Cumi Saus Padang

Menikmati masa-masa cuti di rumah mulai deh hasrat buat eksperimen resep-resep baru. Uuh mungkin memang bawaan hamil anak cowok ya jadi malaaaas banget masuk dapur. Hahahaha, percaya tidak percaya.. Anihoo, udah lama banget gak ngemanjain si mas dengan resep-resep baru. Akhirnya nyobain deh resep Cumi Saus Padang ini. Iya, si mas doyan banget sama yang namanya Cumi. Mau di goreng, di bakar, di balado pokoknya salah satu favoritnya deh.

Google resepnya ada beberapa variasi resep. Ada yang pure pakai bumbu ulekan (bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi). Ada juga yang pakai sambal botol, saus tomat dan saus tiram. Kalau pakai bumbu ulekan gitu kebayang kan pasti rasanya gurih-gurih kaya balado gitu. Nah dibayangan aku saus padang itu spicy tapi ada jejak rasa manis gurih di dalamnya. Yaudah kayaknya mending dicampur aja kali yaaa.. Wekekekeke.. Here we go, cumi saus padang ala aku..

Cumi Saus Padang

Bahan: 500 gram Cumi, 10 Cabai Merah Keriting, 6 Bawang Merah, 4 Bawang Putih, 1.4 sdt Terasi, 1 sdt Garam, 2 sdt Gula, 1 cm Jahe, 1 buah jeruk nipis, 1/2 Bawang Bombay (potong memanjang), 2 sdm Sambal Botolan, 4 sdm Saos Tomat,  2 sdm Saus Tiram, Tepung Maizena, 2 sdm Minyak Goreng

Cara Membuatnya:

  1. Cuci cumi, potong, kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan 15 menit kemudian cuci kembali.
  2. Haluskan, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam dan jahe.
  3. Panaskan wajan dan masukkan Minyak Goreng.
  4. Ketika minyak sudah panas, masukkan bawang bombay, tumis sampai wangi kemudian masukkan bumbu yang sudah di haluskan. Tumis sampai bumbu matang dan wangi.
  5. Masukkan cumi yang sudah dipotong, masak sampai cumi matang.
  6. Masukkan air secukupnya, kemudian masukkan sambal botolan, saus tomat, saus tiram, dan gula.
  7. Aduk rata, dan tunggu sampai matang semuanya. Rasakan bumbunya, apakah sudah sesuai rasanya apa belum. Jika kurang bisa tambah garam/gula.
  8. Jika sudah mendidih, masukkan larutan maizena dan aduk sampai mengental.

Voila.. Jadi juga deh cumi saus padang. Penampakannya waktu masih di wajan seperti ini:

Cumi Saos Padang

Kata si hubby enak siih.. Yah tapi buat hubby ku makanan itu cuman 2 rasanya, either enak atau enak banget. Hahahaha.. 😆 . Yang penting cumi nya habis dimakan si mas.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.