Ternyata Namanya Baju Lakha..

Jadinya kan akhirnya foto pre wed studio kita jadinya Sabtu ini. Semoga tidak mundur lagi ya. Waktu itu diundur karena Teh Nea (make up artis nya Payu) gak bisa karena sedang megang make up untuk Wedding. Secara kita juga tidak terburu-buru, jadinya ya sudah tak apa lah kalau diundur. Dimundurin seminggu doang sih, cuman persiapan dari kita berdua kayanya lemot banget. Sabtu mau pre wed, sampai kemarin kostum belum siap semua. Aku saja sampai kelupaan buat ambil kain jarik yang sudah di wiron di penjahit. Duh.. dudul sekali yaa akhir-akhir ini..

Kebaya aku sih sudah ready, si mas juga sudah beli jas dan kemeja baru spesial buat pre wed ini. Tapi kan berhubung nanti akan ganti kostum jadi 3 kali. Nah kostum nya si mas ini yang belum lengkap. Rencananya si mas akan 3 kali ganti kostum. Dengan jas, Teluk Belanga dan batik. Yang Teluk Belanga ini yang rada ribet, soalnya kan kudu sewa. Bingung sewa dimana, akhirnya tanya-tanya tantenya si mas deh. Akhirnya disarankan ke Sanggar Diyah di daerah Rawasari.

Kemarin malam akhirnya disempatkan kesana. Sebelumnya si mas sudah janjian dulu dengan Ka’ Dede (anaknya yang punya sanggar). Ternyata Sanggar Diyah ini spesialis sanggar untuk adat Aceh. Bahkan kalau lihat foto-fotonya, Vira Yuniar sama Teuku Ryan waktu nikah juga pakai Sanggar Diyah ini. Emang sih, tantenya si mas juga bilang begitu, kalau mau cari pakaian pengantin Aceh yang paling bagus se Jakarta ya di Sanggar Diyah ini.

Ka’ Dede baik dan enak banget diajak ngobrol. Pas ngobrol-ngobrol akhirnya dijelaskan deh pakaian Teluk Belanga yang kita mau itu ternyata namanya Baju Lakha (khas Aceh) atau Laka yaa ? Gak tau ejaan tepatnya juga sih. Anyway, Baju Lakha itu ternyata nama baju adat Aceh buat cowoknya. Semacam kaya Beskap Demang atau Teluk Belanga gitu. Tadinya kan dipikir sama saja ya dengan Teluk Belanga, ternyata beda bo. Teluk Belanga itu khas Melayu.

Sewa baju Lakha di sana hanya 100k IDR saja. Sudah dapat jas, peci, asesoris (yang ditaro di kantung depan) sama kain songket. Pas si mas cobain, alhamdulillah pas badan banget. Yippiee !! Langsung deh sewa. Tadinya aku mau sewa songket buat aku juga sih. Harganya kalau buat cewek sekitar 250k IDR untuk songket bawahan cewek dan cowoknya juga. Cuman aku mikir, pasti repot deh makenya. Gak bisa sendirian kalau pake songketnya . Terus pas kemaren dicobain juga sama ka’ Dedek ke aku. Humm pantat kok jadi tampak lebih bohay dari biasanya yaa.. Umm.. yo wes lah, aku mending pakai jarik saja. Lebih keliatan singset dibanding pakai songket. Hihihihi.. 😛

Akhirnyaa selesai juga deeh urusan kostum Pre Wed. Tinggal besok pagi sebelum ke studio beli rose dulu buat asesoris sanggulku nanti..  Buat nanti-nanti kayanya aku sama mas mau main-main ke Sanggar Diyah lagi deh. Soalnya mau fitting baju pengantin Aceh nya si mas. 🙂

Buat yang cari Sanggar Rias Adat Aceh bisa ke Sanggar Diyah yang ada di :

Jl. Rawasari Timur III/14
Jakarta Pusat
Telp : 0818 111 058 / 021 3053 3776

One thought on “Ternyata Namanya Baju Lakha..

Comments are closed.