Arancini

Minggu depan Aghnan mulai sekolah di sekolah baru. Yang berarti, udah gak didampingi dan mesti bawa bekal ke sekolah untuk dimakan bersama-sama. Poin yang kedua ini yang bikin aku membuka kembali salah satu kitab suci MPASI aku dulu. Annabel Karmel yang Finger foods. Mulai di tandain beberapa resep yang bisa jadi kandidat bekal nya Aghnan (selain bekal standard macam, yoghurt, roti keju dan buah potong ya 😛 ). Dan salah satu yang aku semangat nyobain bikin ya resep Arancini ini.

Kalo gak salah dulu Meta pernah beberapa kali bikin ini dan her kiddos love it. Jadilah Jumat sore pulang kantor kita bereksperimen. Arancini ini basically itu risotto kasih keju trus goreng tepung. Masaknya gampang dan bisa dibekuin trus digoreng sewaktu-waktu deh. Persis kayak bikin chicken nugget 🙂 Harusnya sih pake beras yang dipake buat risotto (risotto rice). Cuman pake beras pandan wangi biasa juga oce kok. 😛

Arancini

Bahan: 1 sdm butter, 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 30 gram keju mozarella, 30 gram keju cheddar, 2 sdm keju parmesan, 500 ml kaldu ayam/sayuran, tepung terigu, 1 telur ayam, tepung roti, garam, merica, bubuk paprika, minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Lelehkan butter di wajan, masukkan bawang merah yang sudah dirajang. Aduk sampai bawang merah jadi transparan. Kemudian masukkan bawang putih yang sudah dirajang dan tumis sampai wangi.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, aduk sampai tercampur. Kemudian masukkan 400 ml kaldu. Aduk rata kemudian diamkan selama 20-25 menit (sambil 4-5 menit sekali diaduk ). Biarkan sampai beras menjadi empuk.
  3. Jika beras sudah empuk dan air kaldu sudah menyerap. Tuangkan sisa kaldu sampai habis, dan sampai semuanya terserap ke dalam beras.
  4. Jika sudah selesai, matikan kompor dan masukkan berbagai macam keju ke dalam wajan yang masih panas. Aduk sampai semua keju meleleh dan tercampur rata.
  5. Pindahkan nasi ke dalam piring ceper dan ratakan. Tunggu sampai hawa panasnya hilang, tutup dengan clingwrap dan masukkan ke dalam kulkas sampai mendingin semua.
  6. Jika sudah dingin, siapkan piring isi tepung terigu, piring isi kocokan telur, dan piring isi tepung roti. Campurkan satu pinch garam, merica dan bubuk paprikan ke dalam tepung terigu. Aduk rata.
  7. Bentuk nasi menjadi bola-bola, balur dengan tepung terigu, masukkan ke celupan telur dan akhiri dengan tepung roti. Lakukan sampai semua adonan habis.
  8. Panaskan minyak goreng dan goreng bola-bola sampai menguning.

Dan ini dia hasilnya:

Rasanya? Ya gurih-gurih keju gitu deh. Si bocah doyan. Cuman bola-bolanya harusnya dibikin lebih kecil jadi biar enak dipegang sama dia. Next time mozarellanya dibanyakin deh biar lebih goeeyy yummy.. 😀

4 thoughts on “Arancini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *