Ilfil..

..sama dsa nya Aghnan sekarang. Oh well, sebenernya so far so good loh aku sama dsa nya Aghnan yang sekarang. Baik, ramah, sayang sama anak kecil. Bisa ditelpon kapan aja. Tapiii ini dimulai dari waktu Aghnan imunisasi IPD yang kedua. Ini bocah berat badannya gak naik banyak. Cuman 300gram dalam waktu 3 minggu. Harusnya kalau menurut patokan dia setiap minggu Aghnan itu harus naik BB sebanyak 200 gram, yang berarti Aghnan harusnya naik 600 gram.

Oke lah di bawah target. Padahal bulan lalu dia over target banget. Tapii menurut aku sih wajar. Aghnan soalnya kan lagi banyak bergerak guling-guling koprol. Minumnya Aghnan juga masih banyak ko. Sehari kalau ditinggal dari jam 7 sampai jam 4 bisa habis 600-800ml dan itu juga diluar aku nyusuin langsung pada waktu lunch. Nafsu makan masih bagus right?

Anaknya juga happy terlihat sehat, ceria, dan aktif gak lemah letih lesu. Frekuensi pup dan pipis juga normal. Tanda-tanda alergi pun ga ada. Pipi mulus, gak batpil juga. So sebenernya ya ini anak perkembangannya bagus. Perkembangan motorik juga on time semua.

Ditanya sama dokternya (untuk ke sekian kalinya), ini makannya apa? Aku jawabnya ASI aja dok. ASI nya banyak ga? Dokter bilang harus masuk minimal 700 ml sehari. Yah dia mah 700 ml bisa abis kalau aku tinggal kantor. Pas aku di rumah dia nyusu sepuasnya.

Masih aja dokternya penasaran ngeliat chart BB nya Aghnan. Mikir. Sampe akhirnya tercetuslah kalimat ini..

“Oke deh bu, nanti anaknya dikasih tambahan vitamin penambah nafsu/berat badan ya?”

WHAAAAATT?!?!? *reaksi dalam hati* . Aslinya sih gw asli bengong denger dokternya. Ya amplop, ini dokter gak mudeng atau lupa ya kalau aku pengennya ASIX. Dan ASIX itu berarti ya yang masuk ke anak hanya ASI sajah. Yaelaaah judulnya juga X nya artinya eksklusif. Ini kenapa tiba-tiba gampang banget mau ngeresepin vitamin. Dan so far juga ga ada masalah dengan ASIX selama 5 bulan ini. Ini ya kenapa tiba-tiba terobsesi dengan berat badannya Aghnan ya?

Aku sih dengan santainya bilang? “Vitamin dok? gak perlulah, anaknya juga sehat dan aktif ko. ASI aja cukup lah buat dia.” Dokter pun ngeliat aku argumen begitu jadi gak jadi ngeresepin vitamin. Tapi itu cukup bikin gw ilfil. Cerita ke si mas juga dia bingung, kok tumben banget ngeresepin macem macem, padahal baru aja ketemuan sebelumnya dia bilang ASI aja cukup.

Heran sih iya, tapi sudah kadung ilfil. Dan mulai curiga kalau ini dokter sebenarnya gak terlalu RUM. Yah coba aja, anak sehat sentausa langsung mau diresepin vitamin, gimana kalau Aghnan sakit sedikit coba? Langsung antibiotik macem-macem lagi. Karena gw parno anak bisa dengan gampang dicekokin macam-macam antibiotik kalau sakit, akhirnya aku tanya kiri kanan mengenai dsa yang bagus, pro ASI (beneran) dan tentunya pro RUM (beneran). Dunno ya, ko dari cerita kiri kanan banyak yang punya pengalaman ngadepin dsa yang stated pro ASI dan pro RUM tapi ya itu, apa-apa gampang ngeresepin obat dan antibiotik *keluh* .

Akhirnya setelah berbagai pertimbangan dan masukan akhirnya aku decide mau coba konsul ke *the famous* dr.W yang praktik di KMC untuk vaksinasi Aghnan selanjutnya. Jauh sih bok, cuman kata teman, di KMC itu organisasi waktu masuknya bagus. Jadi sehari sebelumnya kita di telpon suruh datang jam berapa. Dan biasanya gak pake nunggu lama (asal kita datang on time). Yah semoga cocok ya. Gw merasa butuh pembenaran aja kalau apa yang gw pelajari dan gw (percayai) selama ini benar.

As predicted, nyokap gw against usul gw ganti dsa nya Aghnan . Katanya cuekin aja. Yaah nyokap emang sudah kadung sreg sama dsa nya Aghnan sekarang. Si mas juga. Tapi aku, yang tadinya sreg jadi bener-bener ilfil seketika gara-gara disuruh pake vitamin itu. Oh well, secara imunisasi Aghnan diatas 6 bulan gak bakal begitu sering jadinya ya gpp lah dicoba rada jauhan dikit ke KMC. Lagipula Aghnan kan udah enak diajak jalan jauh. Anteng di car seat 🙂

Yah sekian curhat sore ini. Semoga ketemu dsa Aghnan yang betul betul pas ya.. Amiiin.. 😀

12 thoughts on “Ilfil..

