Resep Tante Karmel Favorit Aghnan

Semenjak Aghnan gak makan nasi tim lagi otomatis say goodbye ke Takahi tercinta. Lebih enak sih kalau kasih makan Aghnan sekarang. Apalagi semenjak dia udah makan nasi. Jadi biasanya gantian, kasih nasi sama lauk (biasanya chicken nugget, sayur sop), mashed potatoes sama pasta. Buat yang terakhir aku seneng banget buatnya. Selain relatif praktis (jadi aku bisa sempetin masak sebelum kantor), biasanya rasanya pun nyummy juga buat emak bapaknya 🙂 .

Pakai pastanya masih yang merk Orgran. Soalnya Gluten Free. Dan biasanya banyak banget stoknya di Ranch Market di Grand Indonesia. Buat Aghnan aku beli yang macaroni rice pasta dan vegetable corn pasta yang spiral. Walau relatif lebih mahal dibanding pasta biasa. Cuman kan porsi makannya Aghnan masih gak begitu banyak. Paling sekali masak cuman 20 gr saja pasta. Untuk resepnya sendiri, aku banyak ambil dari bukunya tante Karmel (baca: Annabel Karmel) yang Top 100 Pasta Dishes. Penampakan seperti ini (thanks Ochelita yang baik hati dititipin):

Banyak banget variasi menu yang bisa dicobain disitu. Cuman kebanyakan buat toddler sih. Yang buat baby cuman sampai halaman 25 dari 139 halaman. Hihihi makin gak sabar bereksplorasi setelah Aghnan jadi toddler nanti (langsung terbayang spaghetti meatballs) Yummoo.. 🙂

Untungnya Aghnan gak punya masalah sama Keju. Dicobain beberapa macam so far baik-baik saja sama dia. Jadi senang. Plusnya lagi, dia juga suka (alhamdulillah juga gak alergi) sama Salmon. Lucunya dia paling suka sama Salmon. Tuna sama Gurame dilepeh-lepeh sama dia.. 😆 Gak deng, ditelen sih cuman extra sabar nyuapinnya. 😛

Nah yang akhir-akhir ini dia suka banget ya adalah Pasta Salmon with Spinach Cheese Sauce. Hehehe ini sebetulnya gak ada di bukunya tante Karmel. Cuman itu resep modifikasi gw mencampur 2 resepnya tante Karmel (Pasta Shells with Salmon and Broccoli dan Creamy Spinach Sauce). Aku ganti brokoli dengan bayam (somehow, gw terobsesi sama bayam yang kaya zat besi, lagi kejar-kejaran semoga bb Aghnan pas 1 tahun nanti bisa pas atau lebih 3x berat lahirnya dia). Dam aku tambahin sama bawang bombay biar lebih wangii..

Pasta Salmon with Spinach Cheese Sauce

Bahan: 40 gr pasta (bisa jenis apa aja, fussili, makaroni, spiral dll), 50 gram Salmon fillet (gak pake kulitnya, dagingnya saja), 100 gr daun bayam segar (biasanya 1 bungkus bayam organik), 1 sdt bawang bombay cincang, 1 sdm unsalted butter (biasanya merk Anchor atau Elle & Vire), 2 sdm cream cheese (biasanya merk yummy), 4 sdm keju parmesan, 1 sdm susu UHT, 1 sdm jeruk lemon

Cara Membuat:

  1. Panaskan air di panci. Lumuri salmon fillet dengan air jeruk lemon (biar gak amis). Kemudian rebus ke dalam air mendidih di panci selama kurang lebih 3-4 menit. Kemudian angkat.
  2. Kemudian masukkan daun bayam ke dalam panci. Dan rebus selama 3-4 menit. Angkat, setelah itu blender bayam sampai jadi bubur.
  3. Ganti air di dalam panci. Dan isi lagi dengan air untuk merebus pasta. Masukkan 1 sdm extra virgin olive oil, tunggu sampai mendidih.
  4. Kemudian masukkan pasta ke dalam air yang mendidih dan masak selama 15 menit. Uhm, biasanya kan buat orang dewasa masak pasta itu “al dente” sekitar 8-12 menit. Tapi berhubung buat Aghnan, masaknya agak lamaan biar agak benyek jd gampang ngunyahnya. Jika sudah tiriskan pasta.
  5. Sekarang masak sausnya. Lelehkan unsalted butter ke dalam panci. Kemudian masukkan bawang bombay dan tumis sampai layu. Kemudian masukkan salmon yang sudah di rebus. Dan aduk rata sampai daging salmonnya tersuir-suir di panci.
  6. Kemudian masukkan bayam, tumis sampai rata. Kemudian masukkan susu UHT, cream cheese dan keju parmessan.
  7. Aduk rata, dan terakhir masukkan pasta yang sudah di tiriskan.
  8. Aduk sebentar kemudian angkat. Makanan siap di hidangkan.

Walau penampakannya jelek ya (hijau hijau karena bayam), tapi baunya enak banget dan rasanya yummo bangeet. Penampakannya seperti dibawah ini:

Yang penting Aghnan suka. Aku pun senang kalau dia suka. Untuk ikannya kayaknya bisa diganti dan dimodifikasi sama Dory, Tuna atau ikan laut lainnya. Sedang untuk bayamnya bisa diganti sama brokoli 🙂 Siip kan 🙂 Selain ini Aghnan juga suka banget sama Tomata Cheese Sauce nya tante Karmel. Biasanya sih aku ganti sama keju mascarpone. Nanti aku post di postingan terpisah yaaa 😀

13 thoughts on “Resep Tante Karmel Favorit Aghnan

  1. Donna says:

    hai..Nggi..
    I’m one of your hubby senior high mate. . mungkin pernah dgr ttg aku tp blm pernah ktmu ya 🙁 scr kita tinggal di lain kota..
    Salam kenal aja deh..blognya ok lo..aq srg nyuri baca tnpa permisi sm empunya hehe..
    Btw..pgn punya jg bukunya tante karmel ni!! beli dimana yaa?! thanks before ^^

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi Donna, salam kenal juga.. Kata Amir dulu se geng sama Sandra ya? 🙂
    Anihoo, gw beli buku tante Karmel ini nitip am temen di Oz, soalnya waktu itu lg habis di kinokuniya jakarta..

    [Reply]

  2. MeNik says:

    Yup..yup. udah beli ORGRAN dan udah abis lagi. hehehe. Danish juga suka banget ma salmon, mo diapain aja.
    Yuk… kita menciptakan generasi sehat dengan makanan sehat alami.

    [Reply]

  3. dian fitriana says:

    hai mba anggi, wah hebat nih resep mpasi nya oke2 semua 🙂
    mba aira kan masih 9 bulan, setau aku blm boleh minum uht, kalo uht diganti sama susu kedelai plain aja bisa kan yah? makasi banyakkk

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    harusnya sudah boleh ya. Soalnya kan tahu tempe sudah boleh..

    [Reply]

  4. epha says:

    Mba ini untuk brp kali makan ya? Mengingat ada yg bilang kl bayam tu tdk boleh dimakan jk sdh lebih dr 4 jam setelah dimasak betul gak sie?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    buat sekali makan aja sih itu..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *