Update Template Buku Panduan Pernikahan Adat Jawa

Pagi-pagi cek email, eh dapat email dari mbak Niken Soekanto. Aku pikir soal konfirmasi ketemuan dengan ibu Kiky. Hehehe ternyata mbak Niken cerita habis lihat-lihat Love Journal ini.. Alhamdulillah responnya baguuus.. Bikin aku semangat pagi-pagi deh. Hehehe..

Ternyata mbak Niken lihat template buku panduan pernikahan ku yang sebelumnya aku upload di blog ini. Mbak Niken menambahkan beberapa item tambahan di template buku panduan itu. Aduuh mbak Niken baik bangeet. Tambahan-tambahan dari mbak Niken ini lebih detail dan aku personally merasa, hal-hal tersebut cukup penting dan tidak boleh terlupa pada saat prosesi berlangsung.

Sangat terasa pada saat bagian Rincian Tugas Panitia Pelaksana. Contohnya untuk rincian tugas PIC Dekorasi rumah, mbak Niken menambahkan :

Bila ada dekorasi dengan bunga melati, pastikan bunga melati tidak layu (minta diganti yg baru) saat pagi hari menjelang akad nikah.

Kemudian untuk rincian tugas PIC Konsumsi, mbak Niken menambahkan :

  • Memastikan snack atau nasi box untuk para satpam dan supir para tamu yang juga harus diperhatikan.
  • Pastikan sendok, garpu, piring , tissue selalu tersedia, dan jaga jangan sampai berantakan. Siapkan juga lilin utk lalat dan kapur ajaib untuk semut.
  • Pastikan makanan berkuah tetap panas / hangat seperti soup supaya dapat dinikmati para tamu.

Kemudian untuk rincian tugas PIC Keamanan, mbak Niken menambahkan :

  • Pastikan saat acara di rumah, ada penanggung jawab untuk masing2 kamar di dalam rumah. Pintu2 kamar pribadi yg tidak dipakai harus selalu dikunci dan ada yg bertugas sebagai pemegang kuncinya yang identiasnya harus jelas dikenal dan tahu dimana harus mencari dia bila dibutuhkan.
  • Khusus kamar pengantin, tidak boleh ada barang2 berharga karena arus lalu lintas di kamar pengantin sangat tinggi, mulai dari team perias, fotografer dan panitia2 yang keluar masuk.
  • Baju2 yg akan digunakan selama acara baik siraman, midodareni, akad maupun resepsi, sebaiknya sudah dimasukkan ke dalam koper khusus sehingga tidak buka tutup lemari lagi dan lebih terjamin Insya Allah tidak ada yg ketinggalan saat berangkat ke gedung resepsi karena sudah ada checklist-nya apa saja yg sudah dan belum terbawa.
  • Sediakan obat2an (diare, pusing, maag, flu, dll) untuk jaga2 saudara2 yg datang dari luar kota tiba2 sakit (biasanya karena lelah). Bila ada dokter di keluarga, alangkah baiknya bila dokter keluarga tersebut dimohon untuk stand by.

Waaah… kalau dipikir-pikir benar juga yaaa.. Hal-hal tersebut penting namunΒ  terkadang suka terlupa. Subhanallah banget mbak Niken mau membantu menambahkan dan mengingatkan. Matur Nuwun Sangat yaa mbak Niken. πŸ™‚ Berikut adalah update template panduan pernikahan adat Jawa yang telah di tambahkan oleh mbak Niken : Template Panduan Pernikahan Adat Jawa v3 .

12 thoughts on “Update Template Buku Panduan Pernikahan Adat Jawa

  1. retno says:

    Anggiiii…

    Kita PASTI BANGET temen SMA niy..gw taunya dari Tya:-p Tp waktu itu gw ga ngeh..cos Tya nanyanya “Kenal sama Anggraini ga?” heheh..nama “beken” lo ga disebu! Setelah baca web lo, baru deh gw “ngeh” πŸ™‚

    Aniwey, asyik banget web lo! Komplit pisan… jadi ketagihan bacanya!
    Anggi..boleh tak aku mendonlod buku panduan ini? Tampaknya sangat berguna untuk orang malas seperti gw, hehehe…

    Tengkhyuh yahhhh

  2. amelia says:

    mbak, aku mo ikutan download yang data panduan lengkap pernikahan kok gak bisa ya?

    Anggraini Widjanarti Reply:

    @amelia
    Itu file Microsoft Excel 2007 say gak bisa dibuka yang versi 2003..

  3. Uthie says:

    lagi blog walking ‘n jd nyangkut disini. banyak bgt info yg gw butuhkan ada disini. rencananya gw juga akan melangsungkan pernikahan dg adat Jawa Solo.
    oia, diriku donlot file panduan pernikahan-nya ya… sekalian ijin nge-link blog-nya…
    thank you bgt…

  4. Anggraini Widjanarti says:

    pernikahan adat – Dengan ini saya ingin menanyakan tentang template buku pernikahan yang dimuat di http://pernikahanadat.blogspot.com/2010/01/pernikahan-adat-jawa.html yang aslinya adalah berasal dari blog yang saya kelola, dan disebarluaskan dengan tidak memberikan kredit sama sekali terhadap pembuat aslinya dan bahkan memberikan footer blog Anda, seakan-akan template tersebut Anda sendiri yang membuat.

    Silakan hapus footer tautan terhadap blog Anda dan berikan kredit terhadap pembuat aslinya selambat-lambatnya hari Selasa, 27 April 2010, atau saya akan memberitahukan perihal ini secara resmi di blog saya sebagai indikasi plagiat/penjiplakan. Terima kasih.

Comments are closed.