MPASI 11 Bulan Aghnan

Hihihihi akhir susunan menu nya rampung dalam waktu sejam saja penyusunannya. Dan baru rampung setelah hari kedua bulan ini. Untung kemaren pas waktunya Aghnan nyobain ikan Salmon, aku undur. Soalnya bertepatan sama waktu kita pergi ke Bandung. Buat gw agak riskan ya nyobain jenis makanan baru saat travelling. Takut tiba-tiba alergi berabe deh jadinya. Jadinya dari kemarin Aghnan baru mulai nyobain Salmon. So far so good (gak ada tanda tanda alergi). Semogaaa aja gak alergi ya. Kalau lolos tes alergi ikan Salmon, langsung kita pesta sashimi di Sushi Tei (loh) :lol: Hehehe itu yang pesta mah emak bapaknya ajaaa.. Aghnan makan Pasta Salmon with Brokoli ala tante Karmel aja yaa.. :)

Senang melewati masa mpasi 10 bulan Aghnan. Makanan tekstur kasar ke padat sudah suka. Dan yang terpenting, dia bisa makan Ikan Tuna (baca: ikan laut). Alhamdulillah TATA semuanya (Tidak Ada Tanda Alergi). Hampir semua jenis makanan yang dicobain sukses. Kecuali buah Plum sama Mangga yang gagal dicobain ke Aghnan. Plum karena asemnya ampun2an. Dan pas mau kasih Mangga, langsung di pelototin sama si mama (nasib, rumah deketan sama nyokap). Katanya bisa bikin batuk dan gatal tenggorokan si baby. Ya udah, gw mending nurut aja deh, daripada Aghnan tersiksa juga kalau batuk-batuk.

Berikut list makanan yang sudah Aghnan cobain bulan kemarin:

Sayur: Tomat, Paprika, Kapri, Kangkung

Buah: Plum, Mangga

Protein: Ikan Tuna, Ikan Salmon

Dairy Products: Yoghurt

Yang di bold berarti sudah dicobain. Sisanya cuman Plum dan Mangga, alasannya seperti yang sudah dikemukakan diatas. Selebihnya Aghnan TATA (Tidak Ada Tanda Alergi). Untuk snacknya, buah potong, cheese bliss nya Mamma Kanin dan yoghurt jadi andalan sekarang. Alhamdulillah yoghurt pun dia TATA. Dia suka banget yoghurt ternyata. Aku pikir dia bakal gak suka karena agak asam. Ternyata lahap dikasih yoghurt sama puree buah :) . Untuk yoghurt biasa kasih merk Yummy, Yoplait atau Petit Miam.

Huhuhu betapa terharunya kalau dia bisa makan-makanan yang gw curigai bisa memicu alergi nya dia. Mungkin karena gw rutin minum ramuan air perasan temu kunyit ditambahin sedikit (dikiit banget, sejumput kecil) kapur sirih (seminggu dua kali). Kata orang dulu itu bisa menghilangkan alergi. Berhubung masih ASIX jadinya aku yang minum ramuan itu dengan harapan zat zat yang terkandung di dalamnya bisa masuk ke Aghnan dan bisa menghilangkan alergi nya Aghnan. Percaya gak percaya so far Aghnan belum menunjukkan alergi terhadap suatu bahan makanan. Aku pun bahkan sudah mulai berani memasukkan susu sapi ke dalam masakan pasta nya dia (katanya kalau susu sapi yang dimasak gpp sebelum 12 bulan, yang belum boleh langsung diminum). Sedih banget ingat dulu waktu Aghnan masih kecil yang aku pantang dari dairy products, seafood, kacang-kacangan sampai coklat. Sekarang melihat dia bisa enak makan keju dan ikan laut aku lega banget.

Ngefek juga ya ternyata. Kalau ngobrol sama pakde dan sepupu gw yang dokter, katanya memang ada zat yang terkandung dalam kapur sirih yang biasa jadi bahan baku dan dipakai dalam obat alergi. Itu loh, orang yang alergi nya parah, yang sampai harus di suntik obat alergi ke pembuluh darahnya (ngebayanginnya aja ngilu). Mungkin efek juga ke Aghnan. Gak secara langsung, tapi lewat ASI gw. Anihoo, apapun itu yang jelas it worked buat my Aghnan. Yang penting makannya dia bisa lebih beragam saja dan belum (semoga gak ada) yang perlu di pantang. Amiiinn..

InsyaAllah bulan depan (12 bulan) Aghnan mau dicoba full makan table food. Soalnya dia sudah suka makan nasi.. *hooray* Apalagi kalau nasi pake keju, itu mulut mangap-mangap terus. Bahagia deh nyuapinnya. :) Tapi walau table food, tetap dipisahin sama makanan kita. Pakai kaldu home made dan mulai dicobain pake gulgar tapi dikiit aja.. :) Tadinya mau langsung full nasi bulan ini. Cuman kayaknya pelan-pelan dulu deh. Paling masih dicampur sama pasta atau nasi tim sebagian. Biar variasi juga sih.

Untuk sayuran nya agak-agak buntu mau nyobain apa saja. Sedang untuk buah mau dicobain the berries (strawberry, raspberry, blueberry dan blackberry). Terus mau dicobain juga buah naga (dragon fruit). Untuk protein nya mau cobain Ikan Tenggiri sama Ikan Dory. Sisanya rada blank, jadi mengulang bahan yang sudah ok lainnya.. (ada ide gak, beneran buntu niih :P )

Berikut daftar makanan yang mau aku kenalin di bulan ke 11 Aghnan:

Buah: Strawberry, Blueberry, Raspberry, Blackberry

Protein: Ikan Tenggiri, Ikan Dory

Yang jelas tetap menggunakan 3 hari toleransi alergi dan masih NO GULA GARAM, ini dia susunan MENU MPASI AGHNANDO 11 BULAN . Sebulan lagi ya ganteng.. Sebulan lagi.. Kamu sukses ASI saja selama setahun (toss dulu sama Bunda). Dan nanti baru bisa share pelan-pelan dan dikit-dikit sama makanannya Bunda yaa.. Love you always my lil prince :D

13 thoughts on “MPASI 11 Bulan Aghnan”

  1. anggi, boleh bagi resep temu kunyit kapur sirihnya? kanaya ku alergian banget, bahkan kena atopic dermatitis. kemarin ma dokternya diresepin terapi lacto B jangka panjang. pengen nyoba yg kapur sirih buat ku minum. makasih ya…

    [Reply]

  2. Mbak Anggi, boleh share gak takaran temu kunyit kapur sirihnya? Minumnya 2x seminggu ya? weekend doang boleh dong? Soanya putra saya alergian banget hiks..jadi bingung klo kasih makan, hampir semua bikin kulit dia jd merah2..siapa tau dengan minum ini bisa berkurang alerginya. Thx b4 ya mbak:)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    kunyitnya sih paling 2 ruas jari tangan dibakar trus di parut trus di seduh sama air.. kapur sirihnya sejumput aja.. Aku sih biasanya senin-kamis minumnya..

    [Reply]

  3. Dear Mbak Anggi,

    Saya ijin donlot (baca: nyontek) menu makannya aghnando yang 11 Bulan ya.

    Cima kasih sebelumnya…

    [Reply]

  4. hai mbak anggie,, boleh di share gag referensi “resep nyontek”nya dari mana aja?? karena aku browsing langsung dengan judul menu-menu tsb kok susah nemu resepnya ya?. thx before.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ada di milis mpasi rumahan atau di bukunya annabel karmel..

    [Reply]

    sari cahyono Reply:

    annabel karmel??kyke harus beli dulu yah? hehehee..tq ^_^

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>