Japchae

Semenjak tinggal disini entah kenapa aku gak terlalu berminat makan makanan Jepang yang sushi sushi gitu. Padahal dulu di Jakarta sering banget nyushi. Udah masuk titik nadir bosan kali ya 😆 Chinese food juga gak terlalu doyan. Padahal dulu di Jakarta demen banget sama Duck King. Yang aneh, semenjak kesini malah demen banget makan makanan Korea. Kebetulan dikenalin restoran Korea deket kampus yang harganya lumayan bersahabat kalau makan rame-rame.Dan suka appetizer nya yang beragam ala makanan padang. Yang dikasih macam-macam tiap sebelum mulai makan.

Ditambah kalau belanja lebih seneng ke supermarket Korea (H-Mart) dibanding supermarket Cina di downtown. Seafood nya lebih segar-segar soalnya. Dan senangnya banyak banget bahan-bahan makanan Korea dijual disitu. Nah salah satunya bahan-bahan buat bikin Japchae. Japchae ini kesannya kayak bihun goreng ala Korea yang jadi favorit aku sama mas tiap ke restoran Korea. Intinya kayak bihun isi sayuran dan daging. Bihun buat Japchae ini namanya Dang Myun. Yang dibuat dari sweet potato/ubi. Dan untuk resepnya aku mengacu ke blog nya Maangchi (yang keren banyak resep Korea dan ada video tutorial nya). Cuman selama ngebuat aku test run rasa berkali-kali sampai nemu kombinasi yang pas antara asin dan manis nya. Oh iya untuk Soy Sauce nya aku sengaja beli yang Korea punya namanya Jinganjang

Japchae

Bahan: 150 gram Dang Myun, 1 cup bayam, 1 wortel ukuran besar, 1 bawang bombay, 150 gram daging sapi yang diiris tipis, 5 buah jamur shitake, 5 buah jamur putih besar, 7 daun bawang, 3 siung bawang putih, Jinganjang, brown/palm sugar, minyak wijen, minyak zaitun untuk menumis, sesame seeds

Cara Membuat:

  1. Potong-potong wortel seperti ukuran korek api. Potong jamur, bawang bombay tipis-tipis. Dan potong daun bawang kira-kira 7 cm.
  2. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan Dang Myun kurang lebih 4-5 menit. Untuk pas nya sebelum diangkat rasakan dulu Dang Myun nya apakah sudah cukup empuk untuk dimakan.
  3. Jika sudah tiriskan dan tempatkan di mangkok aluminium yang besar. Tuangkan Jinganjang dan Minyak wijen ke atas Dang Myun sampai merata.
  4. Rebus bayam selama kurang lebh 1 menit, tiriskan, iris tipis dan tempatkan di mangkok kecil. Campurkan Jinganjang dan minyak wijen sampai merata kemudian tuangkan ke dalam mangkok isi Dang Myun.
  5. Panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak zaitun. Tumis wortel sampai agak layu kemudian tuangkan ke mangkok isi Dang Myun. Lakukan hal yang sama untuk jamur putih dan daun bawang.
  6. Panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak zaitun. Tumis daging sapi dan jamur shitake bersama-sama. Tuangkan Jinganjang dan brown/plam sugar. Aduk sampai matang dan merata dan tuangkan ke dalam mangkok isi Dang Myun.
  7. Kemudian tambahkan Jinganjang, minyak wijen dan gula sampai rasanya merata ke dalam mangkok.
  8. Sajikan dengan taburan sesame seeds.

Dan inilah hasilnya. Not bad buat percobaan pertama. Si mas pun bilang lebih enak daripada yang di H-Mart. Huhuuuyyy 🙂

1-photo (3)

Bon Appetite!

2 thoughts on “Japchae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *