Lasagna Yummy

Aaaah terharu banget begitu Lasagna pertama ku ini jadi. Setelah kekacauan cukup sangat di dapur. Akhirnya bisa jadi dengan baik dan enaaak. Iyaah waktu itu bikinnya cukup ribet suribet deh. Dan sempat terjadi kegagalan dalam memasak pasta lasagna nya yang pertama kali. Huhuhuhu sebal sekali, padahal udah dikasih minyak banyak teteeep itu lasagna nempel dengan cantiknya satu sama laiin. Ngeliatnya mau nangis, sampai akhir gemes aku bejek-bejek terus masukin tong sampah deh.

Emosi abiis (pengaruh hormon yang menggila karena hamidun juga kali ya). Pengen nangiis juga. Sampai akhirnya mencoba lagi deh. Kali ini dilakukan lebih hati-hati. Walaupun tetep ada yang robek-robek cuman yang penting gak nempel-nempel satu sama lain. Pas di tata di Pyrex pun bisa-bisa aja di kombinasikan yg robek sama yang bagus. Fiuuh..

Emang sih prinsip aku penampilan bodo amat lah. Mau jelek kalau enak pun pasti di sikat-sikat aja bukan? Wekekekeke.. Ow well, here goes my recipe (hasil padu padan beberapa resep Lasagna yang aku punya). Aku gak bakal bilang buatnya mudah. Tapi gak terlalu susah juga ko. Cuman rada ribet suribet aja deh.. Masih enakan masak Makaroni Panggang.. 😀

Lasagna kita mesti buat 2 saus. Yaitu saus merah/daging/bolognaise sama saus putih/keju/bechamel. Nah nanti di pinggannya kita atur deh pasta dengan kedua saus ini. Ada yang suka saus putihnya di taro di atas saja. Ada juga yang suka saus putihnya selang seling dengan saus merah di tiap lapisan. Terserah kita aja. Gak ada yang terlalu baku ko. Kalau aku sih juga suka suka aja menatanya. Di lapisan kelipatan tiga baru dicampur saus putih diatas saus merah. Sama penghabisannya saus putih ditaro di paling atas.

Lasagna

Bahan Pasta Lasagna: 250 gr Pasta Lasagna, 2 liter air untuk merebus pasta, 4 sdm minyak zaitun.

Bahan Saus Merah: 2 sdm minyak zaitun, 1 siung bawang putih di cincang kasar, 1 buah bawang bombay iris kotak, 500 gr daging cincang, 1 botol saus tomat, 170 gr pasta tomat (1 kaleng Del Monte), 1 sdt oregano, 1 sdt basil, 1 sdt garam, 2 sdt gula pasir, 1 sdt merica bubuk

Bahan Saus Putih: 3 sdm butter/mentega, 3 sdm terigu, 500 ml susu cair, 125 gr keju cheddar yang sudah di parut, 1/4 merica bubuk

Bahan Taburan: 250 gr keju mozarella parut, 1 sdt oregano, 1 sdt basil

Cara Membuatnya:

    • Panaskan 2 L air. Masukkan minyak dan garam secukupnya. Jika sudah mendidih, masukkan pasta lasagna dan masak kurang lebih 10 menit. Perhatikan terus apakah pasta lengket satu sama lain. Usahakan diaduk beberapa kali agar tidak menempel.
    • Jika pasta sudah matang tiriskan kemudian siram dengan air dingin.
    • Panaskan oven dengan suhu 180 derajat.
    • Pertama kita buat saus merah/daging/bolognaise dulu yaa. Panaskan minyak ke dalam wajan, kemudian masukkan bawang putih.
    • Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukkan bawang bombay.
    • Tumis sampai bawang bombay layu kemudian baru masukkan daging cincang. Masukkan oregano dan basil. Serta lada dan garam. Masak sampai daging matang dan sampai ada bunyi meletik di wajan.
    • Masukkan campuran saus tomat dan pasta ke dalam wajan. Aduk rata. Dan jangan lupa masukkan gula.
    • Diicip, dirasa, jika sudah ok bisa diangkat dan didinginkan.
    • Kemudian saatnya membuat saus putih/keju/bechamel. Panaskan butter ke dalam wajar. Setelah butter layu masukkan terigu dan aduk sampai rata.
    • Ketika sudah tercampur, masukkan susu dan merica kemudian aduk sampai rata.
    • Terakhir masukkan keju cheddar ke dalam adonan, dan adok terus sampai mengental dan rata permukaannya.
    • Diicip, dirasa, jika sudah ok bisa diangkat dan didinginkan.
    • Saatnya menata kedua adonan tersebut dan lasagna ke dalam Pyrex.
    • Diawali dengan lapisan lasagna paling bawah kemudian dilanjutkan dengan saos merah, saos putih kemudian ditutup dengan lapisan lasagna lagi. Lanjutkan terus sampai pasta habis.
    • Pastikan saos putih menutup permukaan paling atas. Yang kemudian dilanjutkan dengan taburan keju mozarella , oregano dan basil.
    • Lasagna kemudian siap dipanggang. Panggang selama kurang lebih 30 menit.

      Hehehehehe mayan juga ya ribet. Nulis resepnya pun panjang nian. 🙂 Tapi gpp, yang penting hasilnya memuaskan dooong.. 😀

      Lasagna

      Maaf ya fotonya sekali lagi telat ngambilnya. Keburu di sikat anak-anak soalnya.. 🙂 Hihihihi.. Selamat mencoba jika ada yang ingin mencoba yaaa.. 😀

      9 thoughts on “Lasagna Yummy

      1. Window$ says:

        woh anggii…
        gambarnya sangat mengugah seleraaa…meni cantik koq. Jadi kpingin iciip 😛
        Pinter bwt lasagna-nya….ku jadi tau skrg resepnya kudu bwt 2 saus dulu ya.
        Minta resepnya yah nggii.
        Thanks 🙂

        [Reply]

        Mrs.Karimuddin Reply:

        Monggo bu.. monggo.. 🙂

        [Reply]

      2. nongki says:

        ciiin..sama waktu gue pertama kali bikin jg pas hamil tua, pasta nempel2 walopun dikasi minyak :)) tapi menurut gue, pasta yg lo bikin jauh lebih bagus dari yg gue buat dulu 😀 cuman mokal aja kemaren ngakuin hehehehehe :*

        [Reply]

      3. Vani says:

        Dear Anggi,
        Mau ksh advice ya.. lasagna sheet yg ada di pasaran spt. Agnesi, Barilla, De Cecco, etc. itu udh pre-cooked, so no need to boil and put the olive oil on. Just soak ’em on hot water in large flat-pan for 12 mins. Just shake ’em off before lay ’em on the Pyrex pan. Good luck dear for your next lasagna.. Cheers!

        [Reply]

        Mrs.Karimuddin Reply:

        ooh gitu ya bu *nganggukngangguk.. Siip lah nanti aku cobain deh.. thanks a lot ya tips nya.. 🙂

        [Reply]

      4. Bebe says:

        halooo… salam kenal Anggi… aku baru nyoba nih resepnya.. pas udah kelar bikin baru baca tips dari Vani… telat deh.. pastaku tadi nempel2 semua, akhirnya ya udah lah.. yang lepas2 ditempel2in aja 😛 belum tau nih rasanya gimana… masih di oven.. uughh jadi deg2an.. ^_^

        [Reply]

        Mrs.Karimuddin Reply:

        hiii salam kenal Bebe.. semoga rasanya enak yaaa Lasagnanya.. Walau pasta2nya nempel2 semua yg penting rasanya kok.. Ah aku jd pengen masak lasagna juga nih..

        [Reply]

        Bebe Reply:

        Hi hi… mau laporan, resepnya enak loooh… Suamiku kasih tanda approved, tapi bentuknya beda sama punyamu.. T_T aku ga bisa tegak gt lasagna-nya.. huhuhu.. tp gpp yg penting rasanya hehehe.. thank you ya…

        [Reply]

        Mrs.Karimuddin Reply:

        mantaaab.. next time better ya mak.. yg penting suami suka 🙂

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.