Tentang Google Wave

Akhir-akhir lagi hype banget ngomongin Google Wave. Apaan sih tuh? Saya coba ndak jelasin dari sisi pandang teknikal, soal ini silakan menuju About Google Wave dan Google Wave – Wikipedia. Yang saya mau coba cerita — dari sudut pandang orang awam — adalah apa yang bisa kita lakukan dengan Google Wave.

Google Wave sendiri sebenarnya bukanlah pesaing Facebook atau situs jaringan sosial media lainnya. Google Wave adalah alat yang digunakan untuk berkolaborasi dalam menyebarkan informasi, dapat berupa teks, gambar, apapun. Sudah ada beberapa bot yang dibuat untuk Google Wave, di antaranya mengirim update status ke Twitter, ataupun menampilkan listing suatu item dari Amazon.

Kelebihan Google Wave adalah segala sesuatu ini dilakukan secara real time. Anda bisa melihat teman Anda menulis sesuatu huruf per huruf (ingat, bukan per kata atau per kalimat), bahkan jika iseng bisa langsung mengedit tulisan tersebut saat teman Anda belum selesai menulis kalimatnya. Satu “conversation” antara Anda dan teman Anda itu disebut wave. wave bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Lebih ini sebanyak berapapun Contacts yang kita mau.

Ke depannya, diharapkan akan ada semakin banyak “aplikasi” yang dibuat di atas platform Google Wave, contohnya Anda bisa saja nanti main catur secara online di Google Wave, informasi tentang produk eBay dan Amazon di dalam satu screen, sehingga bisa jadi nantinya browser Anda cukup membuka satu page saja.

Satu hal yang pasti, Google Wave ini tidak akan bekerja secara optimal jika Anda tidak banyak punya Contacts (atau bahkan tidak punya Contacts sama sekali). Tapi memang saat ini undangan untuk mencoba Google Wave sangatlah terbatas. Satu orang biasanya mendapat jatah hanya 8 undangan. Jadi buat yang belum dapat — dan ingin mencoba — silakan bersabar 🙂

11 thoughts on “Tentang Google Wave

  1. Krisna says:

    Pak, sudah teregistrasi google wave belum?

    kalo sudah kira2 berapa lama ya untuk diverifikasinya?

    [Reply]

    Mr.Karimuddin Reply:

    sudah pak. Verifikasi apa ya? Invitation? saya kebetulan dapetnya cepet di generasi awal.. tapi makin lama invitationnya semakin susah dapetnya

    [Reply]

  2. Awang Satrijana says:

    Aku keping coba, nih mas..apa udah launching ya..bisa apa tidak ya daftar mulai sekarang dan urlnya apa…ayo…beri tahu aku, nanti kita bisa saling share segala hal, yg penting happy, gitu.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.