Mitos-Mitos Seputar Kehamilan Yang Bikin Bingung..

Mau tanya deh buat semua ibu hamil dan ibu-ibu yang pernah hamil.. Selama kehamilan sering ga di bombardir sama orang-orang sekitar tentang pantangan-pantangan, larangan serta saran seputar kehamilan? Nah pantangan-pantangan serta saran-saran ini sebetulnya lebih cenderung ke arah mitos. Yang tentunya setiap bilang ke kita dimulai/mengandung kata : “Katanya..” . Contoh:

“Jangan makan buah Nanas, katanya bisa buat keguguran”

or

“Ayo minum air kacang ijo, katanya bisa buat rambut anaknya tebal”

Hihihihi, pasti semua ibu hamil mengalami yang seperti ini yah? Aku jugaaaa.. Dari mulai yang masuk akal dan sampai bikin kita wondering “masa siih begitu?’ . Akhirnya mulai deh aku browsing-browsing dan baca-baca literatur tentang segambreng mitos seputar kehamilan ini.Thank God, ada beberapa tulisan yang menyertakannya dengan fakta yang ada. Hidup google!!

Mari kita list satu-satu. Kalau nanti ada yang mau nambahin, monggo comment yaaa.. :)

Mitos: Ibu Hamil Jangan Minum Es, Nanti Bayi Menjadi Besar.

Fakta: Minum air es sebenarnya tidak bermasalah. Yang menimbulkan masalah kalau ibu hamil banyak minum minuman yang serba mengandung gula, seperti es doger, es campur, es teler dan sebagainya. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula, bisa jadi bayi akan besar karena kalori yang dimakan ibu menjadi lebih banyak. Selain kelebihan gula, ukuran janin juga ditentukan oleh faktor genetik dan asupan nutrisi. Orang tua yang bertubuh besar  sangat mungkin akan melahirkan bayi yang juga besar. Asupan nutrisi yang baik sangat mempengaruhi perkembangan fisik janin, sehingga janin akan berkembang dengan baik. Beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, juga bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan yang lebih besar.

*Mitos jangan minum es ini termasuk yang sering dibilangin ke aku. Abis gimana? Aku gak bisa gak minum air putih dingin. Kalau air putihnya panas aku jadi eneg and mau muntah. Weks.. Sedangkan kan ibu hamil kan harus sering minum air putih, supaya tidak dehidrasi.. :) Lagipula kalau si dede nanti besar ya gimana lagi, wong Bunda nya saja besar dan dulu aku lahir dengan berat 3,6 kilo. Wekekekeke..

Mitos:Minum Susu Kehamilan, Menyebabkan Bayi Besar.

Fakta: Jika peningkatan berat badan ibu berlebihan, dokter mungkin akan menyarankan susunya untuk dikurangi. Namun hal tersebut sangat insidentil, tidak berarti kalau minum susu kehamilan, bayinya pasti akan menjadi besar. Banyak faktor yang menyebabkan bayi itu besar. Kalau berat badan ibu tergolong kurus, maka dokter akan menyerankan agar ibu hamil minum susu lebih banyak. Hal ini mungkin berbeda dengan ibu hamil yang sudah mengalami obesitas. Tapi percayalah, peningkatan berat badan bayi tidak semata-mata karena susu. Asupan makanan dan jumlah kalori yang banyak, faktor ibu hamil yang mengalami diabetes, karekteristik si ibu yang tinggi besar dan lain-lain memperngaruhi besar tidaknya bayi. Tapi sebaiknya ibu hamil tetap mengonsumsi susu untuk ibut hamil. Jika eneg boleh diganti dengan susu lain, kecuali susu kental manis.

*Yes, kalau aku sih gantinya dengan Susu Cimory nan nikmat ituuu.. :)

Mitos: Bentuk Perut Menentukan Jenis Kelamin Bayi. Kalau bentuk perut ibu hamil memanjang berarti bayinya perempuan, kalau melebar ke samping berarti laki-laki.

