MPASI Perdana Argentyo

..dan itu dilakukan maju 3 hari dari Argen genap 6 bulan. Beberapa alasan sih. Karena Argen kayaknya akhir-akhir ini itu rungsing banget. Kayak gak kenyang-kenyang minum ASI ber liter liter. Tapi sih ujung-ujungnya karena Bunda nya harus konsinyering di akhir minggu jadi biar bisa menikmati milestone si kecil dimajuin deh MPASI nya. Wkwkwkwkwkwk. Gpp ya nak, toh cuman maju 3 hari aja. Hitungannya udah masuk bulan ke 6. 😛 Eh iya, masuk bulan ke 6 berarti kita sukses ASIX nih Argen!. Tos dulu kita baby.. 🙂

Berdasarkan yang sudah aku cerita sebelumnya, MPASI Argen perdana dengan golongan serealia. Yaitu Tepung Beras Merah 3 hari pertama dan Tepung Beras Coklat 3 hari berikutnya. Abis itu baru sayur-sayuran golongan umbi2an kayak ubi ungu, kabocha/labu parang, butternut squash terus baru buah-buahan.

Nah waktu Aghnan kan aku pakai gasol. Sekarang aku mau coba bikin sendiri. Dari bukunya MPASI Perdana Cihuy! (dari mbak DP yang hitz banget) diterangin cara buat Tepung Beras sendiri. Berikut cara-caranya:

Tepung Beras Merah/Coklat

Bahan yang dibutuhkan: Beras Merah dan Beras Coklat (prefer yang organik, supaya bebas pestisida).

Peralatan yang dibutuhkan: Dry Mill (blender untuk menggiling beras), Wajan, Sutil, Saringan, Wadah Penyimpan Kedap Udara, Tampah, Tissue Dapur

Cara Membuatnya:

  1. Rendam beras merah dan beras coklat di dalam air matang selama 24 jam. Menurut buku MPASI Perdana Cihuy! Proses perendaman ini dilakukan mengurangi zat phytate yang dapat menyebabkan susah diserapnya kandungan mineral yang terkandung di dalam beras seperti (besi-Fe, seng-Zn dan kalsium-Ca). Tanda proses perendaman ini berlangsung baik, muncuk bau peragian dari air rendaman.
  2. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan sampai kering. Aku pribadi menjemur beras (jika ada sinar matahari langsung yang baik) dengan menaruh  keatas tampah yang sudah dilapisin lap bersih dan tissue dapur untuk menyerap air.
  3. Setelah beras kering giling sampai halus menggunakan dry mill. Kemudian sangrai untuk sterilisasi tepung beras.
  4. Saring sambil dimasukan ke dalam wadah penyimpan kedap udara yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian masukan ke dalam lemari es agar tepung beras lebih awet.

Taraaa, gak terlalu susah ternyata kan. Kemudian cara membuatnya menjadi bubur tepung beras gampang. Campur 2 sdm tepung beras dengan 150-200 ml air (tergantung kadar kekentalan yang diinginkan) aduk sampai rata, kemdian panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai matang dan kental. Untuk MPASI perdana, campur dengan ASIP supaya ada rasa yang familiar.

IMG_5125

Karena MPASI perdana jadi mood Argen tak jaga banget deh. Diboboin dulu abis mandi supaya anteng. Kemudian dikondisikan supaya Argen nya nyaman. Tadinya kan mau didudukin di bumbo seat. Udah disewa minggu lalu dan masih muat dicobain duduk di Bumbo. Eh malah tadi pas mau makan dicobain duduk, udah gak muat. Heh? Piye dek? Naik lagi beratnya? *pingsan*.

Akhirnya berhubung high chair nya belum sempat dibersihin, alhasil duduk di bouncer deh. Yang penting kalau makan duduk ya nak. Lesson number 1. 😛  Dari kemarin sih adek udah di teasing terus-terusan. Terus pas kita makan dikecap-kecap di depan dia sambil ngomong “ummm enyaaak.. yumm.. makan enaaakk..”. Berharap akan diinget Argen dan ditiru sama dia. Hasilnya?

IMG_5127

Alhamdulillah MPASI perdana lancar jaya. Mulutnya nyari sendok minta makan. Awalnya sih berasa aneh tapi abis itu lancar banget. Gak sampai 20 menit, abis. Bah, keren abis dek. Semoga seterusnya begini ya. Kalau kamu doyan makan wah bunda semangat banget pengen kasih kamu macam-macam.. 🙂

IMG_5128

Semoga hari pertama bukan sekedar PHP in Bunda ya. InsyaAllah kamu makannya pintar, makan apa saja mau supaya cepat besar dan makin pintar. Amiin.. 🙂

7 thoughts on “MPASI Perdana Argentyo

  1. Venice says:

    Halo mba, salam kenal.. Anakku jg 2 hari lg mpasi nih, hehehe deg2an jg nih takut drama gtm. Mba aku mau tanya, itu panci masaknya bahan ceramic kah? Utk baby bagus bahan itukah dibanding stainless?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Halo Venice, panci yang aku pakai bukan ceramic mbak. Itu panci dari baja/enamel mbak. Beli di IKEA namanya KASTRULL..

    [Reply]

  2. Putri says:

    Hi mba Anggi, aku mau tanya pendapat mba Anggi tentang bubur baby instant

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi Putri..
    Gak haram sih yang jelas. Tapi layaknya makanan instant yg lain, pasti ada pengawetnya dan pasti gak bebas dari kandungan gula garam. Sebisa mungkin sih selama anak masih dibawah 1 tahun, hindari gula garam dulu, at least itu prinsip gw karena gw percaya makanan yang diberikan selama masa bayi merupakan dasar untuk kebiasaan dan perilaku makan saat dewasa. Tentunya kalau kepepet dan sekali-kali gpp (teori praktisnya), walau pada prakteknya pengalaman kakaknya dulu gak pernah sih selama bayi-balita dikasih makanan instant. Diusahakan kasih yang fresh lah. But then again pilihan masing-masing ibu yaaa.. 🙂

    [Reply]

  3. Natasha says:

    Halo mbak, baru ngeh kalo mau bikin tepung beras sendiri harus direndem, giling, sangrai dulu ternyata ya,, trus gilingny kalo ga ada dry mill, pake food processor bisa ga? Anakku baru 3 hari mpasi, lagi dicobanya bikin bubur dr beras langsung (trus dihalusin).. Thanks infonya yaaa..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Sebetulnya proses merendam beras sebelum dibuat tepung untuk memecah enzim (lupa namanya) yang ada di beras supaya berasanya lebih mudah dicerna sama si baby. Kalau gak ada drymill di tumbuk pakai ulekan bisa, pakai food processor mungkin bisa juga (gak pernah nyobain). Kalau bikin bubur dari beras langsung kemudian dihalusin hummm teksturnya itu yg mgkn masih terlalu kasar ya buat baby. But then aku gak pernah nyobain juga sih mbak. Hehehe mbak cobain nanti cerita ya anaknya suka apa gak. 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *