The Jumbo Burger

Gara-gara blogwalking dan baca resep burger istrinya temenku jadi keblinger pengen nyobain sendiri. Apalagi modifikasinya unik banget pakai beef bacon yang diselipin ke dalam adonan burgernya. Nyam.. Memikirkannya pun bikin laper bok. Maklum aku penggila beef bacon yang digoreng sampai krispy garing gitu deh. Kalau nginep di hotel dan sarapannya ada beef bacon udah pasti jadi hotel paporit 😛

Resepnya kurang lebih sama sih, cuman aku tambahin sedikit modifikasi. Berhubung aku pencinta jamur, jadinya tambahin jamur ke dalam burgernya. Sok-sok mau kayak Swiss Double Mushroom nya BK sih. 😆 Oh iya, yang perlu diperhatikan disini adalah teknik memasaknya yang menurut aku jenius, soalnya bikin daging itu tetap juicy banget..nget..nget.. So, ini dia resepnya:

The Jumbo Burger (untuk 4 Burger)

Bahan: 250 gram daging cincang, 6 lembar beef bacon, 4 Keju Cheddar Singles, 4 Jamur Champignon segar ukuran besar, 1/2 bawang bombay, 3 siung bawang putih, 2 sdm bread crumbs, 1 butir telur ayam, Tomat, Selada, Mayonaise, Saus Tomat, 4 roti burger, butter, garam dan lada hitam

Cara Membuatnya:

  1. Potong roti burger jadi dua, kemudian oles dengan sedikit butter dan panggang sampai agak kecoklatan.
  2. Potong tomat dan selada secukupnya.
  3. Panaskan sedikit butter di wajan kemudian tumis potongan jamur sampai matang kemudian sisihkan.
  4. Potong beef bacon sampai ukurannya jadi kotak-kotak kecil. Panaskan wajan dan kemudian tumis (tanpa minyak) si beef bacon sampai garing crispy. Jika sudah angkat dan sisihkan.
  5. Masukkan ke dalam mangkuk daging cincang, bawang bombay yang dicincang halus, bawang putih yang sudah di cincang halus juga, telur, bread crumbs, kemudian campur sampai rata. Kemudian masukkan beef bacon, aduk sampai rata dan kasih garam dan lada hitam.
  6. Adonan daging setelah itu kita bagi 4 dan bentuk bulat-bulat pipih seperti patty burger. Kemudian panaskan wajan.
  7. Oles wajan dengan sedikit butter kemudian masukkan burger. Kemudian tutup burger di dalam wajan dengan mangkok aluminium dan diamkan sampai 2,5 menit. (ini yang bikin daging juicy)
  8. Setelah 2,5 menit buka mangkok aluminiumnya kemudian balikkan daging dan tutup kembali dengan mangkok aluminium dan diamkan sampai 1,5 menit.
  9. Setelah 1,5 menit buka mangkok aluminiumnya taro tumisan jamur diatas daging dan lapisi dengan keju cheddar singles dan tutup lagi dengan mangkok aluminium dan masak sampai 1 menit.
  10. Siapkan roti yang sudah dioles sedikit mayo, kemudian taro daging yang sudah matang ke atas roti tumpuk dengan selada dan tomat dan Burger siap dihidangkan.

Dan hasilnya seperti ini..

Dan sukses bikin aku keruyukan sekarang. Pengen lagi deh bikin burger yummy ini. Nyam..nyam..nyam.. 🙂

Selamat mencoba.. 🙂

14 thoughts on “The Jumbo Burger

  1. ananta jeumpa says:

    waduh… kacau nih dunia persilatan ngeliat blog anggie yang ini.. krucuk krucuk plus drooling.. ngomong-ngomong menutup wajan waktu masak daging burgernya harus dengan alumunium kah? atau bisa dengan tutup wajan biasa…?

    btw ini berapa lama ngabisinnya.. hehehehe….

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hehe pake tutup wajan biasa kayaknya bisa juga kok.. Cepet kok ngabisinnya, kan laper.. 😆

    [Reply]

  2. Tantri says:

    omagaahhhhh… *lari ke grand lucky beli daging cincang*

    enakk bgt kayaknya mbakk..
    ga pake roti juga pasti asyiikk.. macam steak daging cincang begituh..hihi

    thanks for sharing mbak 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    sipp 🙂

    [Reply]

  3. vivi says:

    mbak anggi, itu dagingnya dimasak 5 menitan gitu mateng ya? apa sebelumnya tu daging harus dipresto dl biar empuk? aku sungguh ngiler liat burgermu mbak. ga ada BK di kotaku, burger ini pun lumayan lah 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    mateng kok, yang penting panasnya pas. gak perlu dipresto say kan daging cincang. Cobain deh, kalau kata suami BK aja lewat.. hihi..

    [Reply]

  4. Arie Andika Setiawan says:

    Glad you like it, De! Akhirnya dicoba juga 🙂
    Thanks for linking back to my blog as well 😀

    Sering2 aja yah dicek website gw, gw masih berusaha ingetin si Bicil buat tulis resep yang laen :))

    Thanks!

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    iya dong plis.. gw suka menyontek resep orang soalnya 😆

    [Reply]

  5. frizielia says:

    mbak, mau tanya buat beef baconnya pake merk apa yah?? ada recomend ga buat bacon sm sosis? mau buat hotdog juga ceritanya… hihihi… makasihh

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.