Ijab Kabul Nanti..

Ijab Kabul adalah bagian dari rukun perkawinan dalam Islam. Rukun perkawinan dalam Islam itu antara lain adalah :

  1. Calon Suami (CPP)
  2. Calon Istri (CPW)
  3. Wali calon istri
  4. Saksi dari masing-masing pihak
  5. Ijab Kabul

Sedangkan selain rukun perkawinan, ada juga namanya syarat perkawinan dalam Islam. Jika syarat perkawinan tidak terpenuhi maka perkawinan tersebut tidak sah atau batal menurut hukum. Waakks.. Hehehe.. Jadi syarat perkawinan dalam Islam itu adalah :

  1. Persetujuan kedua belah pihak
  2. Mahar ( mas kawin )
  3. Tidak boleh melanggar larangan-larangan perkawinan (ngg… gw gak ngerti yang bagian ini)

Anyhow.. Yang jelas kawin lari tanpa persetujuan orang tua dan keluarga tidak disetujui sama Islam. Dan bisa dianggap tidak sah… Huhuhuhu..

Ijab kabul nanti kurang lebih bermakna terjadinya perpindahan tanggung jawab akan diriku dari ayahku ke suamiku nanti. Jadi setelah ijab kabul, mas akan menjadi imam utama ku. Menjadi pemimpinku, dan orang yang akan bertanggung jawab penuh terhadap hidupku nanti. Dan pemberi nafkah lahir dan batin yang utama. Jadi memang harus nurut sama suami kita nanti.. Hehehehe.. 😉

Nanti pada saat ijab kabul, bapakku  dan mas akan berjabat tangan dan mengucapkan teks ijab kabul seperti dibawah ini. Dimulai dari ucapan bapakku dulu :

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM,

ASTAGHFIRULLAH HALAZIM (3X) WA ATUBU ILAIH

ANANDA TEUKU AMIR FAHRUL KARIMUDDIN, SAYA NIKAHKAN DAN KAWINKAN ANANDA DENGAN PUTRI SAYA, ANGGRAINI WIDJANARTI BINTI BOWO SETIADJI DENGAN MAS KAWIN EMAS BATANGAN SEBESAR 37 GRAM DAN UANG SEBESAR 14 POUNDSTERLING 2 US DOLLAR 2000 YEN DAN 9 EURO DIBAYAR TUNAI.

Kemudian setelah itu mas akan membalas dengan mengucapkan :

SAYA TERIMA NIKAH DAN KAWINNYA ANGGRAINI WIDJANARTI BINTI BOWO SETIADJI DENGAN MAS KAWIN TERSEBUT DIBAYAR TUNAI.

Abis ituu.. Jika mas mengucapkannya dengan lancar dan jelas.. Dan dinyatakan sah oleh penghulu. Akhirnya resmi deeh kitaa jadi suami istri. Aduuh insyaAllah deh.. Amiin.. Amiin..

Gila yah, gw nulis postingan ini aja rasanya merinding ampun-ampunan. Gimana pas kejadian beneran yaa.. Bisa deg-degan banget kali yaa.. Aaahh I really can’t wait to be with u as man and wife mas.. Huhuhuhu… 4 bulan ko lama bangeet yaa rasanya.. 😆

17 thoughts on “Ijab Kabul Nanti..

  1. noni says:

    hello… gue ga sengaja baca2 blog lo. iya kok pas ijab kabul rasanya deg2an banget… nangis berurai air mata deh pokoknya. rasa seneng, deg2an, semua nyampur jadi satu. tapi begitu dibilang “sah” rasanya legaaaaa banget… at least itu yang gue alamin ya… mudah2an ntar lancar n ga usah pake diulang ya 🙂

  2. amalia says:

    wahhh.. itulah intinya pernikahan ya buuu.. hehehe.. sekarang gw sih lagi asik2nya bayangin masa2 setelah nikah ntar gimana.. huekekekekeke….. malah ga kepikiran pas detik2 perpindahan “imam” itu.. wakakaka… hadoohh,,, mudah2an lancar yaaaa.. amin amin amin….

  3. aissya says:

    Anggi mas kawinnya unik banget say uangnya lambang waktunya ya… hehehehe… bagus, btw mas batanganya 37 gram ada arti tersendiri ya?

  4. Arya says:

    Ada yg tau kalimat apa yg di ucapkan pengantin pria waktu ijab kabul, tlg bantu aku kawan habis lebaran aku mau menikah biar bisa meng hafal mulai skarang, thanx

  5. miss laaaaaaa says:

    ahahahaaaaaaaaaaaa…….
    gila….
    gw yg msh hrs nunggu 1 bln lg ajh degdegan bgt bca’a…..
    gmn nnt’a ya?

  6. wulan says:

    utk smua tmn” qu, doain aq ya …
    mdh”an dlm prnikahan qu nnti, smua’y bs brjln dgn lncr ..
    trutama dlm ijab kabul nya …
    amin …

Comments are closed.