Makanan Untuk Ibu Hamil

Alhamdulillah banget ya, menginjak minggu ke 5 ini aku masih sehat sentausa. No morning sickness. Gak muntah-muntah walaupun rasa eneg itu suka mendera dikala sore dan malam hari. Tapi masih ok lah, kalau eneg menerjang tinggal dijejelin jeruk or dibawa tidur aja. Kata orang-orang, hamil nya tambeng banget gak muntah-muntah. Huehehehe, ya abis gimana. Kan tiap orang beda-beda kondisinya. Kebetulan mama ku juga waktu hamil dulu juga gak muntah-muntah gitu.. πŸ˜‰

Jadi kayanya kalau biasanya bumil trimester pertama suka turun berat badannya, untuk aku kayanya sih bakalan sama or maybe naik sekitar 2-3 kilo. Wekekekeke.. πŸ˜† Alhamdulillah, setidaknya aku gak worried kalau si baby akan kekurangan gizi yang cukup.

Ngomong-ngomong soal gizi buat si baby, selama hamil ini kita memang harus betul-betul memperhatikan asupan yang masuk ke badan kita. Kalau aku pernah baca di buku sakti itu bahan makanan yang dianjurkan untuk bumil harus meliputi enam kelompok yaitu makanan yang mengandung protein (hewani & nabati), susu dan olahannya, roti & biji-bijian, buah & sayuran yang kaya akan vitamin C, sayuran berwarna hijau tua, buah & sayuran lain.

Garis bawah nya sih buat bumil harus makan makanan yang mengandung energi (300 kalori diatas kebutuhan wanita tidak hamil), protein, zat besi (harus meningkat 200-300% dibanding kebutuhan wanita tidak hamil), asam folat ( 600 mikrogram per hari) dan kalsium (1200 mg / hari).

Asam Folat dan Kalsium gunanya sudah aku post di postingan sebelumnya yah. Zat Besi penting banget untuk pembentukan plasenta dan sel-sel darah merah janin dan juga menghindari anemia (yang dapat menyebabkan black out juga) pada ibu hamil.Β  Untuk energi, kebutuhannya akan terus meningkat terutama untuk trimester 2 dan trimester 3. Energi tambahan selama trimester 2 diperlukan untuk pemekaran jaringan ibu, yaitu penambahan volume darah, pertumbuhan uterus dan payudara, serta penumpukan lemak. Sepanjang trimester 3, energi tambahan dipergunakan untuk pertumbuhan janin dan plasenta.

Jadi kayanya sebaiknya ibu hamil harus mulai pintar menghitung dan mengatur kebutuhan gizi yang masuk ke badannya setiap hari. Caiyooo πŸ˜€

Oh iya, selain asupan yang wajib untuk bumil, ada juga loh pantangannya buat bumil. Dari kemarin aku coba susun list nya dan ini dia list nya untuk makanan yang tidak boleh di konsumsi untuk ibu hamil:

  1. Makanan Mentah dan Setengah Matang –> termasuk di dalamnya sayuran-sayuran yang mentah tapi untuk hal ini terutama untuk daging unggas dan daging sapi ya. Soalnya makan daging yang mentah dan setengah matang mempertinggi kemungkinan kalau di daging tersebut masih ada bakteri-bakteri dan parasit didalamnya. πŸ™ Naah untuk kasus sashimi (daging mentah ikan semacam salmon dan tuna), agak dilematis nih. Soalnya ada dokter yang melarang, tapi ada dokter yang tidak keberatan selama tidak banyak-banyak. Soalnya biasanya parasit dan bakteri yang kita takutkan itu hidup di pada mamalia darat dan unggas bukan? Ada yang bisa kasih pendapat untuk yang ini?
  2. Produk dari susu mentah yang belum di pasteurisasi (dipanaskan sampai suhu 60Β°C selama 30 menit untuk membunuh bakteri) –> contohnya seperti susu mentah, keju lunak seperti keju brie, feta, blue cheese dan lain sebagainya.
  3. Teh Herbal –> Bisa memicu kontraksi
  4. Daging kambing dan Duren –> membuat suhu badan panas dan memicu kontraksi. Duren sih katanya kalau sedikit boleh, but then again, I don’t like kambing dan duren also so no problem for me.
  5. Minuman yang tinggi gula –> say good bye to soft drink dan minum-minuman kalengan yang mengandung pemanis buatan. For now just stick to mineral water dan jus buah segar.
  6. Daun Pepaya –> ini dari pengalamannya anak temannya mama. Kebanyakan makan daun pepaya memicu rapuhnya ari-ari si baby. Jadi buat bumil yang ngidam makan daun pepaya, better di tahan-tahan yaa..

Yang boleh di konsumsi tapii dengan jumlah yang terbatas untuk ibu hamil:

  1. Seafood –> sebetulnya kandungan protein, lemak, asam folat dan omega 3 dari seafood itu baik sekali dikonsumsi oleh ibu hamil. Namuun karena laut sudah tidak sebersih dahulu karena beberapa jenis makanan laut mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi, sehingga bisa menghambat pertumbuhan sistem saraf janin.
    • Yang masih boleh di santap itu salmon (kalau bisa, pilih ikan salmon yang segar dan tidak diternakkan), udang, teri, dan kakap maksimal 340 g per minggu. Batasi konsumsi ikan tuna hingga tidak lebih dari 170 g seminggu.
    • Yang perlu dihindari itu adalah Ikan hiu, sushi mentah, seafood yang diasapkan, serta jenis ikan apapun yang berasal dari air laut atau sungai yang telah terpolusi. Catatan: Semakin besar ukuran serta tua usia ikan, semakin tinggi pula kadar polusi dalam tubuhnya.
  2. Kafein –> Kafein bisa ’menembus’ plasenta, sehingga akan memengaruhi detak jantung serta sistem pernapasan janin. Bahkan, beberapa studi menyebutkan, minum kopi secara berlebihan erat kaitannya dengan rendahnya berat badan lahir bayi dan meningkatkan risiko mengalami keguguran dan janin meninggal saat lahir. Katanya sih 2-3 cangkir kopi per hari masih tolerable. Tapi buat yang tidak coffee addict better dihindari saja yaa..Β  Oh iya, FYI, teh pun juga mengandung kafein loh, walaupun kandungannya tidak sebanyak kopi. So, again, mending banyakin minum air putih dan jus buah segar saja yaa.. πŸ™‚
  3. Buah/Sayuran yang pahit (contoh Pare). Hiks..hiks.. As I said earlier aku mengidam pare sangat. Tapi setelah aku baca-baca lebih detail, makan pare nya itu tidak boleh banyak-banyak. Soalnya pare itu pahit karena mengandung kina. Naaah kina inilah yang dapat menyebabkan keguguran pada janin. Aduuh amit-amit ketuk meja deh. Mendengar informasi ini aku langsung stop deh keinginan mam pare. Walaupun tempting, tapi dari pada kenapa-napa yak.. πŸ™
  4. Junk food. Hehehe buat orang normal saja makan junk food berlebihan saja gak baik, bagaimana buat bumil coba? So yaa nampaknya aku akan sangat membatasi makanan Junk food. Walaupun wiken kemarin kesampaian juga keinginan makan KFC, cuman ada perjanjian sama si mas. Katanya per trimester cuman boleh sekali mam junk food. πŸ˜₯ Huhuhuhu ayah galaaak, tapi gpp lah, buat si dede.
  5. Sosis sapi, bakso dan makanan-makanan kaleng yang mengandung bahan pengawet –> Dari buku sakti itu sih makanan seperti ini baiknya dihindari. Tapi masih tergolong aman dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dengan syarat harus betu-betul matang saat dimasak.
  6. MSG –> hindari penggunaan vetsin pada makanan dan terutama, snack-snack yang mengandung MSG. Huhuhu ini juga yang susah, soalnya aku ngefans sama Lays. Cuman again, si mas galak. Katanya cuman boleh 2 bungkus per trimester. Nguk nguuk.. πŸ™ Ya udah, gpp lah, selama buat si baby.. πŸ™‚