Fakta: Tidak benar. Dokter kandungan kadang memang bisa memperkirakan jenis kelamin janin dari luar berdasarkan hormon-hormon kehamilan, misalnya ibu yang mukanya lebih hitam, lebih jerawatan dan keringat berlebih mungkin saja anaknya laki-laki karena memperlihatkan hormon androgen yang lebih dominan. Tapi bukan berarti penilaian lewat hormon selalu tepat. terbukti benar tidaknya, lewat USG. Namun USG pun bisa jadi salah, apalagi hanya penampakan luarnya.

Bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau bulat tergantung pada posisi janin dalam kandungan. Jika janin melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Selain itu, bentuk perut ibu hamil juga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban. Pada kehamilan anak pertama, perut akan tampak bulat karena otot masih kencang. Namun perut ibu yang pernah hamil beberapak kali akan tampak turun karena ototnya mulai kendur. Pada ibu hamil yang cairan ketubannya banyak, bentuk perutnya akan lebih besar dan bulat.

*humm kalau aku belum keliatan siiy. Lagipula di bulan keempat ini kan si baby lagi hobi mute-muter bukan di perut?

Mitos: Jika Leher Ibu Menghitam dan Puting Menjadi Gelap, Berarti Anak Yang Dikandung Laki-laki.

Fakta: Tidak Benar. Perubahan warna pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna kulit pada ibu hamil diakibatkan peningkatan progesteron dan melanost (hormon yang mengatur pigmentsi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susu, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar ke bagian pugbis. Namun gejala ini akan menghilan setelah melahirkan. Selain itu puting menjadi gelap adalah ciri khas orang hamil. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Areola atau bagian sekitar puting akan melebar, bintik-bintik di sekitar puting juga akan lebih menonjol. Hormon yang muncul selama kehamilan mempersiapkan sang ibu untuk menyusui.

Mitos: Makan Kacang Hijau and Air Kelapa Hijau Mebuat Rambut Bayi Lebat.

Fakta: Tidak Benar. Kacang hijau memang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung serat tinggi serta vitamin B1, B6dan B12. Namun faktor rambut bayi tidak tergantung dari asupan kacang hijau. Selain faktor keturunan, jika gizi janin tercukupi, rambut bisa bagus.

Sedang air kelapa hijau memang menyehatkan karena mengandung elektrolit, sehingga siapa saja termasuk ibu hamil, boleh meminum air kelapa hijau agar tetap bugar.

Mitos: Minum Air Kelapa Membuat Kulit Bayi Menjadi Putih.

Fakta: Tidak ada hubungannya antara minum air kelapa dengan kulit bati yang putih. Belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut sebab ada orang yang tidak minum air kelapa tapi bayinya tetap putih. Tapi air kelapa tetap boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mitos: Minum Minyak Kelapa Agar Mudah Melahirkan.

Fakta: Tidak benar. Munyak kelapa jika diminum akan masuk ke saluran penceranaan. Lemak nabati ibu saja yang bertambah. Jika pada proses persalinan, jalan lahir diberi jeli atau minyak kelapa, mungkin itu masuk akal. Yang mempengaruhi lancar tidaknya kelahiran adalah ukuran panggul, berat bayi dan pecah atau belumnya ketuban. Bagi ibu hamil yang tetap ingin mengonsumsi semacam virgin coconut oil (VCO) tidak dilarang, tapi jangan terlalu berharap bahwa lahirnya bayipasti akan lancar dan cepat.

Mitos: Makan Sambal, Bayi Bisa Botak.

Fakta: Tidak ada hubungan antara makan sambal dan bayi yang botak. Hanya saja sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang bisa membuat ia sakit, misalnya sambal yang bisa menjadi pencetus diare. Jika sedikit untuk menambah nafsu makan tidak mengapa.

*Ahahaha ini juga salah satu yang diomelin nyokap. Semenjak hamil hobii banget sama sambal. Eh ini mah dari dulu yaaa.. Sampai nyokap kasih ultimatum bulan kelima gak boleh nyambel lagi yaa.. Hiks.. Tapi bukannya cabai itu mengandung anti oksidan yang bagus yaa? Hihihihi..

Mitos: Kalau Garuk-Garuk Perut, Akan Timbul Scratchmark.