  1. wian says:

    Itulah yg terjadi padaku bulan lalu nggi.. BB ??ëL naik cuma 300gr (pdhl msh sesuai GC) dan pertanyaan dokternya juga sm kya dsanya aghnan.
    Dikasih vitamin pula. Tp gak gw kasih ke ??ëL.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Huuh itu dokter-dokter di sponsorin sama perusahaan vitamin mana sih? Kamu digituin juga ya ternyata.. Menyebalkan ya. Ada temenku juga digituin juga, dan sama kaya kamu vitaminnya gak dikasihin. Makin makin ilfil deh aku.. T_T

    [Reply]

  2. teeka says:

    oh,dear… samaan trnyata. klo aku kmrn,,dokternya mlh yg jelasin klo ASInya maika bs aja lari k panjang badan n aktifitas. Mlh aku yg smpt down n takut ‘campurtangan’ uti-ny buat ngasih sufor..
    *spt yg ta critain d twitter deh..*
    dan dirimu jg yg mnguatkanku utk tetep ASIX.

    chayo,bund….don’t doubt mother’s feeling. Anaknya jg lincah2 aja khan.. 🙂 stay on ASIX
    *cium2 dr maika*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya dong stay on ASIX. Ini gak pake tawar. Toh Aghnan memang sehat ko 🙂 Wah kalo dokter mu ok tuh berarti, malah menguatkan dan menjelaskan kalau ASInya Maika memang lari ke panjang. Aghnan juga makin panjang banget. Cuman entah dokternya cuman terobsesi sama berat badan sajah.

    Semoga next dsa bisaa lebih sehati sama Bunda nya Aghnan yaa :). Amiiiin..

    [Reply]

  3. Vita says:

    Waaa beralih ke KMC juga :p Gw juga bela2in bawa ke KMC karena dulu suster di RS yang dulu galak…huehehehe…Trus akhirnya pindah ke KMC dan jatuh hati sama pelayanan dokter2 disana 🙂 Tapi gw gak ke dokter wati. Ngantri dan daftarnya bener2 harus dari jauh2 hari. Sekarang langganan di dokter endah. Itu juga kalo daftar sehari sebelumnya pun belum tentu kebagian 🙁 Tapi enaknya lagi prakteknya ada pas weekend, jadi OK lah…kalo abis imunisasi yang nyebabin demam pun toh kitanya libur, jadi anak rewel bisa ditenangin sama kedua ortunya (quote dari dokternya :p ). Lucunya, babysitter gw sampe penasaran ama dokternya riana (karena sering denger & baca soal si dokter), jadinya pas kontrol terakhir, bs gw request biar bisa ikutan masuk ruangan 😀

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya Vit, tadi mau ke dokter Endah pertamanya. Cuman dia kan agak siang atau sore kalau Sabtu ya. Gw cari yang ada Sabtu pagi. Kebetulan dokter Wati ada Sabtu pagi, jadi gw daftar aja kesana deh. Tp emang mesti jauh-jauh hari sih yaa 🙂

    [Reply]

  4. amalia says:

    anggiii, gw jg ampe 3x ganti dsa bokk, sampe akhirnya nyangkut di dr endah. sama ky lo, nyokap gw jg against banget wkt gw memutuskan pindah dsa. bonyok gw bilang : anak jangan jadi kelinci percobaan. *tepok jidat*. Padahal kan pengen cari yang terbaik ya kannn…

    sampe akhirnya gw seret nyokap ketemu dr endah, alhamdulillah rejeki ngga kemana, nyokap lsg sreg banget sama doi. *lega* maap jadi curcol, wehehehehe…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Aaah persis banget alesan nyokap gw jg begitu. *barengbarengtepokjidat*

    [Reply]

  5. ririn says:

    hai anggi, salam kenal yah.

    gw juga waktu pertama kali masuk kerja digituin sama dsa. tp waktu itu gr2 anak gw ga mau mimi 400 cc / hr. soalnya dia mimi pk cup dan belum lancar. sebelnya yang dipake patokan adalah kenaikan berat badannya yg kurang dr standar padahal berat badannya sesuai sama kurva. dsa nya langsung bilang, “kl bulan depan kenaikannya masih belum baik, harus ada nutrisi tambahan bu.” Bulan depan langsung ga ke dsa itu. Sempet coba ke dsa lain sebelum akhirnya mendarat ke dr endah.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Hi Ririn..
    Iyaah gw juga sebelnya gitu. Yang dipake patokan itu kenaikan berat badannya. Padahal dr standarnya berat badannya Aghnan sesuai sama kurva. T_T Wah sama dr. Endah juga ya? Humm ah nanti kalau dr. Wati terlalu sibuk mau coba ke dr. Endah juga deh..

    [Reply]

  6. nisa says:

    sayangnya hal ini ko sepertinya jadi biasa ya 🙁 maksudnya gw juga pernah ngalamin, temen2 gw juga.

    anyway, gw juga punya 2 dokter kok. 1 di deket rumah dokter Nara sejak di NB, satu di KMC yang kalo konsul bisa setengah jam sendiri di dalam hahaha

    Awalnya laki gw juga rada males loh nganter ke KMC soalnya ga deket, tapi sekarnag setiap bukan hanya sakit aja, ya vaksi aja dia bilang ke KMC aja hehehe

    [Reply]

  7. ini_dhita says:

    Gw jg suka sm service KMC gi
    So far aka punya 2 dokter, 1 di RSPI/klinik azen buat vaksin dan 1 lg di KMC.

    Eh salah deng byk DSA nya aka haha.soalnya KMC mnurut gw sepaham smua. Jd pas sakit ke dokter siapa aja sih bgs2 aja.

    Gw udah nyoba dr. W, dr. E, dan dr. M di KMC. Smua nya okee 🙂 dr. E mlh bs nanya di twitter/bbm. Nah krn aka udah gede, jd mulai kliatan dia suka ama DSA mana. Dan aka kok terlihat lbh suka sm dr.M ya? Sm ama DSA nisha nih.

    Apa krn errr cantik? Hahaha aka senyum2 gt kl ktm. While ke DSA lain ngamuk minta kluar *sigh*

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.