Anihoo panjang aja ya ini postingan. Udah deh, segini dulu aja. Bumil dah lapar lagi nih, saatnya buka snack yang pertama nih kayanya… πŸ˜‰

[thumbnail image]

Sumber Tulisan :

http://www.parenting.co.id/article/article_detail.asp?catid=5&id=151

http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/06/asupan-gizi-untuk-ibu-hamil

19 thoughts on “Makanan Untuk Ibu Hamil

  1. chiko says:

    ahhhhh terimakasih infonya ya nggi… membantu sekali… tapi kalo baca jadi merasa asupanku kok kurang sekali yaaaaa….

    huhu asiknya kmu nda morning sickness… ah aku udah gak morning ajah, malahan sepanjang hari dr pagi sampe malem mual dan munmunnya tak tertahankan…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Sabar aja say, biasanya kan trimester 1 memang begitu. InsyaAllah dikebut di trimester 2 dan 3 ya say.. πŸ˜€ Caiyooo.. πŸ˜€

    [Reply]

  2. Wian says:

    wuiihhhh…kumplit.
    Oooo dirimu juga gak ngerasa eneg n mual yg gimanaaaa gitu ya bu? Soalnya gw juga gak ngerasa mual n eneg yg mpe parah. Palingan kadang2 doang. Tp gw jadi khawatir. “ko’ gak mual, eneg n pusing yah?”. tapi skali lagi hrs berfikir positif ya? berarti dedenya sayang sama bundanya. makanya gak buat bundanya repot ^_^.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    iya say.. ayoo harus positif thinking selalu yaaa.. Alhamdulillah kalau mual n eneg. Jadi dede nya bisa dapat asupan maksimal.. ^_^

    [Reply]

  3. Putri says:

    kata dokterku sih, sebenarnya yg menyebabkan kucing jd salah satu sumber penularan virus toksoplasma dikarenakan kucing makan ikan mentah, jd ikan baik laut maupun tawar kl dikonsumsi dlm keadaan mentah dikuatirkan akan menularkan virus tokso ke manusia..ga apa2 lah, menahan diri slm hamil utk tdk mengkonsumsi ikan mentah,demi anak.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Ohh gitu ya jeng? C I c.. ok lah aku juga puasa sushi dulu deh.. πŸ™‚

    [Reply]

  4. aini says:

    setahuku, untuk beberapa jenis ikan yang dipake sebagai sushi salahsatunya tuna (maguro sushi) atau sashimi tuna, konsumsinya oleh bumil sebaiknya nggak dulu… selain karena cenderung mengandung merkuri tadi (apalagi kita kan nggak tahu tuna-nya jenis yg mana), kalau dimakan mentah, yang ditakutkan adalah masuknya beberapa jenis parasit air (ntar gue coba cari lagi deh infonya tentang telur cacing laut yang hidup di daging2 ikan…dulu pas jaman kuliah pernah belajar ttg ini) & bakteri kontaminan yang memang biasanya juga hidup dalam daging ikan sebagai mikroorganisme simbion (simbion buat ikannya, tetapi “musuh” buat manusia πŸ˜† ). So… amannya klo mau makan sushi, mendingan pilih daging seafood pada sushi yang benar2 matang dimasak dulu πŸ˜‰ (sumbernya aku baca dari sini, say : http://www.parenting.co.id/article/article_detail.asp?catid=5&id=106 ). Banyak dokter juga yg bilang, klo daging salmon masih “safe” buat dilahap… dalam kasus gue, jadilah gue berpindah mahzab melahap salmon (dulunya gila-tuna). Sekarang udah dipelototin ma “hubby” kalo pengen maguro-sushi & sashimi tuna… biar ampe nangis-nangis didepan counter sushi-nya, nggak bakalan deh dibeliin πŸ˜†

