Beda 5 Tahun

Punya anak beda 5 tahun banyak banget ya perkembangannya di dunia per bayi an yah. Dari mulai jumlah imunisasi yang bisa diberikan, aturan kasih makan MPASI dari WHO yang berubah sampai urusan tren peralatan gadget para baby yang makin lama makin banyak yang lucu-lucu. Cara belanja online nya pun berubah. Kalau dulu andalannya kan cari di multiply. Sekarang semuanya online shop ada di instagram. Ada untungnya juga punya anak laki-laki lagi, jadi bisa menjaga diri untuk tidak terlalu kalap, kalau anak perempuan semua mungkin aku mau semuanya serba baru. Kemudian abis itu yang merana si ayah deh. Bahahahahaha… 😛

Urusan sandang Argentyo mungkin akan selalu mengandalkan lungsuran abangnya. Andalannya dia buat bobo sama pergi kemana-mana ya Sleepsuit nya Mothercare. Terutama buat pergi ya. Kalau dulu kan gemes kalau pergi mesti pake sepatu lucu-lucu, jeans imut-imut, topi kecil yang keren hahahaha. Sekarang mah demi kepraktisan udah kalau ke mall bungkus pake Sleepsuit aja. Ketutup rapih tangan sampai kaki. Belajar dari abangnya juga, sepatu lucu-lucu gak penting lah kalau di stroller ketutup selimut juga. Jeans imut-imut juga ngerepotin pas ganti popok nya. Pokoknya Sleepsuit FTW lah sekarang. Mungkin kalau adek Argen udah mulai duduk, mulai di titah, naaahh cara berpakaiannya bisa mulai pakai yang lucu-lucu dan imut-imut itu.

Nah kalau dulu kan si mamah selalu ribut baby Aghnando pakai kaos dalam dong, apalagi kalau pakai yang lucu-lucu dan imut-imut itu kalau digendong suka ketarik bajunya. Alhasil kemana-mana andalannya baby Aghnan dulu selalu cari jumper lengan panjang, supaya kalau digendong gak kemana-mana perutnya. Sekarang udah ada singlet jumper nya Briel ya. Kayaknya Mothercare juga ada ya, tapi dari sisi harga ya si Briel jauh lebih kompetitif lah. Terus dari komposisi bahan si Briel ini lebih pas buat di negara tropis juga. Ini barang favorit kesayangan baru.

Salah satu yang lagi hits dan aku baru ngeh setelah dapat barangnya itu adalah selimut dan kain bedong Aden Anais. Alhamdulillah Argen dikadoin selimut nya Aden Anais ini. Agak shock pas tau harganya berapa. Tapi ternyata ini salah satu merk hits selebritas luar buat anak-anaknya ya. Bahkan Kate Middleton aja pelanggannya Aden Anais ini. Pas dibongkar baru ngeh kenapa harganya segitu. Kualitasnya cakep banget yaa. Selimutnya juga enak, gak terlalu panas dan gak terlalu dingin. Argentyo dipakein selimut ini boboknya langsung enaaak banget. Pulas dan terlihat nyaman.

Toiletries buat bayi juga sekarang banyak yang organik ya. Yang lagi hits juga yang merk Baby Buds yang klaim organik. Buat Argentyo sih awal tetap setiap pakai Sebamed, tapi lama-lama tergoda nyobain si Baby Buds ini. Akhirnya nyobain beli sabun mandinya sama soothing lotion nya. Aku sukaa banget sama si soothing lotion ini. Argentyo besar kemungkinan punya bakat alergi. Kalau lihat abangnya dulu sih waktu 1-2 bulan pertama sering banget mukanya beruntusan karena kena ASI. Orang bilangya alergi ASI.

Sekarang, selain akunya juga puasa beberapa bahan makanan pemicu alergi, andalan aku ya si soothing lotion nya Buds ini. Kalau mukanya sudah mulai brintilan karena kena ASI atau sensitif sama makanan yang aku konsumsi, dikasih soothing lotion ini, 2 hari langsung bersih. Karena kandungannya natural dan organik, jadi pede aja kasih ke baby Argen. Coba udah ada ya jaman Aghnan dulu.

Kalau urusan gadget baby yang lain aku cuman penasaran sama si Mamaroo itu. Bouncer futuristik gw bilangnya. Asli keren banget gitu, dari sisi desain sama fitur bikin bouncer yang lain kayak datang dari jaman purba 😛 . Harganya jangan tanya deh mahalnya. Tapi untungnya apa-apa sekarang barang baby bisa di sewa ya.

Nyobain sewa dari babyloania selama 1 bulan dan untungnya kita cuman sewa doang. Kenapa? Karena Argentyo gak terlalu demen. Dari beberapa pilihan “goyangan” dia cuman suka satu aja. Iya sih bisa tidur sendiri ditaro disitu. Tapi gak selalu. Itu pun cuman bertahan setengah jam aja. Sedang di bouncer lama lungsuran si mas bisa jauh lebih lama bobo nya. Ya sih menuju tidur kalau pakai bouncer lama kaki kita agak pegal ikutan goyang-goyanginnya hahahaha. Tapi masih oke lah daripada digendong-gendong sampai tidur.

Ngomong-ngomong soal gendong-gendong. Alhamdulillah Argentyo terbebas dari kutukan bau tangan. Huhuuuyy.. Tapi ya karakter Argen sama Aghnan juga beda banget sih ya. Argen lebih cool dibanding Aghnan (kecuali urusan makan ya). Jadi ya kalau dia udah capek, udah kenyang, popoknya bersih, ditaro di tempat tidur lama-lama ya bisa merem sendiri gak perlu di gendong berapa putaran buat bikin bobo. Ooohh terharunyaaa..

Anyway kembali ke topik, hehehehe. Itu tadi kebanyakan untuk dipakai sama Aghnan ya. Nah  buat yang dipakai sama Bunda nya juga ada perubahan. Urusan pompa memompa yang utama. Kalau dulu kan jarang banget kan pompa yang double pumping. Sekarang mah banyak banget pilihannya. Medela Swing andalan jaman Aghnan dulu aja sekarang ada yang Medela Swing Maxi. Dari merk Spectra juga ada yang double pumping.

Tapi akhirnya pilihan jatuh ke Medela Freestyle. Jangan tanya harganya kalau beli di Indo, najong gak manusiawi. Untungnya bisa nitip teman beli di US yang harganya gak beda jauh sama beli Medela Swing di Indo. Setelah dicobain si Freestyle ini ya enak banget emang ya. Pompa maksimal banget dan selesai cepat. Kalau payudara lagi penuh-penuhnya, buat ngosongin dua payudara itu cuman butuh 5-7 menit. Sangat amat efisien banget mengingat dulu kayaknya tiap mompa dua payudara butuh waktu at least setengah jam. Gak sempat membandingkan sama si Spectra yang reviewnya oke juga, tapi karena sudah puas ya sudahlah ya.. 🙂

Cara bepergian pun sama baby agak beda. Dulu waktu masih anak pertama kayaknya seluruh isi lemari dibawa deh. Bawa baby bag pun segambreng isinya cuman buat 3-4 jam di mall. Hahahaha sekarang lebih praktis dan tetap dengan asas menggunakan tas yang ada. I mean, punya baby gak mesti kemana-mana pakai baby bag dong. Kalau ngajak si mbak sih ya biar si mbak pakai baby bag yang dedicated. Tapi kalau gak bawa si mbak ya aku tetap pakai tas aku (tapi cari yang gede dan yang bisa di selempangin) dengan isian kayak begini:

Yang wajib:

  1. Changing mat (karena gak semua tempat punya baby changing room yang bersih)
  2. Diaper pouch/pocket (isi pospak, diaper rash cream, minyak telon, tissue dan tissue basah)
  3. Wet bag ( isi baju ganti, singlet dan slaber. Kalau sudah ganti baju jadi tempat baju kotor).
  4. Nursing Apron.

Pengaturan ini cukup simpel karena isinya jadi gampang dipindah-pindah kalau mau ganti tas. Buat item 1-3 suka banget nemu  produk yang senada semua dan bisa di kostumisasi sesuka kita dari ig @beebiesandkiddos .

Dengan banyaknya perkembangan ini pastinya nanti urusan MPASI bakal mesti belajar menyesuaikan lagi. Tapi gpp, salah satu bagian MPASI yang enak adalah menyiapkan peralatannya. Buat adek bayi harus baru semua dong, gak bisa pakai panci punyanya mas Aghnan dulu yang udah dipakai masak sehari-hari. Jadi ada alasan buat ke IKEA lagi kan? Yay! 😉

3 thoughts on “Beda 5 Tahun

  1. Dyah says:

    Hai bunda Anggi.. selamat ya atas kelahiran Argen… emg bener pas anak kedua jd agak koboi hahhaa, ngebaca postingan ini kyk ngerasa diri sndiri. tapi teteup.. baca ini berasa pengen Hamil lagi hahahhaa *eh…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hahahahaha.. Jadi gimana? Lanjut program hamil apa?

    [Reply]

  2. Vivi says:

    Tetep ngikutin perkembangan argent..soalnya anak sy cuma beda 2 minggu.. Hihihi ditunggu resep mpasinya ya mb.. Anak pertama kmrn ngikuti mpasi aghnan..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.