Beautiful Spain Part 8: The Old Capital Toledo

Toledo adalah kota yang berlokasi kurang lebih 1 jam dari Madrid jika menggunakan mobil. Dulunya kota Toledo ini adalah ibu kota dari Spanyol. Julukan untuk Toledo antara lain “Imperial City” karena dulu Charles V of Spain memerintah dari Toledo. Selain itu Toledo juga disebut “City of Three Cultures”. Karena dulu, kaum Muslim, Nasrani dan Yahudi hidup rukun berdampingan disini.

Kota Toledo sendiri itu tidak terlalu besar, tapi cantik banget. Seluruh kota dikelilingi tembok yang sudah berdiri ratusan tahun. Karena kondisi kota masih menjaga bangunan lamanya maka kota Toledo dideklarasikan sebagai salah satu World Heritage Site oleh Unesco tahun 1986.

Enaknya mengeksplorasi Toledo ini pasti sendiri. Kalau bisa pake nginep bahkan di Toledo nya. Tapi karena keterbatasan waktu jadinya aku ngambil Half Day Trip Tour dari Madrid. Kita pergi di hari terakhir aku conference, karena selesai sebelum makan siang.

Karena tur, jadinya ya jujur aku kurang puas mengeksplorasi Toledo. Kita cuman mengunjungi beberapa situs di area kota Nasrani dan Yahudi. Sayangnya gak sempat mengeksplorasi area Toledo yang dulunya pemukiman kaum Muslim. Dulu itu 3 agama hidup rukun di Toledo dibawah kepemimpinan kaum Moor (pimpinannya Muslim). Itu bisa dilakukan sampai adanya perubahan rezim (Reconquista).

Jaman itu kaum Muslim itu adalah kaum berpendidikan yang disegani. Arsitek yang jago-jago juga berasal dari kaum Muslim. Oleh karena itu kalau ke Toledo, kita bisa lihat Gereja atau Synagoge yang dibangun dengan arsitektur khas Islam. Karena yg tukang gambar yg jago waktu itu ya orang Muslim. Jadi indah kan perpaduan itu. Menghasilkan sesuatu yang khas. Kayak dua gambar dibawah.

Toledo menutup perjalanan kita di Andalusia. Meniti jejak-jejak Islam di daratan Spanyol. Sungguh hati tergetar melihat achievement yang sudah dicapai oleh umat Islam pada masa itu. Tidak ada yg picik dan SARA. Keilmuan yang digali dan dipergunakan dengan baik. Semoga bisa ada kesempatan mengajak duo A untuk menjelajah Andalusia lagi. Harapannya mereka bisa terinspirasi dan bermimpi lebih tinggi lagi. Amiin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.