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ooh gitu ya say.. Pantes saja aku pernah baca di artikel mana untuk Tuna dibatasin berapa gram nya buat di asup. Wah kamu pecinta Tuna ya? Kayak orang Jepang saja.. πŸ˜€ Di Jepang Tuna itu lebih populer dibanding Salmon looh. πŸ˜€

    [Reply]

    aini Reply:

    hehee, iya, aku pecinta-tuna banget… gak tahu knapa, tapi terasa lebih gurih aja klo dimakan sama kikkoman & acar jahenya *slurrrrpppjadingiler*

    [Reply]

  5. salsa says:

    makasih infonya…ternyata sayur kaya pare dan daun pepaya mending dihindari ya, baru tau nih hehe, walo dah baca buku2 sakti sampe bosen :p alhamdulilah aku juga ga ngalamin morning sickness, ga sampe muntah, ya mual dikit ma pusing aja. sekarang dah mau 12 minggu, ga sabar melepas trimester pertama neh. Ramadhan ini aku puasa, dokter bilang aman. Doain semoga lancar ya…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Wah selamat.. Kalau udah mau trimester 2 memang sudah lebih stabil yaaa.. πŸ™‚ Iya say, pare itu mengandung kina sehingga kalau kebanyakan bisa menyebabkan keguguran. Kemudian daun pepaya itu kalau kebanyakan bisa menyebabkan ari-ari bayi jadi rapuh..

    [Reply]

  6. Sassie says:

    Thx yach… dah mo bagi2 tipsnya berguna bgt, kebetulan Alhamdulillah Aq jg sm ga mual n muntah paling kadang2 aja… saat ini Insya Allah masuk minggu ke 8 dan aq lg pengen bgt “TONGSENG KAMBING” tp setelah baca artikel ini,Hmmm “TAHAN DULU X yach”..

    [Reply]

  7. sovie says:

    duhhh.. kemaren q makan daging sapi yg ada di kebab..
    itu kan msh mentah.. apa ga apa2 y?? tp bru sX kemarin doang.. kehamilan ku udh masuk 6bln..
    jd nyesel deh….!!! πŸ™

    [Reply]

  8. mudjieayu says:

    makasih banget informasinya ya jeng,,,tapi kalo aku ini hamil anak kedua tapi maboknya tambah parah apalagi cium bau masakan,, langsung muntah2,,usia kandunganku 11 minggu berat badan turun drastis udah kayak tengkorak hidup aja karena ga doyan makan,,,, eneg , mual dan muntah gak hilang2 dari pagi ampe malem,,,gimana solusinya jeng,,,,

    [Reply]

  9. arrienz says:

    thanks infonya yah jenk…
    berguna bgt bwt bumil.
    alhmdlh q jg ga mual n muntah n ngidam trll parah,
    justru yg mual n ngidam malah suami aq…
    hehe,,,, ^_^

    [Reply]

  10. estin says:

    kata dokter aku malah disuruh banyak banyak makan ikan laut..karena gizinya banyak sekali, protein tinggi. kebutulan pas hamil ini ikut suami ke maluku.. disini semua orang tiap hari orang makan ikan laut.. dan jadi makanan pokok ikan laut disni.. dan ibu hamil pun pada makan ikan laut tiap hari.. mungkin kalau dijakarta ya.. ikan lautnya tercemar..
    kl masalah daun pepaya kebetulan aku belum nanya dokterku.. tapi aku nemuin artikel sumbernya seorang dokter yg mengatakan adalah mitos kl bumil ga boleh makan daun pepaya.. ini sumbernya.. http://www.tempo.co/read/news/2012/01/23/060379134/Daun-Pepaya-dan-Nanas-Baik-bagi-Ibu-Hamil-dan-Bayi

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.