Serba Serbi Peralatan MPASI

Setelah menghatamkan beberapa buku tentang MPASI, bolak balik buka wholesomebabyfood, membaca thread MPASI dan BLW di The Urban Mama dan memantau dengan seksama milis mpasirumahan, aku sudah mulai dapat bayangan tentang  MPASI buat Aghnan. Baik cara pembuatannya, bahan-bahan yang boleh dan tidak diperbolehkan, tahapan-tahapan pemberian bahan makanan tersebut serta jadwal makan MPASI Aghnan nanti.

Nah, next nya adalah mulai mencicil peralatan perang buat MPASI ini. Jujur aja ini cukup clueless, terutama peralatan masak-memasaknya yaa.. Bingung, masa iya mesti dibeli semuanya. Takutnya kepake cuman sebentar dan gak optimal. Atau malah gak kepake sama sekali. Jujur aja, untuk peralatan masak dan makan MPASInya Aghnan ini aku pengennya dipisah penggunaannya dari yang dipakai sehari-hari di dapur. Call me mrs. sterilizer.. Cuman kan pencernaan baby delicate banget. Takut aja kalo nyampur-nyampur jadi terkontaminasi dengan yang lain-lainnya.

Anihoo, karena bingung akhirnya aku melempar pertanyaan di twitter tentang top 5 peralatan MPASI. Alhamdulillah di respon oleh banyak ibu-ibu cantik nan eksis di twitter. Dan responnya itu cukup mencerahkan. Yak mari kita lihat rekapannya berikut ini, peralatan perang favorit untuk MPASI:

Blender

Penting buat menghaluskan dan menghancurkan makanan. Secara baby kan mulai makan dari tekstur yang halus dan secara bertahap diubah teksturnya menjadi padat.  Nah untuk Blender ini aku juga bingung antara pengen pakai blender biasa / hand blender atau bahkan food processor. Ketiganya punya kegunaan yang sama untuk menghaluskan makanan tapi masing-masing punya pro dan cons nya.

Kalau ditanya di forum sih lebih banyak yang pakai blender dan hand blender. Banyak yang pakai hand blender juga dengan alasan tidak susah dibersihkan dan bisa dipakai untuk menghaluskan porsi kecil atau besar.

Suprisingly, cukup jarang yang pakai food processor. Alasannya sih karena food processor tempatnya terbatas dan kalau si baby sudah tidak ber puree lagi tidak akan kepake. Tapi ada juga yang bilang food processor bisa dipakai buat menggiling daging2 atau adonan untuk buat nugget dkk. Nah loo.. bingung gak eike.. Untuk food processor itu aku naksir Avent Wasabi dengan penampakan seperti berikut ini:

Itu steamer dan blender jadi satu gitu.. Menarik ga siih :P

Kukusan/Steamer

Penting karena biasanya sebelum membuat puree buah (macam Apel dan Pir), buah tersebut di kukus dulu baru di haluskan menggunakan blender. Atau nanti kalau mau buat finger food macam nugget sendiri gitu, kukusan penting banget.

Slow Cooker Takahi

Langsung sebut merk, soalnya ini paling bagus (katanya) dan paling favorit. Gunanya slow cooker ini jujur aja masih belom kebayang sama aku. Yang jelas sih ngebantu banget buat working mom. Bisa masak dari malam sebelumnya, terus kalau masak sekaligus untuk beberapa porsi, tinggal cemplung masukin bahan-bahannya dan jadi deh (quoting kata temen gw). Mungkin kalau si baby sudah makan macam nasi tim/risotto /nasi lembek gitu kali yaa..

Pigeon Home Food Maker

Hehehe, langsung sebut merk lagi deh, soalnya ini juga yang paling favorit juga diantara ibu-ibu itu. Dalam satu set itu ada tempat saring makanan, tempat memeras buah, tempat memarut dan tempat menggerus makanan.

Aku sendiri mau coba lihat penampakan langsungnya. Kalau terlalu mini/kecil, kayanya enakan punya parutan yang gedean dan mangkok stainless steel buat mengaduk makanannya. Biar manteeb. Tapi dipikir-pikir lagi kan masaknya buat si kecil, yang mana porsinya juga ga banyak-banyak amat. Nah lo, jadi bingung sendiri kan gw :lol:

Baby Cubes

Ini aku sudah beliii.. Hoahahahahaha.. Dasar emak emak gatel.. Ngeliat online shop ada yang jual, terus katanya Anthie ini penting langsung sikat buat dibeli. :lol:

Jadi baby cubes ini berguna buat menyimpan kaldu/puree yang sudah dibuat dan ingin dibekukan. Biasanya kan kalau puree gitu buat working moms kayak aku, bikin sekaligus buat 2/3 hari kedepan. Nah tinggal disimpan saja di baby cubes ini per porsi.

Nanti kalau mau dimakan tinggal dipanaskan saja. Selain puree, yang jelas berguna buat bekuin kaldu. Bikin kaldu ayam/sapi/sayuran seminggu sekali saja. Terus bekuin di baby cubes ini dan kalau mau pakai tinggal ambil dan panaskan. Baby cubes isi 8 dan masing-masing cubes volumenya 70 ml. BPA free dan aman di taro di freezer, microwave atau dishwasher :)

Kursi Makan

Ini juga penting. Sama halnya kayak car seat, aku ingin mendisiplinkan Aghnan dalam hal makan. Biar Aghnan ngerti kalau makan itu harus duduk. Aku gak mau jadi ibu-ibu yang mesti ngejar-ngejar anaknya buat nyuapin satu sendok makan. Itu horor buat aku, soalnya aku gak punya luxury waktu untuk ngeladenin kayak gitu. Dan menurut aku itu bukan kebiasan yang bagus. Yah emang sih gak gampang, cuman bismillah deh semoga Aghnan pintar dan bisa diajarinnya. High chair idaman sih yang merk Chicco Polly kayak gini:

Hohoho cakep yaa.. Harganya juga cakeeep. Tapi buat high chair ini gak akan langsung dibeliin sih. Lihat sikonnya Aghnan dulu. Bulan depan sih Aghnan sudah aku sewain perdana bumbo seat sekaligus tray nya. Jadi nanti pas mulai MPASI, Aghnan mam dari bumboo dulu yaa.. :)

Feeding Spoon and Dish

Ini mah standar yaa, namanya juga mau makan ya mesti punya sendok dan piring buat makan. Hehehe.. Menambahkan saja, dari referensi yang aku baca, ada baiknya piring dan sendok makan buat anak mempunyai warna-warna yang cerah dan menarik. Soalnya untuk membantu menarik perhatian anak dan membuat suasana makan jadi menyenangkan (penting ini). So, pilihlah peralatan makan untuk si baby dengan warna warna berani dan menarik seperti dibawah ini :)

Training Cups

Ini membantu anak untuk belajar mimik dari gelas. Tapi namanya training jadi ada tahapannya. Mungkin kayak mag mag nya Pigeon punya. Tapi yang punya training cups ada banyak merk ko sekarang. Kan menurut referensi yang aku baca. Setelah makan MPASI baby disarankan untuk mimik air putih. Nah bisa dipake deh training cups ini. Salah satu training cups yang lagi ‘in’ adalah yang namanya Doidy Cups ini.. Penampakan seperti dibawah ini.

Food Feeder

Hehehe ini juga aku gatal untuk membelinya.. :) Sebetulnya dipakai disaat baby masih belum 7 bulan. Yang mana baby sebelum umur segitu kan belum bisa duduk tegak (dan katanya agak berbahaya kalau dipaksakan untuk duduk). Jadi dengan food feeder ini, cukup membantu kita untuk nyuapin MPASI si baby (dengan posisi seperti kalau nyusuin dengan botol). Aku belinya yang Boon Squirt.

Alesannya norak, karena suka bentuk dan warnanya. Versi murahnya ada ko merk Pigeon punya. Tapi entah BPA free atau gak :P Eh yang jelas, food feeder ini it will come handy when you’re travelling :) Betul kan? *mencarijustifikasi* :P

Yak kurang lebih begitulah peralatan yang harus disiapkan. Kalau ada masukannya monggo comment yaaa.. :)  Untungnya sudah dapat beberapa dari kado waktu Aghnan lahir. Tapi masih banyak juga yang belum nih.. Yang berartii, saatnya belanjaaaa!!! *jingkrakjingkrak.. Ayah pasti langsung tepok jidat.. :lol:

36 thoughts on “Serba Serbi Peralatan MPASI”

  1. Ah jadi malu disebut ibu cantik nan eksis di twitter *blushing* :D

    Bener, high chair tuh penting banget. Apalagi kalo anaknya udah mulai “kelayapan” alias merangkak sana-sini, bagaikan fitness deh ngejar2nya. Kadang gue suka iseng nyuapin makan tapi Nara “melantai”. Akhirnya ga tahan ga sampe 5 menit langsung taro di singgasananya. Begitu ditaro di high chair, makannya langsung cepet :)

    BTW lo ga dapet kado Pigeon home food maker? Gue dapet sampe 2 lho, akhirnya yang 1 gue kasih lagi ke temen gue :p Toh berguna kan, jadi gue ga malu juga ngasihnya hehehe… Eh, tetep perlu mangkuk stainless steel lho untuk mengukus sayur/buah, punya 2 udah cukup n harganya juga ga mahal sih.

    Oya, dispensing bottle punya Pigeon udah BPA free kok. Malah botolnya itu bisa dipake jadi alternatif murmer untuk botol susu BPA free, beli botol itu n pasang dot sebagai pengganti sendoknya.

    Tampaknya komen gue udah terlalu panjang (tapi masih gatel pengen komen)…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Lanjutiiin komennya.. Lanjuuuuuttt :lol:

    Btw iya tuh gw ga dpt yg pigeon home food maker. Dptnya yg feeding set ( yg mana ga bakal aku pake samsek ) soalnya warnanya putih2 membosankan *yawn..

    Iya bu, lanjuuuuutt :p

    [Reply]

  2. Wah TOP bgt deh. Sgt membantu gw yg gak sempet2 browsing gara2 kerjaan edan.
    Btw nggi, minta referensi link utk sewa bamboo sama beli ice cubesnya dwong :D

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Sewa bamboo di bambino Wi.. Mbaknyonyik di bbg New Mom kita kan yg punya. Bbm aja dia.. Gw jg bbm langsung ko :)
    Ice cubes dijual di mamabebeshop.com/kenmomshop.com/cleobabys.com monggoo di cek2 :)

    [Reply]

    Erin Reply:

    Ga bisa nggie websitenya..Dmn lagi ych yang jual ice cubes ini..berapaan harganya..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Coba mamabebeshop.com deh. Atau google jg bisa..

  3. Mba Anggi….tambah cinta deh ma nie blog…ntr klo aku udah punya anak beneran pasti berguna…hehe…sementara uji coba ma keponakanku yg seumuran ma Aghnan..ditunggu resep2 BLW ma MPASInya mba…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Siaaap.. Sudah dipastikan in the next 3 months blog ini isinya akan penuh tentang resep2 MPASI nya Aghnan.. Tak sabaaaarr.. :D

    [Reply]

  4. Nggi, gw juga masih penasaran nih, gimana disiplinin anak makan di kursi..
    Anak pertamaku awal2nya sih mau duduk manis di hc. Tapi ngga tau salah dimana, mulai umur 2 taun tambah susyehhh.. N sekarang dengan suksesnya terpaksa pake 1001 cara supaya dia mo maem…(Heeeuuhhh)

    [Reply]

