Mulai Senut-Senut..

Dulu waktu awal kehamilan yang hobi senut-senut itu kepala aku. Beuuh kalau pusingnya menerjang onde mande deh rasanya.. Naah menginjak trimester kedua nih yang mulai senut-senut itu payudara ku tercinta. Yes, kalau diskusi sama teman-teman sesama bumil dan bususui (ibu menyusui) memang itu tanda-tandanya kelenjar payudara kita mulai berkembang.

Kelenjar payudara kita mulai berkembang diikuti dengan ukuran payudara yang ikut berkembang juga (alias jadi tampak lebih besar).Hehehe kalau yang terakhir ini biasanya kaum Ayah yang bahagia.. 😆 Apalagi biasanya perkembangan ukuran payudara bisa bikin kaum Ibu naik satu ukuran cup. 😆

Nah rasa senut-senut nya ini beda-beda. Ada temanku yang ngerasain pas trimester ketiga. Ada juga yang dari trimester pertama. Kemudian ada juga yang pada bulan kelima air susu nya sudah mulai berproduksi. Macam-macam dan kondisinya nampaknya berbeda untuk masing-masing bumil.

Kayanya pemilihan bra yang tepat sangat penting ya. Soalnya aku sendiri merasa sudah tidak nyaman dengan semua bra yang ada. Selain merasa sudah sempit (sekarang kalau pakai bra udah di kait yang ketiga) dan modelnya pun sudah tidak sesuai (koleksi bra ku banyak yang push up dan pakai kawat). Nampaknya dalam waktu dekat akan merajuk hubby untuk shopping bra ini deh. Wekekekeke..

Idealnya kita harus pilih bra yang tidak ketat atau longgar tapi dapat menopang payudara kita. Hindari pemakaian bra yang ketat, soalnya akan menekan pertumbuhan kelenjar payudara kita. Kemudian pilih bahan yang nyaman dipakai dan menyerap keringat (contoh: katun). Nanti kalau sudah pada akhir-akhir kehamilan ada baiknya sudah mulai membiasakan diri dengan bra menyusui.

Oiya, berikut ada tipe perawatan payudara selama kehamilan. Ini diambil dari blog nya ilhamicha . Semoga bermanfaat ya 🙂

Perawatan payudara selama hamil memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Menjaga kebersihan payudara terutama kebersihan puting susu.
  • Melenturkan dan menguatkan puting susu sehingga memudahkan bayi untuk menyusu.
  • Merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI banyak dan lancar.
  • Dapat mendeteksi kelainan-kelainan payudara secara dini dan melakukan upaya untuk mengatasinya.
  • Mempersiapkan mental (psikis) ibu untuk menyusui.

Bila seorang ibu hamil tidak melakukan perawatan payudara dengan baik dan hanya melakukan perawatan menjelang melahirkan atau setelah melahirkan maka sering dijumpai kasus-kasus yang akan merugikan ibu dan bayi. Kasus-kasus yang sering terjadi antara lain:

  • ASI tidak keluar. Inilah yang sering terjadi. Baru keluar setelah hari kedua atau lebih.
  • Puting susu tidak menonjol sehingga bayi sulit menghisap.
  • Produksi ASI sedikit sehingga tidak cukup dikonsumsi bayi.
  • Infeksi pada payudara, payudara bengkak atau bernanah.
  • Muncul benjolan di payudara, dll.

Kasus-kasus tersebut insya Allah bisa dicegah dengan melakukan perawatan payudara atau susu sedini mungkin. Berikut ini perawatan payudara atau susu yang bisa dilakukan:

a. Umur kehamilan 3 bulan

Periksa puting susu untuk mengetahui apakah puting susu datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu secara perlahan. Puting susu yang normal akan menonjol keluar. Apabila puting susu tetap datar atau masuk kembali ke dalam payudara atau susu, maka sejak hamil 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol.
Caranya adalah dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit.