Fakta: Scratchmark tetap akan ada walaupun ibu hamil menggaruk pertnya atau tidak. Pada seseorang yang berkarakteristik tertentu scratchmark ini memang tidak muncul. Yang penting scratchmark ini jangan digaruk, sebab kaan membuat infeksipada kulit. Memakai produk atau lotion bisa jadi usaha untuk mengurangi timbulnya scratchmark walaupun hal ini tidak bisa menjadi jaminan, karenakadar hormon orang hamil berbeda-beda.

Mitos: Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Pisang, Mentimun, Nanas, Durian, Nangka dan Daging Kambing.

Fakta: Sebenarnya jika hanya makan satu butir durian, atau sepotong nanas tidak masalah. Yang penting ibu hamil tidak alergi dengan makanan tersebut.

Diketahui bahwa durian menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah dan mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, tidak sepadan dengan vitamin yang didapatkan dari durian tersebut. Sedangkan pada ibu hamil, seyogyanya memilih makanan yang lebih tinggi nilai nutrisinya, dan tidak terlalu menggemukkan.

Untuk Nanas ada mitos yang bilang dapat menyebabkan keguguran. Dan mengkonsumsi Pisang, Nanas dan Mentimun dapat menyebabkan keputihan. Nanas sendiri sebenarnya merangsang ibu hamil untuk mual karena sifatnya yang masam. Konsumsi pisang, nanas, dan mentimun justru disarankan karena kaya akan viatamin C dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan proses pembuangan sisa-sisa pencernaan.
Adapun keputihan tidak selalu membahayakan. Saat hamil maupun setelah melahirkan, adalah normal jika ibu mengalami keputihan. Kecuali juka keputihan tersebut terinfeksi oleh bakteri, jamur, dan virus yang biasanya ditandai dengan keluhan gatal, bau tidak sedap, dan warnanya kekuningan, kehijauan atau kecoklatan.

Sedangkan ibu hamil yang mengalami hipertensi memang diharuskan menghidari makanan seperti daging kambing dan durian dengan alasan kesehatan.Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi daging kambing dengan porsi yang wajar, kecuali ibu hamil yang menderita kelebihan kolesterol atau penyakit jantung. Daging kambing mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga mempengaruhi metabolisme asam urat yang berbahaya bagi penderita koleterol tinggi ataupun penderita penyakit jantung.

Kol dan Nangka pun -yang bisa menghasilkan gas dalam perut- sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, sebab pada ibu hamil gerakan lambung melambat dan membentuk gas sehingga mengakibatkan perut terasa kembung.

Mitos: Ibu Hamil Jangan Minum Soda.

Fakta: Minuman bersoda memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi ibu hamil. Minuman bersoda merupakan minuman dengan nilai kalori yang cukup tinggi tetapi kosong nutrisinya. Sebenarnya soda sendiri meningkatkan kadar asam lambung.Jika ibu hamil minum soda maka rasa mual akan bertambah parah.

Mitos: Ibu hamil tidak boleh minum yoghurt
Fakta: Tidak ada penelitian yang mendukung pernyataan ini. Jadi pernyataan ini hanya mitos belaka. Lagipula yoghurt itu baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Yang mana semenjak dalam kehamilan tidak jarang ibu hamil mengalami namanya sembelit.
Mitos: Sebaiknya ibu hamil tidak melakukan hubungan intim pada trimester pertama kehamilannya

Fakta: Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan intim  menyebabkan keguguran. Jadi sepanjang hal itu tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan, ibu hamil boleh-boleh saja melakukannya.

Bagi calon ibu yang memiliki gangguan kehamilan, seperti riwayat keguguran, placenta previa dan sebagainya, sebaiknya tidak melakukan hubungan intim untuk sementara waktu. Hubungan intim akan meningkatkan kontraksi otot-otot rahim sehingga resiko keguguran atu janin lahir prematur akan meningkat. Selain itu si ibu juga mengalami resiko perdarahan.

*Ahaha untuk ini sih aku sama mas gak pernah absen. Alhamdulillah memang dari awal kandungan tidak pernah mengalami masalah, tidak pernah mengalami flek2. Jadi ya asoy geboy sikat terus. Lagipula semenjak hamil kadar ke horni-an jadi meningkat bukan? :lol: . Apalagi pas lagi bulan ke-3, kalau kata aku dan temanku sih sepakat. Lagi enak-enaknya.. :lol: Enak ngapain? Huahahaha, yah u know laaaah.. ;)

Yak.. kayaknya begitulah daftar mitos-mitos beserta fakta seputar kehamilan yang berhasil dikumpulkan. Ada yang mau nambahin or sharing lagi? Monggo loooh.. ;)

Sumber Tulisan:

1) http://bidanku.com/index.php?/Mitos-Mitos-Seputar-Kehamilan

2) http://www.ypkp.net/forum/index.php?topic=16.0

3)http://tipsanda.com/2009/02/02/tips-kupas-tuntas-mitos-seputar-kehamilan/

[thumbnail image]

27 Comments

  1. Bener banget ni nggi, mitos2 ini jadi membingungkan yaaa… mana yang bilang para orangtua2 lagi… padahal banyak yang gak bisa dijawab pake logika tuh…

    pernah aku dibilangin yang aneh2 banget nih
    *jangan kalungin handuk, nanti anaknya terlilit tali pusar
    *jangan makan kepiting, nanti kalo lahir anaknya sakit kalo nyubit
    *jangan makan udang atau cumi, nanti anaknya pas lahir tulang belakangnya kurang kuat

    dan mitos mitos lain yang aneh2 gitu deh.. percaya apa enggak malah jadi bingung..

    daripada pusing aku mikir optimis aja deh say, do d best buat calon baby2 kita yaaaa… hihi

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    iya say.. menurut aku kalau afirmasi kita sudah negatif.. takut ini itu malah nanti jadi kejadian beneran. Again the power of our mind penting banget tuh say.. Pokoknya positif thinking deh. Kalo emang ga masuk akal ya sudah ga usah terlalu diturutin..

    [Reply]

  2. Hihihi… Mitos2 kayak gitu kadang emang suka bikin pusing ya nggi.
    Kayak,, jangan minum air dingin nanti bayi nya besar,,, padahal air putih dingin itu kan ga ada kalori nya sama sekali,,, jadi apa yg bikin jd besar,,, tp klo air dingin + sirup mah iya,, kan mengandung gula..

    Trus yang minum minyak kelapa,,, kata dokter ku,, kenapa ga sekalian aja minum oli,, biar lebih lancar,,, hehehehehe…
    Aku pernah post deh di blog ku ttg betapa dekil nya diriku pas hamil,,, badan jd item2,, dr mulai leher,, punggung,, ketiak (sampe ilfil sendiri) dan semua org heboh bilang “pasti cowok”,,, kenyataan nya???..

    Trus yg ga boleh makan duren,nanas,pisang, kambing… Waduw lebih aneh lagi… Sepupu ku waktu hamil pas dia lagi tgl di philipin,,, da dokter nya ga ngelarang tuh makan nanas,,, kambing juga,,, kemaren wkt di bln ke 6 ?ä?? A berat nya cuma 350 gr,, dokter ku nyuruh aku nakan kambing,,buat naikin Berat si ?ä?? dan bener aja.. Karena makan kmbng si dede berat nya dlm sebulan naik dr 350 ke 980 gr… Prinsip ku sih,, orang hamil itu kan bukan org sakit yaa,,, jadi selama masi wajar dan tdk berlebihan,, ya boleh2 aja… Semakin dilarang ini-itu,, yg ada kan kita yg hamil jd stress…

    Apa lagi ya???,,, ooow itu jgn ngalungin kain atau handuk di leher,,, tar si dede kelilit tali pusat,,, hehehehe.. Aku kok sering ya klo mau mandi anduk suka di kalungin gitu,,, alhamdulillah si dede ga kelilit tali pusat..

    ;adi kadang mitos2 itu kok ya jd nyusahin kita yaaa…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Embeer dokter gw juga bilang jelas-jelas air putih itu mau panas, mau dingin, mau mendidih kalori nya = 0. Jadi ya sebetulnya gpp. Kecuali minum air es sirup madu gula yaiyalah yaaa.. Itu mah gak cuman bikin bayi nya besar, ibu nya juga jadi kayak balon kali..
    Pokoknya ibu hamil jaman sekarang harus pintar deh mananggapi mitos.

    [Reply]

  3. Bunda Anggi,makasih infonya yaah… membantu sangat. :D
    smp cerita ttg “kegiatan itu” jg. :lol: klo aku seeh,krn msh dterjang mual sepanjang hari,,sense of MLnya mnghilang smentara. smoga bs cpt balik deh…
    huehehehe…. jd curcol. ;)

    oia,,ada jg yg blg, selama hamil, bumil atopun pakmil-nya dilarang membunuh ato menyakiti hewan, krn takutnya ntar anaknya jd gak sempurna mirip2 hewan itu *naudzubillah….*
    logisnya,,selama hamil khan qta hrs pintar2 menjaga emosi sbagai awal pembelajaran menjadi org tua. btul gak?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iyaaa soal hewan-hewan itu aku sempet parno. Soalnya gimana, kalo tidur disatronin nyamuk2 nakal itu kan defaultnya geplak. Masa diem aja, terus pagi2nya bentol-bentol..
    Hehe betul lah bu, memang harus pintar menjaga emosi selama hamil.. Berjuang melawan godaan dunia dan godaan hormonal yg luar biasa..

    [Reply]

  4. Emang say, makin banyak yang ngomong, malah jadi bikin kita binun…Kalo gw dibilangin gini :

    - Waahhh sering pake baju pink, pasti anaknya cewe niy nti. Kenyataannya, anak gw ???…
    - Jangan sering2 duduk depan pintu, nti lahirannya susah.
    - Jangan makan belut, nti anaknya ga bisa diem. Kalo dipegang licin kaya belut.

    Daaann yang terakhir, mama mertua gw kasi gw aer rebusan pertama kacang ijo. Wueeekkk nyiumnya ajah udah eneg, apalagi suruh minum. Katanya, biar rambut anaknya lebat. Akhirnya, gw buang tuw say. Ga gw minum, drpd gw muntah. Huhuhu…

    Skrg, karena kita udah tau dikit2 ttg mitos2 itu, jadi kalo ada yang bilang mcm2, bisa kita tangkis deh tuw sama alasan nya. Moso kita hamil jadi tersiksa ga boleh ini itu, yang ada kan saatnya memanjakan diri dengan saat2 kehamilan kita yah say. Hihihi…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Ah setujuu bangeeet.. Hamil itu harusnya menyenangkan. Jangan malah tersiksa karena ini itu yang masih ga jelas juga. Wekekekeke..
    Btw, nyokap dibilangin jangan makan belut sama temennya. Terus nyokap bilang “laah si Anggi dulu aku hamilnya ga makan belut pas brojol anaknya juga gak bisa diem..” Huehuehuehue..

    [Reply]

  5. thanks yah buat infonya, apalagi yang bagian ‘es’ dan ‘yoghurt’ smpe td pagi masih mkn es yoghurt *pdhl kalo ketauan suami+ibu bisa kena marah hehe*

    oya salam kenal yah dr bumil yg d bandung ^^

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    salam kenal jugaa.. :)

    [Reply]

  6. Aku juga mau share nih, waktu aku hamil dulu dari usia kehamilan 4 bulan sampe mau melahirkan, aku sangat tergila gila dengan yang namanya kacang hijau, sehari bisa 3 kali tuh maem kacang hijau, dan aku harus yang masak sendiri. Trus aku juga jadi seneng minum susu kacang kedelai. Ketika dedek bayinya lahir, kata mama-ku, bayinya sangat bersih, gak ada yang flek putih putih (apa namanya tuh ya?) menempel di badan bayi, jadi waktu lahiran bayinya bersih banget, aku gak tau apa karena mengkonsumi kacang hijau atau bukan..