  5. Anggi kuuuw…itu Hand blender,, aku kan beli ya,,, kenapa beli HB soalnya btk nya kan ringkes cocok untuk travelling,,, heheheh… Trus Doidy Cup recomended bgt deh, olel kan ga bisa minum pake botol ya, nah pas mulai makan, aku langsung lo makein olel si doidy ini, awal tumpah bleber, tp bayi kan cpt ya belajar nya, 5 hari kemudian uda bisa minum tanpa tumpah bleber, jadi lah olel minum ASIP pake si doidy ini, hehehhehe,,,
    Trus itu Takahi cocok bgt buat working mom seperti dirimu,, malem sebelum tidur (jam 11 an) mcemplungin deh dlm si SC colok jam 6 pagi jadi deh,,, tp better beli yg kecil sih,, td nya kan aku beli yg besar,,, akhirnya ku jual ke temen karena aga repot di bawa2, klo yg kecil muat masuk koper, heheehe,,, truuusss apa lagi ya? Hmmm,,, oia beli pisau yang untuk ngupas kulit buah itu loh nggi,tau kan? bkn pisau yg biasa kita pake motong, tp yg mata pisau nya di tengah itu,, apa ya nama nya *lupa*,,
    Apa lagi ya? Hehehehe, binyun deh tu,, oia aku setuju sangat sama makan harus duduk,,, kadang klo olel bosen, si booster nya suka ku geret ke deket kolam ikan, jd makan smbil liat ikan,, ga papa deh, yg ptg sambil duduk,, repot klo harus sambil jalan2 *nangis*
    Ice cube juga okeh, apa lagi buat diriku yang ngasi makan ala konvensional ini,,, buat pure2 an, buat makanan lain (kayak aku skrg buat mkn 3 hari ini bikin sup ayam kacang merah kentel taro deh semua di ice cube
    Ech panjang amat ya ni comment, heheheh
    Ya wes itu aja deh,,, klo ada yg lucu ksh tau ya *naksir si avent itu jadinya*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Cup Bunda Anthie :-* Makasih ya comment nya :) Membantu memberi pencerahann sangat :D Kiss bwt Olel ;)

    [Reply]

  6. Anggi, semuanya sama kecuali gw pake food processor pumpee (kado tapinya) and peralatan makan sassy..
    Tp si spoon boon itu blm pernah gw pake nggi, gw masih bingung kapan mesti gw pake soalnya hehe,, Kalo mau pergi gw suruh makan dulu baru berangkat :D

    Ice cube buat gw cuma bt simpen kaldu aja disitu soalnya semua masih bikin dadakan. Emang si jadi dikit2 n ga simple cm aku pengen ngasih yang fresh aja n kebetulan emak eike bersedia menyiapkan dadakan setiap mau makan..

    Si slow cooker itu di dalem kotaknya ada resep jg ko nggi :) n yup gw suka soalnya gw bisa tinggal tidur di malam hari n voila pagi2 udah selesai..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    oow Slow cooker itu ada resepnya yaa.. Good good.. Thanks for sharing ya Li.. Berarti I’m on the right track :D

    [Reply]

  7. hoahaha, gi bnyk amet perlengkapan perangnya.. Nicho cuma 1 set pigeon & alat masak standar. Setuju d pisahin, dbwh 1thn msh rentan kuman. Termasuk pisau, telenan, kupasan buah. Blender kecil aja atau kusus bayi, beda hasil dgn blender biasa yg terlalu halus hehe.. Kukusan jgn gede2, wakaka, maw jualan dimsum gi? Porsi mrka kecil hehe..
    Jgn pake bahan teflon.. Pengaduk dr kayu aja, panci stainless, saran hunting d ace hrdwr ;) yuukk..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ahaa.. ace hardware.. bener juga loe jus.. Ah ibu ini emang mantab, setiap comment pasti selalu berkualitas.. cups.. :-*

    [Reply]

  8. hai mb anggi, salam kenal, mau nanya food processor Avent Wasabi berapa harganya? dot pigeon yg dmksd yg dr plastik y?yg ujungny sendok bs dibongkar pasang?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi bu. Avent Wasabi kemarin lihat di MIVI Bandung harganya 1.2 jt. Iya yg pigeon itu yang ujungnya sendok dan bisa dibongkar pasang :)

    [Reply]

  9. Anggie..blog dirimu membantu bgtt..secara anak kita tgl lahirran sama berarti umurnya sama..jeng mau tanya dong beli food feedernya dmn itu ya..itu tu yg gw cari..tinggal pencet dan ringkes gak besar bgtt..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Aku beli di kenmomshop.com bu :) Semoga membantu..

