Campur Aduk..

..rasanya begitu baca postingannya Ira yang ini. Ngeh dari twitternya temen-temen, baca TL nya Ira dan akhirnya baca postingannya yang itu. Satu kata yang keluar dari mulut gw cuman “Astaghfirullah..” dan rasanya badan langsung merinding, bingung dan mau nangis. Is this for real? Kalau memang ada anak umur 11 tahun memperkosa anak umur 7 tahun? Dan anak tingkat SD udah tau yang namanya S*X???

Sh*t.. Nulis disini aja rasanya mules gak karuan. Gak kebayang kalau jadi posisi anak tersebut. Dan terlebih lagi gimana jadi posisi ibunya. Apalagi tanggapan orang tua pelaku yang sangat gak sopan. Dalam fase denial kelas berat (baik terhadap anaknya dan dirinya sendiri) yang malah bukannya membantu memperbaiki kerusakan yang sudah dibuat, tapi malah bikin semuanya bikin ruwet.  Yang respon paling kenceng pastinya yang punya anak perempuan ya. Tapi begitu baca komen yang kedua di postingan diatas (yang mana ada juga anak dibawah umur jadi korban sodomi temannya), Astaghfirullah, rasanya memang dunia ini sudah kebolak balik gak benernya. Dan rasanya pengen kekepin si Aghnan di rumah aja.

Kalau tanya who’s to blame? Tentu saja orang tua si pelaku. Mau gimana lagi, pelaku masih anak-anak. Kok bisa jadi kayak gitu ya tanya orang tuanya. Dan kayak gini bikin aku mikir untuk:

  1. Masukin Aghnan ke kelas Karate/Judo/Ju Jit So sedini mungkin (maybe umur 3 tahun) biar dia bisa bela diri kalau ketemu anak-anak kayak gitu.
  2. Memfilter pertemanannya Aghnan. Terutama kalau bisa, tau latar belakang keluarganya. Apakah orang tua nya tipe orang tua yang care sama anak-anaknya. Atau tipe orang tua yang sebodo amat sama anak-anaknya.

Mungkin naif kalau bilang, orang tua mana sih yang sebodo amat sama anak-anaknya. Well kenyataannya sih banyak yang kayak gitu. Bahkan ada orang tua yang tidak melihat anaknya sebagai seseorang yang penting dan patut jadi prioritas. Memang gak ada yang bilang jadi orang tua itu gak gampang. Apalagi gak ada sekolah buat jadi orang tua. Mangkanya perlu pembelajaran berkelanjutan selama jadi orang tua. Ilmu yang kita punya gak boleh obsolete. Kalau gak bisa gawat.

Ya contoh gampangnya begini deh, dulu itu rekomendasi ASIX itu cuman sampai 4 bulan. Tapi sekarang 6 bulan. Terus jamannya Aghnan gak pernah ribut soal Anemia Defisiensi Zat Besi. Sekarang bayi 4 bulan udah pada dikasih tambahan supplemen zat besi. Yah namanya ilmu pengetahuan itu berkembang pesat. Dunia pun otomatis berubah. Kalau kita tetap stagnan ya ketinggalan kereta.

Cuman untungnya di dunia sekarang ini namanya informasi itu gampang di dapat dimana-mana. Support group pun di mana-mana. Forum-forum parenting ada banyak. Buku-buku soal parenting pun di mana-mana. Mangkanya, kalau sampai gak tau apa-apa itu yaah, buat aku sih kelewatan. Kecuali emang tinggalnya di pedalaman dan jauh dari peradaban. Dan balik lagi, itu masalah pilihan saja. Mau belajar apa tidak? Mau aware apa tidak? Ya kan?

Jadi inget waktu dulu test pack nunjukin dua garis, aku langsung bertanya “bisakah aku jadi orang tua yang baik untuk anakku dan mendidik dia jadi anak yang baik?” Dan sampai sekarang pun aku masih menanyakan hal yang sama ke diriku sendiri. Soalnya anak itu tanggung jawab dunia akhirat. Dan kita yang akan mempertanggung jawabkan nya langsung ke Allah. Sssshhh.. makin merinding.com deh gw.. 🙁

Being a parent is one hell of a never-ending learning process. Apalagi buat gw yang ilmu nya masih cetek banget. Perlu banget untuk belajar dan menimba ilmu sama yang lebih berpengalaman. Kalau tahun lalu udah belajar tentang kesehatan anak dan keluarga di PESAT 12 Jakarta (dan sekarang lagi bantu-bantu untuk PESAT 13 Jakarta). Tahun ini mau belajar lebih banyak lagi tentang ilmu parenting dari ibu Elly Risman. Apalagi urusan pengenalan sex terhadap anak.