    [Reply]

  7. hi mbak Anggi..salam kenal yaah..iseng2 browse ga jelas,eh..nemu blog-nya mbak Anggi yang ok abis ini;)tiap hari kalo lg ada spare time,aku pst update baca posting2annya mbak Anggi..selamat buat kehamilannya yaa,mbak..semoga sehat selalu Ibu dan dede-nya:)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Makasih say.. Amiiin.. Amiin.. Semoga selalu sehat.. :)

    [Reply]

  8. Hehe.. Jadi inget sms2 kita itu nggi. Dan.. Aku terpaksa banyak absen dalam ber ml ria. Alesannya, pernah kita berbuat, dan paginya akunya flek. Hmm.. Oke de. Tunggu 3 bulan. Gigit jariii doang. Padahal hormon menggila. Sadisss. Tak apa, demi kamu nak.. Hehe

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hehehe iya say.. Kalo km nya jadi flek mending ditahan dulu. Tunggu sampe dede nya kuat yaa.. Baru deh ditengok papanya lagi.. Hihihi..

    [Reply]

  9. Huhu dapet rekomendasi site dari temen.
    Senangnya ternyata aku ga sendirian mengalami keanehan2 hamil.
    Semalem abis nonton dvd pregnancy for dummies, dibahas lho mitos2nya (versi barat sih). Tapi lumajan jadi lebih tenang…:D
    enjoy being pregnant!

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    tentunya.. pregnancy is one of the most wonderful things in d world.. :)

    [Reply]

  10. kl nanas mah kyknya iya deh bunda anggi, soalnya nanas (terutama yg muda) itu membantu meluruhkan darah di dinding rahim or something (lupa istilahnya, pokoknya bs memperlancar menstruasi dan dianjurkan dimakan sblm n d hari2 awal haid biar lancar, mnrt dokter obgyn yg kukunjungi pas telat haid). nah kl diliat fungsinya spt ini kyknya mending jangan dimakan dulu kali ya, terutama pas hamil muda (soalnya nanas jg sering dipake buat aborsi tradisional kan ya?)

    semoga dede sehat selalu ya bunda anggi…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    heh? emang beneran dipake buat aborsi tradisional? :lol: baru ngerti.. Tapi aku juga menghindari nanas sih. Walopun kata obgyn gpp. Obgyn nya temenku juga ngebolehin cuman bilangnya gini “nanas gpp bu, paling jadi becek aja.. :lol:
    Tapi aku juga udah lama ga nyentuh nanas sih. Walo kl udah kepengen banget makan 2-4 potong.. hehehehe..

    [Reply]

  11. hehee… sehubungan dengan “mitos-larangan-minum-es”, ada temenku yg pas hamil dulu nanya gini ke dokternya :
    “Dokter, katanya kalau minum es, air es sama makan es krim, ntar anaknya jadi kegedean pas lahir?”
    tahu dokternya menjawab apa ?
    “Yaudah, ibu minum es, air es & makan eskrim aja biar anaknya cepet gede, hehee…” :lol:
    benar dg fakta yg tertulis di artikelmu, biasanya minuman-minuman dingin itu disajikan dalam rasa manisss (apalagi softdrink & es krim. Kalo nggak manis & segar, ya nggak afdol :lol: ). sebenarnya kandungan gula yang tinggi ini yang bikin bayi jadi gede, plus nambah resiko gestational diabetic buat ibunya. Makanan/minuman manis2 yang dingin2 ini yang sebisa mungkin dikurangi(apalagi klo memasuki trimester 2 & 3); dokterku juga bilang gitu. Berpijak dari wejangan tersebut, khusus untuk air putih dingin mah gw cuek aja, tenggak terus :P

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Setujuuu gw juga air putih dingin sikaaaat teruuuussss… ^_^

    [Reply]

  12. haha…
    beberapa bulan lalu aku juga pernah posting tentang mitos2 selama kehamilan ini di facebook. gara2nya aku gemes banget kalo ada yg ngasih nasihat tp gak logis (eniwei, aku jg lg hamil 11 minggu ;p). kalo nasihatnya ‘make sense’ pasti aku ikuti. tapi kalo udah dunia khayal bangeetttt… hadoh, plis deh. kind of superstitious things aja. hehe…

    [Reply]

  13. mb’ anggi……, ad 1 lagi ne, bgaimana dg mitos lo bumil mw pergi kmana2 harus bwa gunting, or paku, or bwang putih tunggal,or peniti biar t’hindar dari ilmu palasik (semacam ilmu hitam yang mengancam bumil) ad info ttg tu g’ mb’????????

    [Reply]

Leave a Comment.