Bento..Bento..Bento..

Ini bukan Hoka Hoka Bento ya, cuman masih saudara jauhnya namun buatan sendiri.. :P Jadi kan @mamakokihandal ngadain kelas Bento yah Minggu kemarin. Secara dari dulu aku tuh suka browsing-browsing dan lihat-lihat hasil dari kyaraben (teknik membuat Bento) dan penasaran seribet apa sih bikinnya, jadi langsung deh, begitu ada pengumuman kelasnya di twitter langsung sigap buat daftar.

Kebetulan memang bebibobu udah ditodong seminggu sebelumnya jadi sponsor :) Jadi udah antisipasi kalau kelas Bento nya akan bentar lagi dibuka. Berhubung lagi nannyless, jadi pagi-pagi lumayan rusuh nyiapin ini itu supaya Aghnan anteng ditinggalin sama Eyang nya. Baru deh cabcus ke Kemang dan nyampe jam 9 pas ajeeee.. :)

Acara dibuka sama presentasi tentang Mi Beniah (lokasi tempat kelas Bento) kemudian demo masak mamah Depe dan mamah Yudith yang masak chicken tulip dan sunflower sausage yang mana nanti akan dipakai di Bento nya. Oh iya, salah sponsor kelas Bento ini, selain bebibobu ada juga @DapurQ punyanya mamak Riani. Yang berarti setiap peserta dapat cupcake buat dicemil sebelum kelas di mulai. Nyum nyum nyum.. Selalu suka RVC nya Riani. Setelah itu baru deh ownernya mymealbox yang jelasin tentang Kyaraben atau seni membuat Bento. Jadi ya Bento itu bukan sekedar bikin bekal, tapi memang ada seni nya. Khas nya orang Jepang banget ya, sangat perhatian terhadap detail dan komposisinya. Dan itulah yang menonjol dalam pembuatan suatu Bento.

Buat orang awam pasti langsung terbayang ribetnya. Cuman kayaknya kalau emang hobi dan suka pasti akan enjoy-enjoy aja bikinnya. Kita diajarin beberapa tips gampang untuk membuat Bento. Dari mulai peralatan yang “must have” untuk membuat Bento. Terus bahan makanan apa saja yang biasa menjadi bahan racikan atau isi dari bento. Dan tentunya tips-tips untuk membuat Bento yang bagus. Peralatan perang membuat Bento ternyata macem-macem ya. Ada rice moulding bentuk macam-macam, puncher untuk mencetak mata hidung mulut di Nori terus cetakan bentuk bunga, awan dll. Hampir mirip peralatan buat bikin scrapbook cuman yang ini diaplikasikan di makanan :P

Kita di demoin cara membuat Bento Piyo Piyo terus Bento gambar lebah dan terakhir bento motif Angry Birds. Abis itu disuruh dipraktekin deh si Bento gambar lebah ini. Hihihi berhubung Bento yang paling bagus akan dapat hadiah starter kit bento jadi ya kita, ibu-ibu kompetitif langsung deh semangat mempraktekan untuk buat Bento. Berhubung semua bahan makanannya sudah dimasak dan dipersiapkan terlebih dahulu sama panitia, jadi kita tgl menghias dan menempatinya di tempat makan yang sudah ada. Sesungguhnya itu sudah lewat masa-masa ribet dan susahnya. Karena menurut gw ya, bagian yang ribet waktu buat Bento itu ya pas nyiapin makanannya. Kalau menghias bento nya sendiri kalau kita sudah ada bayangan pasti akan lebih cepat dan gampang :)

Entah karena gw grogi atau gak biasa asli tangan gw tiba-tiba tremor pas hias-hias si Bento. Gemeter nek.. :lol: Soalnya naro barang yang kecil-kecil pake pinset sungguh bikin deg-degan. Gak bakat banget ya gw bikin Bento. Tapi ya setelah selesai lumayan juga hasilnya. Taraaa ini dia bento buatan sendiri yang pertama. Kece gak kakak?

Aghnan sendiri begitu dikasih liat dia langsung gemes sama Lebahnya sampai mau di remet sama dia.. -.-” Tapi begitu di suapin dia gak doyan kakak. Tanya kenapa? Soalnya nasinya udah dingin. Dia doyannya yang masih anget-anget.. :lol:

So, apakah Bento ini akan jadi another obsession? Mmmm belom sih kayaknya soalnya jujur pikiran lagi penuh sama kerjaan (pencitraan banget dah ini) dan sekolah (huaaaa nasib gw apa kabaaaarrr???? dag dig dug menanti pengumuman.. *stres*). Cuman mulai mencari-cari inspirasi mengenai model-model bento lainnya dan mikir gimana yaaa cara buat jadi lucu kayak gitu. More link about cute bentos bisa melipir kesini ya kakak:

 

8 thoughts on “Bento..Bento..Bento..”

  1. bagus nggi, gw kl pertama bikin blm tentu bakal bisa jadi kayak gt, hehe

    thanks sharing link bentonya ya, gw suka gemes ngelihat kok bisa ya pada bikin bento keren2 begitu…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hihihi pdhl tangan tremor waktu bikin.. :)) Gak bakat euy..

    [Reply]

  2. mbak, kyaraben itu singkatan dari kyarakter (character) bento, artinya bento yg bentuknya karakter2 (anime). jadi bukan teknik membuat bento :)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hoalaaah gitu toh. Salah dong aku selama ini. Hihi thks for shariing :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>