Prosesi Bubak Kawah Dan Kerusuhan Yang Akan Terjadi.. ;)

Setelah kemarin aku cerita tentang prosesi Tumplak Punjen, sekarang aku mau cerita tentang prosesi Bubak Kawah nii. Jadi ini salah satu prosesi yang akan aku lalui dalam acara Panggih nanti. Makna dari prosesi ini adalah untuk membuka jalan atau mantu yang pertama. Upacara ini dilaksanakan ketika orang tua mantu pertama dan mengandung makna pernyataan syukur kepada Tuhan dan mohon kepada Tuhan agar pengantin diberikan kekuatan jasmani dan rohani.

Bubak Kawah sendiri itu bentuknya seperti tandu yang diisi dengan berbagai macam barang. Biasanya sih barang-barang peralatan dapur. Seperti panci, piring, sendok, teflon dan lain sebagainya. Berikut adalah bentuk bubak kawah yang sudah dihias. Ini diambil dari multiplynya Istje Collection. Mbak Iis, numpang kopi ke blog yaa 🙂 :

bubak kawah yang menggoda untuk diperebutkan.. :)

Nah prosesinya Bubak Kawah itu sendiri kurang lebih seperti ini :

  • Pertugas memikul bubak kawah menuju tempat pelaminan, kemudian pengantin pria dan wanita akan memeriksa kelengkapan bubak kawah.
  • Kemudian bubak kawah akan dibawa petugas ke depan tamu-tamu untuk diperebutkan.

Huehehehe kebayang dunk rusuhnya. Soalnya mitosnya, kalau berhasil mendapatkan barang dari Bubak Kawah buat yang masih gadis biar enteng jodoh, atau yang sudah punya anak gadis biar enteng jodoh juga anak gadisnya. Biar ketularan gitu. Tapi kan percaya gak percaya. Dulu sih nyokap gw senang ikut bubak kawah biar bisa dapat teflon gratisan. Huekekekekekeke… 😆 Buat keluarga pengantin sih hitung-hitung bagi-bagi rejeki juga ke para tamu yang sudah datang.

Yang berat sih petugas pembawa bubak kawah itu. Biasanya dia akan terjebak di kerumunan ibu-ibu dan kebingungan sendiri. Ahiahiahiahiahiahia… 😆 Petugas pembawa bubak kawah biasanya dilakoni oleh saudara kandung pria pengantin wanita yang belum menikah, yang berarti disini adek gw tercinta dunk (yaa syapa lagi coba, secara aku cuman dua bersaudara 😛 ). Huahahahahaha siap-siap ya Go.. 😀

Tapi yang bikin aku sedikit takut.. Hmm kan buat keluarga aku yang Jawa totok sudah biasa banget ya dengan prosesi seperti itu yaa. Cuman aku worried nih, gimana kesan keluarga Sumatra nya si mas ya ? Nanti shock lagi melihat kerusuhan orang-orang berebutan bubak kawah. Apalagi Oma-Oma dan Opa-Opanya si Mas yang sudah sepuh. Hmm posisi duduk mereka juga harus diperhitungkan juga, biar tidak shock dan terganggu. Duh PR lagi niiih… Nyeh..nyeh..nyeh..

Hehehe tapi walaupun begitu, prosesi-prosesi inilah yang membuat aku semakin excited menjelang hari H nanti.. 🙂 Jujur yah, aku tidak merasa semua prosesi adat ini merepotkan. Aku malah melihatnya sebagai hal yang sangat menyenangkan. Keribetan-keribetan ini kan semuanya bagian dari Adat Istiadat yang membuat budaya kita indah, unik dan spesial. Hitung-hitung kita berpartisipasi melestarikan budaya kita sendiri bukan ? Mangkanya aku suka gak ngerti dengan orang-orang yang suka ngeluh. ‘Duh mau nikah aja repot sih.. ‘, ‘Duh banyak amat sih prosesinya..’ atau ‘Kenapa mesti ribet banget sih.. ?’. Yak, kelihatan banget kan generasi instan kayak apa kita ini ? Maunya semuanya serba instan dan cepat, padahal menikah ini kan kejadian yang insyaAllah seumur hidup sekali masa dibuat repot sedikit seumur hidup sekali saja gak mau sih ?

Pokoknya walaupun terlihat ribet, jika memang niatan kita baik dalam melakukan semua itu, terus selalu berpikir positif, insyaAllah deh akan selalu dipermudah jalannya oleh Allah SWT.. Amiin.. Amiin.. Ya Robbal Alamin.. 🙂

10 thoughts on “Prosesi Bubak Kawah Dan Kerusuhan Yang Akan Terjadi.. ;)

  1. ika says:

    halow mba anggi..cuma mw nanya kan mba anggi kyk’y lengkap bangt acara adatnya,acr adat’y pas resepsi atw setelah akad nikah?aq juga pngn adat jawa lengkap tp takut kelamaan kasian bwt tamunya…aq juga minta harga paket kamaratih dan hikari dong mba..he he bnyk bngt ya..email ke ika_widya_1209@yahoo.com…thanx alot ya

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @ika
    acara panggihnya itu setelah akad nikah. Aku insyaAllah akad nikah di rumah pagi hari baru malamnya resepsi di gedung.. 🙂 Udah aku email ya..

  2. sulfi says:

    mbak, aku juga minta paket kamaratih donk, oya untuk acara bubak kawah kalo sepupu bisa gak ya? atau saudara kandung pihak lelaki. karena aku anak tunggal.
    thx before, jgn bosen ditanya yah, abis informatif abis sch hehehe…
    oya emailku sulfi_angyoe@yahoo.com

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @sulfi
    Sudah aku email yaa.. Kalau dirimu anak tunggal (seperti mamaku dulu) boleh sama sepupu mu say atau saudara kandung pihak lelaku juga gpp ko.. 🙂

  3. chita says:

    Anggi, aq jadi inget ma kawinannya mbak sepupuku awal taun lalu. Aq ma adik2 sepupuku ngiket printilan2 itu ke pikulannya pake tali rafia dengan rapet banget, karena bayangan qta klo nggak rapet takut lepas (cz qta nggak ngerti yg seharusnya gimana). And on the D-nya wuaahhh tamunya harus narik dengan sekuat tenaga, dan yang terjadi lebih dari kerusuhan dan setelah 15 menit pikulannya udah nggak berbentuk lagi-patah- dan cowo yang ngebawa pikulannya sempet shock juga, maklum yang ngerebutin kowal dan istri prajurit hehehehhehe 😀

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @chita
    Huaduuh kebayang tuh situasinya.. Yang stres pasti cowo yang bawa pikulannya… Huehehehehe.. 😀

  4. teeKa says:

    Bu..membayangkan aja,,psti seru bgt. Tp mo nanya niih… Gmn urutan acara adatnya? Trs pake nginjek2 telor gt jg? Mamaku jg pgn pake acara adat, tp kayanya g selengkap dirimu deh… Hehe…
    Sukses ya,say…

    Anggraini Widjanarti Reply:

    Hi Teeka
    Urutan acara adat bisa diunduh lengkap disini say : http://lovejournal.widjanarti.com/wp-content/uploads/2008/11/template-panduan-pernikahan-adat-jawa-v3.doc .
    Disitu jelas ditulis urut-urutan acara dari mulai pengajian, siraman, midodareni, akad nikah, panggih sampai resepsi.
    Semoga sukses ya say.. 🙂

Comments are closed.