb di mothercare. Gw gak beli ko. Gw nyewa sajah, soalnya dipakenya sebentar doang..

  2. Kmrn kakak ipar gue di NZ blg disana katanya bayi dicampur gitu makannya nggi.. jadi nasi, ayam, sayur, buah dicampur jadi satu. Tujuannya biar rasanya kecampur jadi bayi gak pilih-pilih makanan.

    Aku sedikit merenung dg tips diatas, dulu aku kan pisah2in zahra abis makan bubur or puree kentang baru aku kasih buah. Skrg dia lebih milih buah drpd nasi. hehe.. Jadi kepikir apa mungkin ada benernya dokter2 di NZ itu nyaranin semua dicampur jadi si anak ngga picky. Karena skrg zahra lumayan picky eater.. hiks..

    Tp mgkn tiap anak beda2 ya.. just a thought. dan mgkn BLW itu siapa tau enak diterapkan. Zahra sendiri kalo udah GTM n GMM (gerakan mulut melepeh) gue taro aja piring ama nasi trus dia cuil-cuil sendiri. Ngga byk sih, dan pastinya berantakan. Tapi drpd ga makan kan?

    Ini komen apa posting yak ko panjang amat.. hahaha.. makan yang pinter terus ya aghnando.. kiss kiss dari kakak ZK :-*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gitu ya bu. Humm jd berpikir untuk mencampur puree dan bubur itu dengan buah. Tapi gw pribadi sih dah pasrah. Kayanya GTM atau GMM, sudah pasti akan dilewati oleh semua ibu gak sih? Hehehe..
    Kiss balik kakak ZK dr Aghnando :D

    [Reply]

  3. Selamat sukses asix 6bln ya bunda anggi dan aghnando. Seneng ya say bs sampe tahap ini. Smoga aghnan tumbuh jd anak yg sehat dan kuat:) fatha masi 3bulanan lg, smoga bs deh ya kaya mas aghnan:)
    Mamnya pinter nih aghnan. Slamat berkreasi ya bunda anggi biar aghnan mamnya lahap trus. kiss kiss dr zikra dan fatha:*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Makasiih tante Evi.. Kiss kiss buat Zikra dan Fatha :-*

    [Reply]

  4. waaaww,,seru nya yg mulai MPASI, Pasti bundanya seneng bgt liat maem nya aghnan abis =) Wktu awal2 anakku MPASI blom blh ditaroh di highcair ma eyangnya *ktnya duduknya bulm kuat*, ditaroh dibouncer udh ga bs diem. karena akunya ga mau anakku digendong pas makan, akhirnya maemnya ditidurin dh tapi diganjel bantal. Alhamdulillah skrng udh bisa tenang maem di highcair =) ga kebayang deh kl mpe gede maemnya hrs digendong *bisa encok*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Embyeeerr.. Kl dia dah pinter duduk, pasti wajib masuk ke high chair.. :)

    [Reply]

  5. selamat yah bunda anggi, aghnan dan ayahnya….
    doakan aku juga yah…walaupun baby masih berusia 37 minggu di perut bundanya ini…tp baca blog ini aku belajar banyak….moga2 ASI-ku juga bisa full sampe 6 bulan….doakan….sambil nanti buka-buka cerita di blog mba anggi yang lama…hehehe…
    selamat menikmati makanan barumu aghnan…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Waaah bentar lagi yaaa.. Semoga lancar semuanya, bisa IMD, bisa ASIX dan babynya sehat dan pintar? Amiiiin…
    Pokoknya, buat ASI kuncinya adalah afirmasi positif dan tenang ya bu. You can do it.. Caiyooo :)

    [Reply]

  6. hai ganteng..
    dah makan aja ya :) begitu cepat waktu berlalu ya gi hehehe..

    gi, jangan takut sama gtm, ada banyak cara mengatasinya, intinya tetep kita harus tau his feeling and what he wants…