    [Reply]

  10. salam kenal mommy Aghnan :)

    aku mulai puyeng bulan ini dan beberapa bulan kedepan krn begitu banyak “perlengkapan perang” MPASI yang mesti dibeli, termasuk food processor, slow cooker, talenan, bla bla. jujur,aku masi belum dapet pencerahan gmn caranya biar aku bisa nyiapin MPASI yang berkualitas sementara aku kerja * huwaaa.
    hal paling mendasar aja dulu yang mau aku tanya ya mba, apa bedanya food processor sama blender yah? mendingan beli yang mana? food processor atau blender? aku seharian ini ngubek2 mbah google buat cari tau what’s the best antara food proc dgn blender. belom nemu jugaa. help me please.. thanks

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi Hanny.. Sebetulnya sama aja sih FP dan Blender. Cuman katanya Food Processor itu gak bisa menghaluskan sehalus blender. Jadi masih bertekstur dikit.. :)

    [Reply]

    hany Reply:

    mommy aghnan,
    aku pernah baca (entah ini bener atau ngga) tapi katanya memang itu fungsi food processor biar makanan yg dihasilkan ngga tlalu halus yah teksturnya, jadi si baby belajar ngunyah (kalo pake blender kan teksturnya jadi tlalu halus yah).
    anyway, suamiku tau2 ud terlanjur beli pumpee food processor (huwaaa), tadinya aku pikir2 ga usa bli food processor, pake aja blender baru hasil kado nikahan dulu (wkwk), jadi tinggal beli slow cooker dll yang penting2. haufff… tapi skrg uda tlanjur dibeli. ya sudahlah. sekarang tinggal aku yang bingung nih, bisa ajarin aku bikin mpasi ngga pake food processor dan slow cooker? sharing recipe pls. thanks yaaahhh :D

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya bener. Emang kalo FP itu gak terlalu halus. Kalau Blender cenderung hasil akhirnya halus. Tapi bisa diakalin ko kalau pakai blender biar teksturnya gak terlalu halus. Pelan-pelan aja nge blend nya. Jangan sekaligus.
    Hehe iya nanti recipe nya di sharing kalau Aghnan dah mulai MPASI. Kalau Slow Cooker itu nanti baru kepake kalau masuk bulan ke 7. Kalau Aghnan mulai makan protein hewani kaya Ayam, Kalkun, Daging Sapi. Kalau bulan ke 6 sih pasti Puree karbo, sayur dan buah dulu..
    Modalnya kukusan dan FP sajah.. :)

  11. anggi,…thanks banget yah…blog ini bener2 ngebantu aku yang buta MPASI…padahal 1 bulan lg, Aby anakku udah harus MPASI… kayanya perlu nyicil dari sekarang beli peralatan perangnya…
    agak2 deg2 ser nih mo MPASI… :p

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Samaa aku juga deg-deg an mau MPASI. Semogaaa diberi kemudahan dan kelancaran dan Aghnan suka sama MPASI nya :)

    [Reply]

  12. walaupun skrg aghnan udah 1 thn…cerita dari bundanya ttg persiapan Mpasi tetep aku buka tuk persiapan Syahrel Mpasi….
    Salut tuk bunda Anggi….
    Aku sebenernya juga pengen nanya-nanya langsung…
    karena skrg ajah aku masih blm mutusin mo pake aliran mana buah/sayur/serelia dulu,,,
    jd masih bingung…yukkk kita terusin bacanya,,,jd bisa tau abang Aghnan mulai pake apa Mpasinya…
    Makasih yah mba Anggi…

    [Reply]

  13. nggie, review dikit dong ttg boonsquirtnya.. kira2 recommended bgt g selama ini dipake bwt mpasinya aghnan? ada yg bilang katanya sendoknya suka “pletat-pletot” kegigit baby jadi bikin makanannya jadi ngacir. skrg ada juga yg merk munchkin.. jadi tambah bingung :)

    tengkyu bwt responnya ya, nggie..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gw sih so far puas2 aja ya. Praktis kl lg ke mall. Tinggal masukin puree buahnya disitu trus disuapin deh. Gak repot.. Sendoknya cukup sturdy kok. Gak pletat pletot. Tp itu gw ya. Gak tau yang lain..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>