Like Mother Like Son..

Masih inget kan pepatah yang bilang, “buah gak bakal jatuh dari pohonnya”.. Nah itu berlaku banget deh buat aku sama Aghnan. Makin hari si bocah makin kayak gw. 😆 Terutama dalam hal arts. Dari kecil gw gak pernah doyan deh disuruh gambar-gambar, mewarnai, cat-cat air, pokoknya yang hubungannya sama painting aku dadah babay deh. Tiap pelajaran seni gambar dan prakarya aku pasti gak enjoy. Tapi kalau seni musik aku cinta berat deh.

Ternyata si bocah juga begitu. Di sekolahnya tiap ada sesi main dengan cat air dan pengenalan warna dia pasti kabur lari-lari ke tempat lain. Rusuh deh. Puncaknya adalah ketika kemaren main cat tangan (jadi cat diolesin di tangan terus ditaro di kertas), si bocah saking antinya sampai mau munta ngeliat cat air. Aku pikir karena bau nya mungkin ya. Sampai akhirnya aku beliin cat nya ELC buat main-main di rumah. Ternyata dicobain di rumah sami mawon. Bahkan pas di rumah itu muntah beneran.. -.-”

Bapaknya sama mbak Tarni nya speechless. Aku cuman ketawa aja. Ya abis gimana, masa gw paksain, emang si bocah kagak doyan, Bunda ngerti banget deh nak.. 😆 Si mbak nya sih masih penasaran pengen bikin Aghnan suka main warna. Aku nya sendiri udah maklum banget. 😆

Itu kalau urusan main cat dan mewarnai persis kayak bundanya. Begitu juga dengan urusan seni musik. Doyan bangeet dia nyanyi-nyanyi (walau kebanyakan kita yang suruh nyanyiin buat dia), joget-joget sama hobi barunya dia adalah mainin piano lama aku yang ada di rumah mama. 😆  Ya udah deh nak, nanti bunda cariin guru les piano ya. Pokoknya wajib belajar piano. Nanti kalau udah gede mau pilih alat musik lain terserah (Tiger Mom mode on) 😆

Perkembangan Aghnan sendiri gimana? Ya makin ngegemesin tiap harinya. Sungguh menyenangkan ya punya Toddler. Asal waktu tidur dan makannya dia gak keganggu (baca: jangan sampai telat atau skip) dia mah manis banget. Yaa kadang suka crancky kalau lagi sakaw Thomas. Cuman biasanya sih ujung-ujungnya karena masih lapar atau ya kurang bobo.

Ngomong-ngomong soal lapar ya. Ini bocah akhir-akhir ini jadi kayak growth spurt  lagi. Makannya gila-gilaan. BANGET. Sehari bisa makan nasi + lauk sampai 4 kali sehari. Diselingi susu UHT sekitar 200 ml, 1 bungkus yoghurt dan snack buah. Itu juga biasanya masih suka minta makanan kita kalau liat kita makan. Mangkanya begitu nimbang berat dan tinggi badannya kemaren langsung kaget. Beratnya udah sekitar 14.5-15 kg dan tingginya sekitar 89-90 cm. Dan intip growth chart langsung keselek. Beratnya melonjak ke Percentile 90-95 dari yang 6 bulan yg lalu masih di Percentile 75. Kalau tingginya sih masih sama, anteng di Percentile 90. Kayaknya emang bakat tinggi dari bapaknya ya.

Cuman yang beratnya yang bikin geleng-geleng kepala. Soalnya si bocah gak keliatan gendut yang flabby gitu. Tapi kalau digendong, aku sungguh udah gak sanggup. Kayak manggul karung beras. -.-”

Sesungguhnya ini bikin aku sedikit worried sih. Soalnya gw takut dia berlebihan dan jadi obesitas. Akhirnya sekarang aku coba ganti makannya lagi. Biar dia asupan gula nya gak kebanyakan, aku ganti nasi putihnya dia dengan nasi kombinasi (dari beras putih dan beras merah), dan mulai bulan ini mau aku cobain lagi Beras Coklat. Kalau menurut My Plate, beras coklat ini bagus buat asupan karbohidrat kita. Berhubung salah satu resolusi gw tahun ini adalah merubah pola makan menjadi lebih sehat, jadinya mari dicoba buat kita sekeluarga.

Kemudian Aghnan juga aku mulai perbanyak makan ikan nya. Alhamdulillah dari ikan Selar, Gurame, Tenggiri, Belanak sampai Salmon dia suka. Dan yang terpenting. Gak alergi. Alhamdulillah. Oh iya buat seafood dia baru aku kenalin ikan-ikanan aja. Nanti kalau 2 tahun baru aku kenalin udang, cumi dll. Semoga gak alergi juga deh. Amiin.

Masih perlu banyak belajar soal MyPlate ini. Tapi yah semangat deh memperbaiki diet nya si Bocah. Dan buat orang tua nya juga. Biar sehat, karena sesungguhnya sehat sangat berharga bukan?

 

7 thoughts on “Like Mother Like Son..

  1. arie says:

    seneng bacanya..ngliat tumbuh kembang batita mang hal yg sangaaaaat indah..
    aghnan..sehat terus yaaahhh… kapan punya adik?? hehehee

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya nanti.. 3 tahun lagi ya 🙂

    [Reply]

  2. gasa says:

    Mbak Anggi, salam kenal.
    Mau tanya dong, Aghnan biasa dikasih yoghurt merk apa yah? Soalnya anak saya gak doyan yoghurt, siapa tau pke merk yg biasa dikasih ke Aghnan dia suka juga.
    Makasih

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    dia sukanya Ell&Vire yang rasa buah macem itu say.. 🙂

    [Reply]

  3. miund says:

    wakakakak ngakak baca Aghnan ga suka art. ya gak pa pa Nggi, yang penting kan punya interest di bidang lain 😀

    eh beras coklat memang bagus. indeks glikemik rendah. sejak diabetes dan makan beras coklat, kadar gulaku stabil. tapi entah kenapa, lebih stabil kalo makan pasta. cocok2an kali ya? semoga bagus semua buat Aghnan yak 🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.