Apa saja sih isi Seserahan ?

Seserahan itu sebenarnya merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak keluarga wanita. Untuk adat istiadat Jawa, seserahan biasanya diberikan pada saat malam midodareni atau untuk adat istiadat Sunda, seserahan biasanya diberikan pada saat ngeuyeuk seureuh. Namun tak jarang yang memberikan seserahan pada saat akad nikah.

Banyak yang tanya apa saja sih isi Seserahan. Untuk adat Jawa, seserahan yang wajib adalah pakaian untuk wanita dari atas sampai bawah. Singkatnya sih macam kebaya (bahan kebaya) dan kain jarit bawahannya.

Berikut adalah tips-tips dalam menyiapkan seserahan :

  1. Sebaiknya dibuat daftar-daftar barang yang akan dibeli. Selain baik untuk proyeksi budget, bagus juga untuk menentukan kapan sebaiknya mulai membeli barang-barang tersebut. Bisa disesuaikan dengan musim sale yang ada.
  2. Setelah daftar dibuat dan budget ditentukan, sebaiknya barang seserahan dapat mulai dicicil untuk membelinya dari jauh-jauh hari. Selain meringankan secara finansial karena tidak keluar sekali banyak, dapat meringankan beban pikiran juga. Dan memilih bisa lebih rileks dan tidak terburu-buru.. πŸ˜‰
  3. Terutama untuk adat Jawa : Seserahan baiknya dalam jumlah ganjil sebesar 3,5,7,..13..25..39.. Terserah saja yang penting ganjil. Besarnya jumlah seserahan terserah pihak mempelai wanita. Wehehehe.. Maksud gw terserah kesepakatan bersama saja.. πŸ™‚
  4. Hantaran balasan dari pihak perempuan ke pihak laki tidak boleh lebih banyak dari seserahan pihak laki-laki ke perempuan. Dalam kasus saya sih, karena masih Jawa banget, jadi cuman kasih kancing gelung, kue serta buah ke mas. πŸ˜›
  5. Sebaiknya membeli barang-barang seserahan bersama-sama dengan mempelai wanita . Kalau ibu mempelai pria ingin ikut serta membelikan tetap harus disertai dengan kehadiran mempelai wanita. Kenapa begitu ? Well, kan seserahan itu kan ujung-ujungnya buat mempelai wanita. Jadi harus sesuai dengan selera mempelai wanita. Kalau disesuaikan dengan selera ibu mempelai pria takutnya tidak sesuai selera nya. Yaah beda jama, beda generasi , pasti beda selera lah yaaa.. πŸ™‚
  6. Beli kotak / wadah hantaran sesuai dengan selera kita. Tidak perlu mahal yang penting cukup menempati barang-barang seserahan yang ada. Tidak terlihat/ tampak sumpek ketika kita menempatkan barang-barang seserahan tersebut pada kotak.
  7. Jika ingin menggunakan jasa hias seserahan minimal 2 minggu sebelum hari H harus menyerahkan ke tempat hias seserahan. Supaya terburu-buru pengerjaannya dan hasil maksimal.

Naah itu tadi tips-tipsnya. Pertanyaan selanjutnya, biasanya apa saja sih isi seserahan ? Oke ini aku kasih gambaran besarnya yaah :

  1. Pakaian : Kebaya dan Kain/ Baju Kerja / Baju Pesta
  2. Alat-alat perawatan tubuh : Body Lotion, Sabun, Shampoo, Body Splash
  3. Make Up : Pelembab, Foundation, Bedak, Lipstik, Blush on, Eye Shadow, Eye Brow, Eye Liner, Maskara
  4. Sepatu/Selop
  5. Tas
  6. Pakaian dalam / Baju Tidur / Lingerie
  7. Perhiasan/Jam Tangan
  8. Parfum
  9. Makanan dan buah

Untuk makanan bisa berupa kue-kue kering, atau lebih baik lagi seperti jadah, jenang, wajik yang lengket-lengket gitu deh. Kata orang Jawa sih biar selalu lengket dengan pasangan. Hihihi..

