California Chapter: Carmel-by-the-sea, Big Sur and Pacific Coastal Highway

Dari mendaki bukit turuni lembah saatnya kita turun ke pantaaaii. It’s beach time!! 

Carmel-by-the-sea

Tadinya kita pengen nginap di St. Cruz atau Monterey. Tapi akhirya dapat penginapan diskon di Carmel-by-the-sea. Emang kadang nunggu booking last minute asoy juga. Soalnya bisa dapat penawaran bagus harga lebih murah 🙂 Kita sering sih denger Carmel. Baca di buku panduan Lonely Planet California kita, termasuk kota yang wajib kunjung. Dan ternyata gak salah. Kotanya kecil dekat pantai, isinya penginapan, restoran, butik dan cantiiik banget. 

Kita sampai sudah mau maghrib. Jadi kita check in dan langsung ngacir ke pantai dekat penginapan kita. Cakep juga pantainya. Yah walau gak seindah pantai di Indonesia. Jadi kepengen ke Raja Ampat. Karena kecapekan di jalan kita duduk-duduk di pantai sampai saatnya sunset.

IMG_0892-001

IMG_0899-001

IMG_0895-001

Di pantai itu ada beberapa yang bikin bonfire. Pasangan muda mudi pacaran dan pasangan lansia juga gak kalah ikutan jalan di pantai sambil gandengan. Romantis lah ya 🙂 Pengennya sih ikutan romantisan, tapi perut keruyukan. Jadinya kita cari makan dulu deh. 🙂 Walau kotanya kecil, tapi kalau pas musim panas rame banget. Ada restoran jepang terkenal, pas nyoba kesana, penuh banget. Nyobain restoran tetangga juga sama penuhnya. Sampai akhirnya nemu restoran sushi kecil yang alhamdulillah ada tempat buat kita.

Karena besok paginya harus jalan lagi, kita langsung istirahat dan besok pagi berangkat menuju Anaheim melewati Big Sur dan Pacific Coastal Highway.

More Pictures from Carmel-by-sea

Big Sur and Pacific Coastal Highway

Berhubung perjalanan dari Carmel ke Anaheim itu 6 jam, jadi kita pagi-pagi udah berangkat dari Carmel. Sebelumnya kita sempat mampir ke Los Lobos State Park, tapi waktu pagi-pagi kesana kabut masih tebel banget. Jadi gak keliatan apa-apa. 🙁 Sempet bete sih, apa iya sepanjang jalan ke Anaheim bakalan penuh kabut begini? 🙁 Akhirnya melanjutkan perjalanan ke Anaheim.

Sebetulnya ada jalur lebih cepat untuk menuju ke Anaheim. Tapi Pacific Coastal Highway itu pemandangannya fenomenal banget saudara-saudara. California 1 itu membentang dari utara sampai ke selatan, sepanjang California coastline. Dari Carmel ke Big Sur gak lama sebetulnya. Big Sur sendiri terkenal karena pertemuan pegunungan Santa Lucia dengan Lautan Pacific. Kontur tanahnya yang membuat pemandangan sepanjang jalan ini keren banget.

Alhamdulillah begitu agak siangan kabutnya turun dan pemandangan spektakular itu terlihat 🙂

IMG_0964-001

IMG_1002-001

Paling ideal menjelajahi Pacific Coastal Highway ini kalau kita turun dari utara ke selatan. Mobil kan jalan di kanan jalan karena setir kiri, jadinya langsung lihat laut. Lihat untuk tulisan Vista Point. Dijamin pemandangannya kece banget dari Vista Point. Perjalanan yang harusnya 6 jam jadi ngaret sengaret-ngaretnya karena kita banci mampir Vista Point buat foto-foto 😆

Sayangnya jarang bisa nemuin tempat makan kayak di Inter State. Restoran yang terkenal di Big Sur itu Big Sur Bakery. Pastry nya enak.

IMG_1032-001

Dari Big Sur Bakery gak lama kita berjumpa dengan Bixby Bridge yang terkenal. Tapi sayang kabut nya masih tebal banget. Dan kita lanjut jalan sampai nemuin pemandangan spektakular ini.

IMG_1024-001

This is a slice of heaven on earth 🙂 Definitely one hell of scenic view you must experience by yourself if you are in west coast USA 🙂 Melewati pegunungan Santa Lucia kita akhirnya sampai ke Piedras Blancas Elephant Seal Rockery yang pantainya terkenal tempat leyeh-leyehnya elephant seal.

IMG_1087-001

IMG_1085-001

IMG_1082-001

Piedras Blancas ini masih bagian dari Hearst Simeon State Park yang lokasinya gak jauh dari Hearst Castle yang terkenal. Kita mampir ke Hearst Castle untuk makan siang, tapi kita gak naik ke castle nya. Soalnya ngejar supaya bisa nyampe Anaheim tepat waktu. Hearst Castle ini semacam Castle Hill di Crane Beach. Jadi dulunya rumah kastil nya mega bilioner William Randolf Hearst yang akhirnya didonasikan ke California State dan dijadikan objek wisata. Banyak banget film hollywood yang menggunakan Hearst Castle sebagai salah satu set nya. Dan video clip Maroon 5 yang She Will Be Loved juga lokasi nya di Hearst Castle juga.

IMG_1096-001

More pictures from Big Sur and Pacific Coastal Highway:

Kita sampai di Anaheim sudah malam. Langsung istirahat dan gak sabar untuk mengeksplor Disneyland besok harinya. The original one!! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *