Susu UHT vs Pasteurisasi

Setelah Aghnan menginjak 1 tahun, aku memang berniat untuk memperkenalkan dia dengan susu sapi. Kalau baca di wholesomebabyfood, pada saat usia sudah 12 bulan, sudah bisa diberikan wholemilk /cow milk. Dan memang buat anak yang pada waktu bayi nya alergi susu sapi, biasanya menginjak usia 12 bulan, alergi itu sudah tidak ada. Nah, kalau baca-baca beberapa referensi (baik milis/forum/memantau TL ibu-ibu yang anaknya menginjak 1 tahun :P ). Rata-rata pada memberikan susu sapi UHT atau pasteurisasi ke toddler nya dibanding sufor. Hal ini disebabkan komposisinya hanya susu sapi segar yang di masak dengan proses UHT atau pasteurisasi. Proses pembuatannya pun relatif tidak lama sehingga membuat nutrisinya masih terjaga.

Kalau tanya kenapa gak sufor? Buat aku UHT dan Pasteurisasi lebih unggul dibanding Sufor. Diantaranya adalah karena proses pembentukan UHT itu lebih alami dibanding proses pembentukan sufor. Dan biasanya karena sufor itu mengenyangkan, jadi buat toddler yang suka minum susu, minum sufor jadi cepat kenyang dan jadi susah makan atau GTM (baca beberapa pengalaman ibu-ibu). Lainnya lagi, pemberian sufor yang BENAR itu lebih ribet. Hehehe karena setahun ini terbiasa kasih ASI langsung buka warung, ngebayangin mesti kasih sufor dan prosedurnya kok males ya. Wkwkwkwkwk. Ya soalnya setau aku, IMHO, bikin sufor itu gak bisa sembarangan. Kalau kata si mama, harus pakai air panas (supaya bakteri-bakterinya mati) dan kalau disajikan ke anaknya harus tunggu dingin dulu. Berita bakteri sakazaki yang heboh ada di sufor kemarin itu, pasti karena waktu menyajikan sufornya cuman pakai air suhu ruangan biasa. Atau bahkan dicampur. Karena berkali-kali di konfirmasi bahwa tidak ada sufor yang mengandung bakteri sakazaki itu. Biasanya karena waktu menyajikan sufor tidak sesuai dengan aturan.

Nah, apa sih perbedaan proses UHT dan Pasteurisasi? Mari kita lihat tabel perbandingan yang sudah aku buat dibawah:

Berdasarkan perbandingan diatas akhirnya aku memutuskan untuk mencoba memperkenalkan UHT ke Aghnan dibandingkan Pasteurisasi. Awalnya Aghnan sempet gak mau, kagok kali sama rasanya. Tapi beberapa kali dicoba akhirnya dia mau-mau juga. Aku cobain yang merk Ultra dan hari ini mau coba yang Greenfields. Doain ya semoga Aghnan gak alergi susu sapi ini. *harap-harapcemas*. Semoga perbandingan diatas dapat memberi pencerahan buat para ibu-ibu yang belum mengerti bedanya susu UHT dan Pasteurisasi yaa.. :)

Buat yang kemaren heboh nanya-nanya di twitter “Emang udah gak ASI lagi?”. (Nanggepinnya juga malas sih, soalnya gw mau kasih Aghnan apa ya bukan urusan loe yaa.) Tapi gini prinsip gw. Selama ASI gw masih ada, gw akan terus kasih ke Aghnan. Dan insyaAllah pengennya tetap bisa menyusui langsung sampai 2 tahun. Amiin.

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pasteurize

http://en.wikipedia.org/wiki/UHT

http://lita.inirumahku.com/health/lita/secuil-tentang-produk-susu-sapi/

38 thoughts on “Susu UHT vs Pasteurisasi”

  1. biasa minum ultra gitu minum greenfield agak aneh. Tapi komposisinya zat-zatnya lebih banyak greenfields ketimbang Ultra. Harganya juga lebih mahal.Akhirnya milih ultra.. dengan alasan mencintai produk negeri. :))

    [Reply]

  2. wah.. nambah lagi ni satu saingan berburu ultra plain.. wakakakak :D biar murah dan tetep higienis, poko pakai susu bantal merk SEHAT. sama2 buatan ultra, cuma beda kemasan saja. isi 200ml, so tiap mau minum robek satu2.. daripada beli yang besar2 itu :) kemaren keabisan di lottemart huhuhuhu.. minggu depan harus berburu lagi.. Eh bisa pesan di koperasi kita juga loh, harganya lupa.. oke ato kaga dibanding luar :)

    [Reply]

  3. Hai, anggi :), salam kenal ya.
    Viva susu UHT and pasteurisasi :).
    Nggi, kalo anak gw, sejak 1 tahun smp skrg (agt nanti 4 tahun), gw pake ultra plain sama diamond pasteurisasi plain.
    Diamond ada uht-nya jg, plain jg, kemasannya biru tua, cuma ada ukuran 200ml.
    Tapi sejak komposisi ultra ada penstabil nabatinya, gw combine uht sama susu bantal Sehat, produksi ultra jaya juga. Nutrisi sih sama, tp komposisinya susu sapi segar aja.
    Buat pergi2 baru pake ultra yg 200ml. Tp udah jarang jg pergi bawa susu.
    Buat Aghnan, ‘met ultah ya. Wish him all the happiness in the world :).
    Udah follow di twitter jg ya (@linalinsky)

    [Reply]

  4. Menyusui sampai 3 thn pasti akan ditanya2 lg, bukannya cuma sampe 2 thn? halaaahhh..rese bener! hahaha…Thanks for sharing ilmunya ya mak ;D

    [Reply]

  5. Dan insyaAllah pengennya tetap bisa menyusui langsung sampai 3 tahun.

    >> pertama-tama, mau toss dulu sama si ganteng! *toss*
    hore susu kita kembaran loh! hehehe… soalnya dalam rangka persiapan kehamilan, aku juga sekarang minum susu UHT, tp tante mimik yg lowfat ya nak, hehehe…

    >> yg kedua, kalo ngadepin mulut2 usil mah, bener kata Mbak AstyNNS, ntar ada aja deh yg komen : “Lho kok sampe 3 taun sih???” -> hehehe… cuek bebek aja ya mbak Anggi :) each mom knows the best for her child(ren) ya toh?

    [Reply]

  6. say,mau tanya klo ultra yg coklat blh ga ya utk baby umur satu tahun? soalnya kmrn2 aq pake sufor kan rasanya manis,klo ganti lgs ke plain takutnya penolakan tingkat tinggi,trs klo di perjalanan jauh gmn say?,krn kan kita ga mgkn jg bawa2 cooler kemana2,lbh baik yg kemasan kecil kali ya

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    humm kayanya sih boleh boleh aja ko bu.. selama judulnya ultra.. cuman kalau coklat hati2 gula nya ya..

    [Reply]

  7. kl susu uht stlh dibuka hrs masukkin kulkas pas si kecil mau minum ga mgkn lgsg ksh ya. apa hrs di panasin dulu? skrg anak sy minum susu uhr greenfields malam sblm tidur tp di steam dulu apa ga merusak gizi di dlm susu. mohon sharing ya mba. thank u.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gpp ko ga merusak gizi..

    [Reply]

  8. hai mom,,salam kenal ya,,
    mau tanya nih,,
    kebetulan saya juga dah ganti uht buat beibi,,
    n kebetulan merk ultra juga,,
    nah,,biasanya kan beli yg kemasan kecil dulu *200ml*
    sampe si beibi terbiasa,,nah ini kan mau beli yg 1ltr itu
    tp gimana yah,,kan katanya harus dimasukin kulkas,,
    klo mlm msa kasih yg dingin gt,,
    cara penyajiannya gmn y mom,,mohon sharenya yah,,
    trus juga ada yg blg klo dbawah 2 thn pke uht yg full cream,,klo diatas dua tahun baru pake yg hi lo,,bener ga yah?
    Trims

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    buat dibawah 2 tahun memang sebaiknya yang full cream.. Kalau buat malam ada dua solusinya:
    1. Pakai aja yang kemasan kecil 200 ml jadi praktis..
    2. Kl mau pakai yang 1 Liter, ditaro di gelas kaca di rendam sama air panas. Macam kayak ASIP gitu..

    [Reply]

    uut Reply:

    mengurangi kandungannya nggak kalau direndanm dengan air panas dulu?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    kurang tau sih saya, cuman karena susu bisa dimasak atau dihangatkan kayaknya fine2 saja..

  9. mom aku beli Pasteurisasi diamod yg plain bwat aku sendiri kok pas aku buka kaya ngegumpal gtu yah trus bauny agak asem, knp itu yah mom?? aku jd ga brani minum deh hehehe.. (baru pertama kali minum susu Pasteurisasi biasany aku minum uht)
    trims

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Ya itu pasti sudah basi mom..

    [Reply]

  10. Thanks FYI..
    Next week anakku 1 thn, dan berencana mulai tandem ASI dengan UHT or Pasteurisasi karena produksi ASI udah mulai berkurang euy :(

    Tapi untuk pengenalan pertama kali dengan UHT gmn ya Mba Anggi?
    Dikasih langsung, atau dicampur dulu dengan ASI dengan rasio tertentu?
    Many thanks for your helps :)

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ASI ya jangan dicampur sama UHT say.. Langsung aja kasih UHT..

