Respon Marche Indonesia

Uhm, setelah misuh-misuh di postingan yang lalu. Dan link postingannya aku RT ke twitternya MarcheIndonesia dan GrandIndo, ternyata aku dapat respon dari Marche. Awalnya dapat reply dari RT ku itu. Kemudian mereka tanya alamat email aku. Dan malamnya aku dikirimin email panjang lebar seperti ini.

Waktu dapat email nya kemarin malam. Reaksi pertama adalah speechless dan reaksi kedua adalah “Asiik dapat voucher” *lonjaklonjakgirang* 😆 Yang jelas, salut banget sama manajemen Marche. Kalau kemarin aku sempat ikut training service excellence, yah inilah yang diterapkan sama Marche. Mendengarkan keluhan-keluhan pelanggan. Menanggapi nya dengan elegan (tanpa membela diri/defensif berlebihan). Ya overall, inilah jenis customer service yang ideal menurut aku.

Ini kedua kalinya aku mendapatkan respon bagus setelah melayangkan komplain di blog. Dulu banget pernah komplain soal Garuda Indonesia di blog lama. Dan surprise-surprise ditelpon langsung sama Garuda dan mendapatkan permintaan maaf dari mereka. Yang kedua ya Marche ini. Memang harusnya customer service tuh kayak begini. Kalau di komplain menanggapi dengan elegan. Bukannya malah defensif berlebihan sampai balik menuntut pelanggan yang komplain. Banyak lah kasus yang seperti itu. Yang kasus rumah sakit vs ibu Prita kan. Terus dulu juga temenku Arienda sama Igiet juga mengalami hal yang serupa. Tentunya banyak kasus-kasus seperti ini yang membuat para pelanggan jadi takut untuk komplain. Hal ini kan jadi aneh.

Kalau dapat respon seperti ini kan, kitanya jadi respect juga kan ke mereka. Yang tadinya aku misuh-misuh gak bakal mau makan lagi ke Marche, jadi mikir dua kali kan (takut voucher nya mubazir) 😆 .

Btw, akhir kata. I salute you Marche Indonesia. Ini salah satu contoh service excellence. Kita sekeluarga jadi respect dan semoga oknum “I” itu benar-benar diberikan penataran yang baik dan benar yaaaa… 😀

3 thoughts on “Respon Marche Indonesia

  1. Astrid says:

    Responnya bagus ya Nggi.. dan cepet tanggap. kan biasanya nanggepin komplain customer ada yg lama responnya, eh, ujung2nya defensif pula, blah..
    Ada jg kan restoran di Kuwait yg nuntut customer-nya gara2 review di Blog. Itu loh.. yg jg ada franchise-nya di Grand Indo dan pas ultah kamu makan disana, hehehehe..

    [Reply]

  2. tyas says:

    Bagus responsnya, kyk diajarin service excellent di kantor, kalau mmg salah ya jgn malu minta maaf sm stakeholrder :D. Enw gw sempet takut makan di marche hbs baca blog lo, tp skrg mau coba aakh… Enw gw jg pernah dibentak sm kasir Carefour gara2x kartu Debet gw gak bisa proses di EDC mereka dan dibilang ada uangnya gak? Gw komplain, besoknya mereka ?KRiNG!? dan minta maaf. Itu namanya merchant yg plus2x…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.