Musikal Laskar Pelangi

Akhirnya kesampaian juga nonton musikal Laskar Pelangi wiken kemarin. Thanks buat bumil Resa yang sudah mau dititipin beli tiketnya, kita pun akhirnya nonton rame-rame bertujuh. Aku sendiri cukup excited untuk nonton, apalagi melihat respon dari pemutaran sebelumnya yang luar biasa. Walau sudah pernah nonton film nya, cuman kan memang penyajian film dan musikal berbeda ya. Apalagi dengan nama besar seperti Mira Lesmana, Riri Riza, Erwin Gutawa dan Jay Subiakto ada di balik layar Musikal Laskar Pelangi, pasti sangat menjanjikan dong ya.

Buat pertunjukan musikal sendiri, ini bukan yang pertama buat aku. Pertama kali nonton musikal waktu travelling ke London tahun 2006. Kemudian pengalaman yang kedua nonton musikal itu di Esplanade tahun 2009, waktu babymoon sama ayah. Dan yang ketiga ini ya Musikal Laskar Pelangi. Aku sendiri cukup menggilai musikal ya. Apalagi karya-karyanya Andrew Lloyd Webber. Jadi bersemangat begitu tau mulai menjamurnya pertunjukan musikal di Indonesia.

Musikal Laskar Pelangi nya sendiri diadakan di Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Giling, keren banget ini gedung pertunjukan. Akhirnya Jakarta punya tempat yang layak ya buat menampilkan pertunjukan seperti ini. Jam pertunjukannya mulai jam 19.00. Jadi abis maghrib langsung cabcus ke TIM. Ketemu Nuril sama Aria abis itu disusul sama Resa dan Michel. Dan Yoga pun nyusul belakangan. Btw, pas kita ngobrol-ngobrol di luar buat nungguin orang-orang salut deh sama pihak keamanannya. Lihat Nuril sama Resa yang lagi hamil besar langsung diambilin kursi loh. Seneng banget ngeliatnya 🙂

Berhubung nontonnya yang kelas 2. Jadinya tempat duduknya rebutan deh. Beda sama VIP dan VVIP yang bisa pilih seat. Tapi ya lumayan jelas lah pemandangan dari kursi kelas 2. 🙂

Selama pertunjukkan dimulai gak berhenti-hentinya aku berdecak kagum. Asli semuanya baguuus banget. Tata panggung, tata suara, tata gerak nya keren-keren. Lagu-lagunya bagus bangeet. Dan sangat mengharukan apalagi kalau tau ini hasil karya anak negeri sendiri. Pertunjukkannya jempolan banget dan menurut aku, Musikal Laskar Pelangi deserves a bigger stage 🙂 Suara-suara pemainnya bagus-bagus banget. Dan aku masih terbayang-bayang sama ceritanya. Apalagi perjuangannya Lintang untuk sekolah yang selalu sukses bikin gw mewek dan terharu. Aghnan harus nonton Laskar Pelangi ini biar dia tau bahwa ada orang yang berjuang luar biasa untuk mendapatkan pendidikan. :’)

Buat pertunjukkannya sendiri aku gak ada komentar negatif. Standing applause buat Musikal Laskar Pelangi. Cuman yang perlu di edukasi lebih lanjut ya para penontonnya yang bikin sakit kepala. Maap ya, ini nasib orang yang duduknya di sebelah ibu-ibu (yang mungkin terlalu bersemangat nonton) jadi tepok tangan hampir di setiap scene (bahkan sebelum scene nya habis). Terus ya tepok tangannya ya ala kayak nonton pertandingan sepak bola, yang pakai suara-suara semacam “Woooh..”, “Aaaawww..”,”Kereeeenn”. Sekali dua kali sih gpp. Lah ini sepanjang pertunjukan.. *pingsan* . Asli ganggu banget dan menurut aku jadi mengganggu kekhusyukan gw menonton dan mengagumi pertunjukannya sendiri. Bukannya pertunjukkannya gak deserve sambutan seperti itu. Iiih pantes banget lagii. Cuman ya kalau mau standing applause sampai koprol bolak balik sih monggo aja. Tapi ya mbok di akhir pertunjukan gitu. Biar gw bisa bantuin koprol bolak balik juga tanpa ganggu orang lain.. 😛

Oh terus sama kebijakan panitia selama pertunjukan juga. Waktu pertunjukkan sudah di mulai, masih dibolehkan loh para penonton yang telat untuk masuk ke gedung pertunjukan. Hal ini tentunya (lagi-lagi) mengganggu kekhusyukan penonton yang sedang menikmati pertunjukannya. Kalau di luar, begitu pertunjukan sudah di mulai, penonton yang telat dilarang memasukin ruang pertunjukkan. Coba diaplikasikan juga kebijaksanaannya disini yak.

But overall it’s a wonderful experience. Sayang gak bisa nonton sampai habis. Waktu break langsung pulang soalnya bisa kemalaman nanti mbak nya Aghnan nungguin Aghnan. Kasihan kalau mesti nungguin lebih malam lagi. Mungkin lain kali kalau nonton musikal bisa ambil yang jam siang aja ya pas wiken. Jadi puas nontonnya.

Congrats buat Musikal Laskar Pelangi. Katanya sudah diundang buat main di Esplanade yah. Mantab sekali. Ikut bangga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.