    [Reply]

  11. bun, aku juga gi mau nyoba kasih UHT ke si cantiku kirana… tapi awalnya bingung karena di supermarket adanya kan full cream. sekarang baru ngeh kalau emang full cream itu yg bisa diberikn ke bayi di bawah 2 tahun. makasih sharenya ya bun..

    [Reply]

  12. tenkiu sangad ya bun… akhirx dapat pencerahan juga.coz putri q Elsyifa usia 4bln d vonis dokter ALERGI SUSU SAPI&diberi resep susu PREGESTIMIL(selang seling dg ASI krn aq hrs ngantor).menginjak usia 1th aq msh belum brani ganti susu sapi,akhirx aq putuskan untuk pindah ke susu ISOMIL PLUS ADVANCE.Krn sikecil sudah mulai menolak susu pregestimil yg rasax pahhiiiitt… aq aja emoh bgt.

    and skrg putri q sudah 16bln,mau aq seling pake susu UHT jg,semoga saja dia mau&tidak ada masalah dg alergix..

    [Reply]

  13. bunda, saya mau tanya, klo saya pakai susu UHT yg ukuran kecil 200 ml trus susunya tdk habis diminum bisa disimpan di dalam kulkas lagi ya bunda?

    [Reply]

  14. mbak…copas dan share di fb ya…
    btw, di paragraf terakhir, aku juga ngalamin gitu…lha aku kan working mom..memang butuh komitmen tinggi dan bisa merealisasikan buat selaaaaluuuuu sedia ASIP..dan itu juga butuh perjuangan yang tdk mudah…*plus capeknya…hehe…sudah setahun Diya anakku gak kukasih sufor..ASI aja 6 bulan dan MP-ASI tanpa sufor atau UHT sama sekali…dan skrg mulai gak bisa stok ASIP banyak…
    thank u so much untuk ilmunya..=)

    [Reply]

  15. @capcaibakar : greenfields produksi dalam negeri koq, liad aja kemasannya, diproduksi di Malang :) memang lebih mahal, karena zat gizinya lebih unggul, biasanya lebih sering diekspor

    @eka marhaepi : klo susu udah nggumpal atau basi, jangan diminum, karena itu sudah pasti ada kontaminas bakteri. susu dengan kandungan nutrisi begitu bagusnya jadi tempat tumbuh bakteri yang ideal, jadi kalo sudah berbau asam, bahkan menggumpal menunjukkan bakteri sudah berkembang biak disitu.

    saya lebih rekomendasi susu yang plain, seperti full cream lebih2 kalo 100% susu sapi segar (liad komposisi), kadang ada yang ditambahkan skimmed milk powder juga (dari bau sudah berbeda)

    [Reply]

  16. cuma mau sharing moms, udah 4th an keluarga kami pakai UHT, and karena konsumsi tinggi (3 anak!!) makanya berburu susu berdasarkan diskon supermarket 1th pertama jadi kerjaan rutin, tp setelah coba cara lain, 3th ini sudah tidak repot berburu susu di supermarket (mana repot bawanya juga kalo berkarton-karton) mungkin moms bisa coba juga caranya dengan menghubungi distributor wilayah tempat tinggal mom. Bisa ditanyakan ke web merk UHT yang mom biasa beli untuk contact and telp distributornya :) Biasanya ada no telp/ email customer care nya, bisa ditanyakan lewat sana juga….

    [Reply]

  17. makasih udh share, kebetulan sy jg lagi bingung mw ngasih susu formula ato produk susu UHT.. milih UHT ajalah, gak ribet.. :)

    [Reply]

  18. Hi Bunda, terimakasih atas sharingnya. Anak saya skr usia 23 bulan, ketika usianya 12 bulan, saya kasi susu tambahannya susu pasteurise. Anak saya Asi sampai dengan usia 16 bulan. Alasan memberikan susu tambahan karena produksi Asi saya pada saat itu sudah berkurang banyak. Saya sendiri tidak terlalu percaya dengan Susu formula. Pilihan saya jatuh pada susu sapi pasteurise, karena mudah dalam menyajikan, gula dalam susu juga “0” sehingga tidak merusak gigi anak. Ketika saya beralih ke susu sapi pasteurise, ada beberapa orang yg beranggapan susu tersebut tidak pantas untuk anak usia 12 bulan keatas, bahkan menakuti saya bahwa susu pasteurise yg di produksi di Indonesia bisa tercemar bakteri TBC! Menanggapi hal tersebut, saya sampai berkonsultasi dengan produsen susu pasteurise. Dari situ, pengertian saya akan susu cair, baik UHT dan Pasteurise semakin benar dan semakin yakin untuk memberikannya ke anak saya. Sayang sekali ya, masih banyak pikiran orang2 bahwa susu formula itu yg terbaik untuk balita. Padahal, makan dengan pola gizi yg seimbang, susu secukupnya sudah baik untuk pertumbuhan anak.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>