Tumis Daging Basil

Ini sebenarnya masakan Thailand. Dan aslinya itu dibuat dari daging ayam yang nama nya Gai Pad Gra Pow (Chicken Basil Stir Fry). Kan wiken kemarin (Sabtu Minggu) kita makan di restoran Thailand sampai 2 kali. Hari Sabtu kita ke Jittlada Sency dan hari Minggu nya kita makan di Kuppa Plaza Indonesia. Naah waktu di Jittlada kita pesan Gai Pad Gra Pow ini, tapi pas di Kuppa kita pesan menu yang sama tapi dengan daging sapi.

Hubby suka banget makanan ini. Soalnya pedas-pedas nampol gimanaa gitu. Terus kalau dari tekstur masakannya sih, menurut pengamatan aku, kayanya gak susah buatnya. Perkiraan sih, pake bawang putih plus kecap asin dan gula. Terus pakai daun Basil segar dan cabai rawit hijau nan maknyuus.. Akhirnya setelah dari Kuppa, langsung deh ke Foodhall buat nyari daun Basil segarnya. Dapat looh.. Hihihi langsung excited deh buat cari-cari resepnya via mbah Google.

Akhirnya nemu resepnya di blog ini. Aku modif dengan daging sapi cincang, soalnya si hubby lebih suka red meat dibanding white meat.. 😛 It’ soo easy dan sangat-sangat praktis.. Me like it.. 🙂 Ini dia resepnya..

Tumis Daging Basil

Bahan : 200 gr daging sapi cincang, 2 siung bawang putih (geprek dan cincang kasar), 12 cabai rawit hijau iris tipis, 1 mangkok baso daun basil (yang sudah dipetik dan cuci dengan air bersih), 4 sdm kecap ikan, 1/2 sdm saus tiram, 1 1/2 sdm gula, 2 sdm minyak goreng

Cara Membuatnya :

  1. Panaskan minyak goreng kemudian masukkan bawang putih, tumis sampai harum
  2. Masukkan daging cincang kemudian masak sampai air dagingnya berkurang
  3. Masukkan cabai rawit dan daun basil. Aduk sampai daun basil nya layu.
  4. Masukkan kecap ikan, saus tiram, gula dan aduk rata.
  5. Tuangkan air sedikit dan masak sampai air berkurang.
  6. Makanan siap dihidangkan..

Mudah sekali bukaaan.. 🙂 Rasanya enak banget apalagi kalau dimakan hangat-hangat sama nasi putih yang baru matang. Yumm.. 🙂 Btw, kalau ada shock lihat jumlah cabai rawitnya.. Hihihi..  Well, the more the merrier rasanya sebenarnya.. Lagipula si hubby itu pencinta pedas. Aku yaa lumayan laah. Tapi kan cabai rawit hijau, bukan yang merah. Jadi masih oke lah yaa..

Tumis Daging Basil

Oh iya, daun basil nya itu jangan diganti sama kemangi yaa. Soalnya yang bikin rasanya unik itu karena daun basilnya. Jadi berasa beneran kayak makanan Thailand di resto-resto itu.. 🙂 Ada dijual ko di FoodHall supermarket. Harganya satu ikat besar cukup 4000 sajah.. 🙂 Selamat mencoba.. 🙂

9 thoughts on “Tumis Daging Basil

  1. mrs.karimuddin says:

    Gampang Ni.. Bangeeet.. Tapi ya itu, enak makannya kalau hangat2.. Mak nyuus banget deh.. 🙂

    [Reply]

    quinn Reply:

    bukannya keemaangi itu kan = basil dlm bhs inggris..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ya cobain aja bandingin bentuk dan wanginya.. Buat gw sih beda.. Udah pernah bandingin?

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.