Terus untuk buah, ada 2 buah jeruk gulung sebagai lambang telah gemulung (bertekad bulat). Pisang ayu sebagai lambang sedyo rahayu (sejahtera).

Harus segitu ? Yaaah bisa kurang bisa lebih. Balik lagi kembali ke budget. Kalau aku siih yaaah kurang lebih segitu lah yaaa.. Lebih dikit deeeh.. πŸ˜› Oh buat yang bingung soal jasa hias hantaran ini ada beberapa rekomendasi. Yaitu Istje Souvenir, House of Seserahan dan The Box. Agak mahal tapi hasilnya ga usah ditanya. Bagus-bagus dan lucu. πŸ™‚

31 thoughts on “Apa saja sih isi Seserahan ?

  1. joe says:

    Mau tanya nih,mbak. Kalo untuk seserahan/hantaran yg bentuknya uang,perkara jumlahnya bagemana? siapa yg menentukan?
    Thanx a lot.

  2. Gia says:

    Mba Anggi..salam kenal ya^^ baca blog nya nambah informasi banyak buat aku yg sedang mempersiapkan pernikahan…^^ aku bener2 blank banget soalnya..baru mulai mau nyiapin dan bingung banyak yg mesti disiapin..hehe…mulai skrg aja udh semangat mikirin seserahannya..hahaha=D

  3. dad says:

    mau nanya nih mba….
    kalo seperangat alat sholat di jadiin buat seserahan bagus gk sih???
    kan yang sy tau kalo seperangkat alat sholat di jadiin mas kawin kan berat “.
    tau kan?!
    Nah kalo buat seserahan gimana???

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @dad
    aku waktu nikah seperangkat alat sholat dijadikan buat seserahan. Kalau mas kawin nya emas. Soalnya menurut sunah nabi mas kawin itu harus yang mempunyai nilai investasi.. πŸ™‚

  4. agsa putri karina says:

    ass……aq ni mw nikah,tp masih bingung nslh seserahan n kebaya.ada yg mw bantu ga?thanks……

    Anggraini Widjanarti Reply:

    Mau bantu apa ? Bantu nyariin ? Ya minta tolong calon suami dunk ? Bantu beliin ? Lah itu kan tugasnya calon suami juga ?

  5. Septiana says:

    iya nih mbak, aku bingung banget dah mendekati hari H.. ya kurang 1 bulan lagi sih.. deg, deg, deg…

  6. putri says:

    mau nikah nich mb,.tapi masih bingung soal seserahan..
    kebetulan pake adat jawa,.
    yang dimaksud dlm jmlah ganjil gmn siy mb??bingung..
    atw mgkn msl pake angka gnjl 13,.mksudnya 13 box gitu yach?hehe..
    untuk cincin pernikahan n seperangkat alat sholat termasuk dalam hitungan jg mb??
    aduhh,..keynya ak kok bego gini yach mb.???

    kl angsul angsul hrus yach??soalnya dari pihak mas pengennya nda ush aj..:D

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @putri
    angsul angsul gak wajib sih sebetulnya.. kalau jumlah ganjil itu ya box nya. Kalau cincin pernikahan itu gak termasuk. Seperangkat alat sholat kalau tidak dijadikan mahar berarti masuk hitungan..

  7. oppie says:

    Asmk,,,
    Thnx,,ya mba. infonya,,sekarang aku lagi persiapan buat walimah nih,,
    Bingung bgt calon suami anak rantauhan semua seserahan seharusnya yang beli keluarga Pria tetapi calon suami ku nyerahin ke aku,,pusing deh,,barang2 di drop di rumah ku semua,,,
    thnx lagi buat infonya,,doain moga lancar,,acara walimah 3 April ’10 nih mba..heee..(informasi aja+doain moga lancar semuanya) πŸ™‚
    wass..

  8. sinta says:

    mau tanya ya mba….. utk make up, harus satu merk gak sich? soalnya bedak, blush on, maskara, eye shadow,dll biasanya beda merk semua yg aku pake….

Comments are closed.