    GTM itu bisa bearti “bunda, aku bosan makannya ini terus”, “bunda, aku bosan sama piring sendoknya” (ini beneran..), “bunda, boleh ya sekali2 aku ga makan banyak :)”, “bunda, kursiku jangan di depan tv terus dong, mau hadep sana” dll..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Siaapp Jus.. Aku akan ingat-ingat saranmu.. Thanks so much :)

    [Reply]

  7. hai mba anggi, salam kenal, dari yang tadinya blogwalking jd pengen comment,, tfs yah,, aku sering liat blog mu untuk acuan mpasinya anakku aidan (6m2w)

    tadinya mau ijin copas menu nya, pengen nyontek tips suksesnya,, tp pada akhirnya beda juga sih heheheh,, cuma penasaran aja ni mba,, kalo di menu mba anggi kan wkt 6 bulan menunya sudah di mix

    sementara aku masih coba sendiri2 utk masing2 rasa serealia, sayur dan buahnya,, entah kenapa aku masih belum berani mix kalo di 6m ini, maunya pas 7m

    itu gimana ya mba? kalau boleh minta saran yah,, ths

    [Reply]

  8. Dear Mbak ANggi

    mbak mau tanya kalo bikin bubur tim pakai SC, airnya itu pake air biasa, or langsung pake airkaldu aja…he he penasaran .com

    tks

    [Reply]

  9. Dear Mba Anggi,

    Nanya dong mba? itu Oatmealnya mba Anggi pake merk apa ya? beli dimana mba?
    Harus yg khusus utk Baby ato gmn? bingung.com nih
    Mohon pencerahannya :)

    Thanks Before

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Aku biasanya pake quaker oat yang biru aja kok.. :)

    [Reply]

  10. hai mba anggi,aku blh tnya lg kan,makasih bnyk sblmny mba, sdh 3 hr ini aku mulai ksh abizar MPASI,MPASI perdana abizar tepung gasol beras merah wangi .anjuran DSA ny di berikan cair.hr pertama aku bikin cair hy 3 sndk yg msk ke mulut abizar,mngkin krn hbs mimi asi kali yah jd sdh knyang,hari kedua semi cair 10-15 sdk mkn yg masuk,alhamdulillah udh bnykan,hr ketiga aku buat agak kental dan 3/4 porsi hbs,alhamdulillah..dan yg mau aku tnyain nih mba anggi,
    1.wktu mnggu pertama mba anggi ksh aghnan bubur susu,itu hy gasol +asi aja apa ada tmbhan lain mba?
    2.aku sllu encerin gasol dgn asi ,tp asi yg di tambahkan sedikit mba krn disesuaikan dg tekstur gasol ny ,akupun merah asi secukupny aja disesuaikn smbubur gasolny ,mmng bgtu ya mba anggi ?apalg hr ini aku bikin agak kental otomatis asi yg dicampur pun jg sedikit .itu ga mslh mba?apakh terpenuhi asupan giziny ?
    3.aku sllu bikin gasol dg 1sdk mkn +200 ml air ,klo aku bikin separo blh ga yah mba anggi spy tdk kebuang :)

    mba anggi maaf bgt yah klo pertanyaan ny bnyk bngt ,coz bingung nanya kesiapa krn smua tmn2 akupd pake instan bubur susu ny ,,,terimakasih bnyk yah mba nggi

    [Reply]

  11. dear mba anggi ,,mnta izin yah mba bolehkah aku liat menu mpasi ny aghnando yg 6 bln?kok aku liat ga ada yah,,klo yg 7 bln sdh ada :) makasih mba anggi

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Ada di link dibawah say coba diintip..

    [Reply]

  12. Mba Anggi salam kenal, aku sedang browsing untuk cari-cari referensi MPASI anak pertama ku. di blognya mba lengkap banget. aku ijin untuk banyak mencontoh ya terutama untuk model pembuatan menu bulanannya. Terima kasih Mba :D

    [Reply]

Leave a Comment.