Beautiful Spain Part 7: The Underestimate Madrid

Sampai di Madrid udah jam 7 malam, tapi berhubung masih Summer jadi masih terang benderang. Kita naik taksi dari stasiun ke hotel kita dan langsung istirahat saja di sisa malam itu. Besok paginya aku dan Stephanie udah mulai Conference nya, yang practically kita baru bisa menjelajah Madrid setelah Conference. Untungnya hotel kita di sebelah tempat conference nya. Jadi bisa tinggal ngesot jalan, dan aku pas istirahat bisa balik ke hotel buat mompa atau sekedar bobo bobo ciang.

Kalau kata temen kantor Madrid biasa aja, tapi menurut aku kotanya oke banget. Perpaduan modern dan klasik. Transportasi publik nya bagus, tempat belanja nya lumayan banyak pilihan dan pilihan makanan lebih beragam daripada waktu di Andalusia. Jalan-jalan disempatkan setelah selesai conference. Yang untungnya karena pas summer, jadi jam 9 malam baru gelap. Walau selesai jam 6 sore tapi matahari masih oke dan kita masih bisa menjelajah. Beberapa point of interest yang kita kunjungi selama 3 hari di Madrid.

Royal Palace of Madrid

Hari pertama conference selesainya gak terlalu lama, jadi selesai conference kita langsung ke Royal Palace of Madrid. Seperti namanya, ini adalah dulunya kediaman resmi keluarga bangsawan Raja Spanyol, namun sekarang hanya dipergunakan jika ada acara kenegaraan dan seremonial. I always thought Royal Palace is enchanting. Iya lah, tempat prince and princesses hidup beneran hehehehehe.. ūüôā

Ngantri masuknya lumayan panjang ternyata, tapi antriannya majunya cepet kok. Kota ternyata cuman boleh foto-foto sampai gerbang di depan saja, selebihnya gak boleh. Apalagi penjaganya ada banyak, jadinya curi-curi foto juga gak berani. Hehehehe..

Royal Palace mewaaaaah poll. Ada satu ruangan yg kayaknya segala furniturnya berlapis emas. Keren abis. Tapi sayang ya, gak semua artefaknya ada keterangan dalam bahasa Inggris.

Kelar dari Royal Palace kita bisa mampir ke Sabatini Garden dan kalau mau jalan lebih jauh lagi kita bisa langsung ke Temple of Debod.

Temple of Debod

“A little bit of Egypt in Madrid”
Ini merupakan hadiah dari pemerintah Mesir karena pemerintah Spanyol membantu mempreservasi kuil-kuil Mesir Kuno. Bata demi bata kuil ini di kirim menggunakan kapal selama 6 bulan lamanya.

Gak cuman Temple of Debod ini yang diberikan oleh pemerintah Mesir tapi total ada 4 kuil  yang diberikan oleh pemerinta Mesir ke negara-negara yang membantu mempreservasi dan merelokasi kuil-kuil Mesir Kuno.  Kuil-kuil tersebut antara lain adalah:

  1. Temple of Debod di Madrid
  2. Temple of Dendur di Metropolitan Museum, New York, USA
  3. Temple of Ellesyia di Museo Egizio, Torino, Italy
  4. Temple of Taffeh di Rijksmuseum of Oudheden, Leiden, Netherlands

Alhamdulillah sudah pernah mengunjungi yang di Metropolitan Museum di New York, waktu masih tinggal di US . InsyaAllah bakal nengok kembarannya satu lagi di Torino¬† yah. Amiin ūüėČ

Prado Museum

Salah satu social events yang diadakan oleh pihak konferensi nya adalah Madrid city tour yang dimulai dengan kunjungan ke salah satu museum paling terkenal di Madrid yaitu Prado Museum. Museum ini adalah rumah dari lukisan karya pelukis terkenal Spanyol seperti Goya, Velasquez dan El Greco.

Lumayan gratisan masuknya belum lagi karena termasuk acara dari pihak konferensinya jadi disediakan guide juga. Ini oke banget sebetulnya jadi dengan ikut guide bisa tahu cerita dari lukisan-lukisan yang ada di Prado.

Sayang waktu buat eksplorasi Prado ini terbatas. Jadinya kurang puas. Ya semoga nanti deh bisa balik lagi kesini kalau anak-anak sudah besar. Amiin YRA.

El Retiro Park

Taman ini adalah taman terbesar yang ada di Madrid. Semacam kayak Central Park nya New York. Dulunya ini hanya taman punya keluarga kerajaan sampai akhir abad 19 baru dibuka untuk publik. Dengan luas hampir 141 hektar didalam taman ini ada banyak patung, danau yang luas dan salah satu bangunan favorit aku dan si mas yaitu Cristal Palace.

Cantik banget ini bangunan. Sesuai namanya, bangunan ini dindingnya kaca semua. Kayak rumah kaca versi cantik banget deh. Sekarang kalau ada museum atau art gallery suka diselenggarakan di Cristal Palace ini..

Santiago Bernabeu Stadium

Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh Ayah. Akhirnya bisa berkunjung ke Santiago Bernabeu Stadium. Home based dari Real Madrid, time favorit ayah. Gak usah ditanya deh happy nya. Dari belum mulai masuk aja nyengir terus bawaannya. Dari mulai beli tiket metro ke stasiun Santiago Bernabeu aja sudah senang. Pokoknya kamu happy aku happy lah beb.

Kita beli tiketnya online, well kayaknya karena aku suka yang pasti-pasti aja jadi semua tiket attraction pasti aku belinya online. Ya soalnya biar hemat waktu, langsung masuk. Apalagi sekarang semuanya via elektronik bisa kan ya.

Kita masuk hampir ke semua area. Dari mulai mengelilingi stadium, masuk ke loker pemain, ruang press conference, kamar mandi pemain dan pastinya selalu berakhir di gift shop.  Berharap bisa ketemu Zidane sih ya disini hahaha, ngimpi abis. Tapi Alhamdulillah banget bisa kesini. Look how happy he is!

Selanjutnya semoga bisa dikasih rejeki buat ke stadium tim favorit Ayah satu lagi, in jolly old London. Amiin YRA..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.