b. Umur kehamilan 6-9 bulan

  • Kedua telapak tangan dibasahi dengan minyak kelapa.
  • Puting susu sampai areola mamae (daerah sekitar puting dengan warna lebih gelap) dikompres dengan minyak kelapa selama 2-3 menit. Tujuannya untuk memperlunak kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu sehingga mudah dibersihkan. Jangan membersihkan dengan alkohol atau yang lainnya yang bersifat iritasi karena dapat menyebabkan puting susu lecet.
  • Kedua puting susu dipegang lalu ditarik, diputar ke arah dalam dan ke arah luar (searah dan berlawanan jarum jam).
  • Pangkal payudara dipegang dengan kedua tangan, lalu diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari.
  • Pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetas.
  • Kedua puting susu dan sekitarnya dibersihkan dengan handuk kering dan bersih.

Yak, nampaknya akan saya coba praktekan. But first thing first sih.. Beli bra baru yang nyaman, cause what I’ve got right now is killing me.. 🙂

[thumbnail image]

11 thoughts on “Mulai Senut-Senut..

  1. Wian says:

    Klo gw udah mulai cenat cenut semenjak awal hamil bu. Skrg pun ukuran bra gw udah naik 1 ukuran. huehehe…. jadi skrg punya hobby baru yaitu blanja baju hamil ma CD + Bra dgn ukuran lbh besar 😀

    Klo puting payudara, gw udh mulai bersihin keraknya dari skrg. Krn udah mulai ada keraknya sedikiiitt…. tapi pake air aja. Krn katanya klo bersihin pake sabun ntar bisa kering *jadi klo mandi, bag puting gak pnh gw sabunin*.

    Trus pengecekan puting menonjol atau gak juga sdh daku lakukan. Alhamdulillah slalu menonjol. Yg gw ngilu itu ya Nggi, di usia kehamilan 6-9 bulan kan ada puting susu yg ditarik dan diputer tuh. Gw ngabayanginnya ngilu bgt… 🙁

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gw juga udah cenat cenut dari awal sih say.. Cuman akhir-akhir ini makin seru. Kaya mau meledak rasanya.. Dari biasanya gw pake bra di kait paling dalam. Sekarang udah kait paling luar. Dan semakin gak nyaman karena kayanya ukuran cup juga udah berubah.
    Aku juga alhamdulillah puting selalu menonjol. Soalnya ada cerita mantan ibu bos, putingnya gak menonjol. Jadi gak bisa nyusuin anak2nya sama sekali. Gak kebayang ngilunya.. Hueeee..

    [Reply]

  2. aini says:

    iya,saat dada lg membesar gini & udh senut2, salah-1 obat terbaiknya adlh bra baru yg enak 🙂 kmrn aku hbs berburu bra di plangi, dapet bra khusus breastfeeding yg juga berbentuk push-up, nyaman bgt.. lumayan buat investasi pas nanti menyusui skaligus menyangga payudara dg bagus&enak pas pakai kebaya hamil (krn gw udah gak bole pake korset) 🙂

    [Reply]

    Wian Reply:

    Nggi, numpang reply yah…

    Mbak Aini,
    Boleh tau merk Branya gak? ssoalnya aku lagi nyari yg kaya gitu. bisa utk nyusuin tp ttp push up. Soalnya bntr lagi jad among tamu sepupu married ney. Bingung milih bra utk pke kebaya.

    [Reply]

  3. Eka Angkouw says:

    Dear Anggi,
    aku baru hamil 2 bulan tp ngerasain senut-2x di payudara sudah dari 1 bulan yg lalu & benar-2x gak nyaman bgt rasanya…
    dan benar bgt klo ukuran jd tambah besar yah, bra-2x yg sekarang jd udh gak bisa dipake lg krn udh sesek bgt klo dipaksain dipake…
    anyway.. tahnks yah untuk tips-2x ibu hamilnya, banyak bgt nih ilmu yg aku dpt dari dirimu..
    makasih banyak yah anggi..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    sama-sama bu.. Aku juga masih banyak belajar ko.. 🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.