Di PESAT 13 Jakarta sendiri sih akan di bahas di sesi 2 dengan pembicara bapak Toge Aprilianto. Keren ya, nambah ilmu soal kesehatan anak dan keluarga, tapi juga bisa belajar tentang parenting juga. Bah, pantes aja sesi 2 Pesat 13 peminatnya segambreng. Cuman kan emang PESAT fokusnya ke kesehatan anak. Kita belajar banyak tentang tata cara menangani kesehatan yang umum. Dan terutama belajar gimana sih caranya nerapin RUM (Rational Use of Medicine). Eh ini rational ya bukan refusal. 😉

Nah untuk ada mamak-mamak kece yang tergabung di @supermomsid. Mereka akan ngadain seminar sama Ibu Elly Risman, gak cuman 1 tapi 4 seminar tentang parenting. Bicara tentang tantangan mendidik anak di era digital (topik 1), menghindari anak dari kekerasan seksual (topik 2), menghadapi anak kecanduam games (topik 3) dan gimana biar kita pede bicara sex dengan anak dan remaja (topik 4).

Tau ada seminar ini aku dan si mas langsung semangat ikutan. Sayang banget aku udah keburu berangkat ke Boston. Tapi untung si mas mau mewakili dan juga sangat semangat buat belajar soal ini. Nanti aku belajar dari si mas deh. So buat yang mau belajar bareng, monggo di follow twitter nya @supermomsid yah. Biar gak ketinggalan. Apalagi melihat antusias orangtua terhadap pendaftaran Pesat 13 kemarin, gak heran kalau tetralogy seminar ini bakal laris manis kayak kacang goreng juga.  🙂

7 thoughts on “Campur Aduk..

  1. evie says:

    I just red it yesterday dan sebagai Ibu yang punya anak perempuan, rasanya hancur banget hati ini. Gimana kalau itu anak saya? apa dunia udah segitu sebaliknya? c’mon he’s only 11yo dan bisa memerkosa. terlepas dari judgement saya terhadap orang tua si pelaku, jujur saya kasian sama anak itu. umur 11 tahun dia udah memerkosa, dikeluarkan sekolah karena nyolong, trus gimana 5, 10 atau 15 tahun lagi? padahal dia berhak kehidupan yang lebih baik, he’s only 11yo boy, lho.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    betul banget, he deserves better life.. Gimana nasibnya kedepan? 🙁

    [Reply]

  2. etty says:

    mbak anggi itu komennya aku yg nomor dua, salam kenal yaa..
    duh mba, sebenernya aku sendiri masih mules kalo inget kejadian sama sepupu itu (kejadiannya tahun lalu).
    Kayaknya memang pergaulan anak harus sangat dikontrol mba, karena sepupu ini termasuk anak yg temennya gak banyak dan maennya sama tetangga dan temen sekolah aja.
    tapi ya gitu, ternyata si tetangga itu dulunya jadi korban guru les silatnya disekolah.
    jadi yaaa si korban berubah jadi pelaku dan mengincar korban lainnya.
    sering baca di koran tapi begitu kejadian dikeluarga sendiri, mak jeder, dunia rasanya kiamat.

    maaf yaa jadi panjang lebar.. mudah-mudahan anak-anak kita selalu dalam lindungan Allah swt..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Amiin amiin ya robbal Al Amiin..

    Mbak Etty turut sedih sama sepupunya ya mbak 🙁 Semoga kita bisa selalu menjaga anak-anak kita ya dari semua yg jahat di dunia ini..

    [Reply]

  3. dini says:

    mba anggi aku ikut nimbrung yaaahh… iya mba itu aku pas tau kejadian seperti itu pas ikut seminar nya kelompok peduli anak ttg “PD Bicara SEX dg anak” pembicara ibu elly risaman.. beliau memaparkan kasus2 seperti itu, kt yg liat cm bisa bilang “astagfirullah”, ngelus dada, lemeess, n lgsg bikin strategi macam apa yg mesti diterapin buat buah hati kita…
    smoga Allah slalu kasih jln buat kita tuk slalu menjaga malaikat titipanNya itu yaa mbaa…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.