Mengisi Liburan

Aghnan sudah libur sekolah dan kita belum ada rencana liburan. Ya soalnya mumpung anaknya masih di TK jadi nanti liburannya September aja ya, supaya udah low season. Pokoknya menikmati masih bisa beli tiket liburan low season deh, nanti bolos berapa hari gpp lah ya mumpung masih TK hihihi. Nah buat mengisi liburan dan biar Aghnan gak bosen juga, jadi persis kayak waktu di Boston dulu antara jadwal main dan makan diselingi dengan kegiatan “belajar” kumon. Gak aku les in sih, soalnya terlalu berat aja. Kebetulan nemu series buku kumon kan yang bisa dibeli umum. Dengan itu aku sendiri bisa ngukur dan mantau perkembangannya si bocah dan menilai apa sih yang pas buat dia latih.

Belajar tanda petik sih soalnya worksheet nya lucu-lucu dan fun. Jangan ngebayangin kayak di drill begitu ya. Sebetulnya dia sudah belajar waktu di Nizamia, dan sehari-hari di sekolah juga mengerjakan worksheet begitu juga. Ini biar gak lupa aja. Lagipula sekalian ngajarin si anak kecil tentang target dan bonus reward. Jadi biasanya dikasih pilihan diawal, “eh lihat deh Bunda punya buku seru ya..” Biasanya dia tertarik karena warna-warni kan. Terus dikomporin kalau dia bisa ngerjain konsisten dia akan dapat reward dan bonus rewardReward nya ya pasti Aghnan akan lebih pintar daripada minggu sebelumnya dan bonus nya ya biasanya sih diajak ke playground yang dia mau apa. Atau biasanya kita bikinin itinerary wiken yang gak biasa buat dia. Kayak kemarin ke Kota Tua.  Tapi karena itu dibilang bonus, jadi walau gak ada bonus tetap dapat reward buat diri sendiri kan 🙂

Awalnya sih ya gitu deh bubar jalan karena si mbak ngajakin ngerjain kumon di depan TV dan duduk di kursi yang dia kurang nyaman. Yang aku belajar dari Aghnan adalah dia itu persis kayak aku kalau belajar. Semuanya harus dikondisikan dulu. No brainer lah kalau anak sendiri, pasti kalau gak mirip bapaknya ya mirip ibunya ya toh 🙂 Jadi disulaplah pojokan kecil di kamar belajar kita buat pojokan Aghnan. Jadi ditempel semua hasil karya dia selama di sekolah, kemudian ditata layaknya meja belajar mini aja. Percobaan awal anaknya langsung semangat. Gak pake ditawarin dia udah minta ngerjain Kumon. Ya mumpung ada willingness dari diri dia sendiri ya mari kita kejar momentum nya. Tapi biasanya kalau konsentrasinya udah mulai kemana-mana ya diudahin aja. Abis itu biasanya lanjut main atau baca cerita.

Selain dikondisikan tempatnya kemudian peralatannya juga disesuaikan dengan kebutuhan dia. Buat seumuran Aghnan itu kan yang penting konsep memegang alat tulis ya. Nah, kebetulan dapat tips bahwa pinsil ideal buat belajar awal itu yaitu pinsil segitiga kayak begini. Ada pori-pori nya jadi lebih ergonomic buat anak kecil. Di gramedia ada banyak bahkan dibedain buat Left Hand dan Right Hand. Yang aku beli buat Aghnan yang merk nya Stabilo.

Bahkan ada pinsil mekanik buat anak seumuran Aghnan loh kayak begini,  ujungnya gak tajam jadi aman buat anak kecil.

Anak kecil semangat banget dibeliin macam-macam. Tapi sih ya dia mah emang lucu, kalau meja belajarnya keliatan beda aja dia langsung nangkring disana minta kumon. Padahal cuman sekedar dibersihin doang sama layout bukunya berubah dikit langsung nangkring. Kayak Sabtu malam kemarin, padahal ya udah seharian jalan eh mau tidur malah nangkring lagi minta ngerjain kumon. Woi wiken woi.. 😛 Biasanya sih aku tawarin mau ngerjain yang mana? Dia sukanya ngerjain mazes sama lagi suka belajar bikin huruf dan angka. Itu emang favoritnya dia. Yang dia paling gak suka itu kalau urusan mewarnai dan gunting-gunting. Wkwkwkwk, ya mau gimana, akupun dulu begitu juga soalnya. Kalau emang dia udah mau ya udah, bisa berlembar-lembar abis dan harus di stop. Yah semoga punya motivasi dari dalam diri terus ya Nak. Amiin.

Nah peer selanjutnya adalah nyari aktivitas olahraga dan seni buat Aghnan. Sempat berpikir buat Rock Star Gym, tapi overkill gak sih buat anak kecil? Terus pengen masukin les piano juga di Yamaha (yang mana baru masuk Agustus nanti), renang, ngaji dan bela diri. Yuk banyak amat ya pengennya. Mari sortir pelan-pelan dulu deh.

4 thoughts on “Mengisi Liburan

  1. citra says:

    hai nggi…mau tanya..series kumonnya beli dimana?apa cuma ada di amazon? di indonesia ada gak?thank you…:)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Di Gramedia udah ada kok Cit. Atau kalau mau beli series komplitnya bisa liat facebook page https://www.facebook.com/kumonworkbooks reseller resminya di Indonesia. Ada nomor bbm nya dan aku pernah pesan langsung via bbm terpercaya dan barang nyampe sehari. 🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *