Baru Sembuh, Eh Sakit Lagi..

Wiken kemaren aku menghabiskan satu hari buat bikin seneng Aghnan di Miniapolis. Aku memang sudah janji ke Aghnan, kalau dia sembuh dan sudah fit Bunda akan ajak main sepuasnya ke Miniapolis. Selama hampir sebulan ini aku karantina dia, soalnya dia kan masih batuk pilek dan prinsip aku kalau anak sakit dan belum sembuh ya di karantina di rumah. Kayaknya dosa aja ngajak anak masih sakit ke tempat umum. Dosa karena bikin anak gak istirahat dengan benar. Lebih dosa lagi kalau sampai nularin anak orang lain. Ngeliat anak sakit itu gak enak banget kan. Dan kayaknya gak perlu dibagi-bagi juga virusnya ke anak yang lain. Kasihan banget..

Anihoo, begitu sembuh batpil, eh dia malah kena serangan alergi pertama. Jadinya istirahat lagi deh. Nah baru betul-betul fit ya wiken kemarin. Pas juga dong long wiken, jadi memang sudah semangat 45 mau ajak dia naik Mr. Crick di Miniapolis. Thanks to HSBC, ada promo yang sekali bayar bisa main sepuasnya di Miniapolis. Aghnan seneng banget hari itu. Naik Mr. Crick sampai 4 kali. Carousel 2 kali. Dan hampir 1,5 jam main di Noa’s Park. Begitu dia udah capek, ya langsung balik dan gak mampir-mampir lagi. Minggunya cuman pergi ke birthday lunch nya ayah, abis itu ayah bunda nya belanja bulanan berduaan aja karena Aghnan nya keliatan capek dan pengen bobo siang.

Sedihnya pas hari Senin pagi. Aku kok ngerasa dia agak sumeng ya. Cek termometer ternyata udah 37.6 derajat celcius. Tapi Aghnannya masih super ceria dan pecicilan. Karena dia masih ceria, gak ada batuk pilek dan makan minum nya masih mau ya udah. Mungkin cuman lagi teething aja ya.  Aku cuman minta di pantau aja sama Eyang Ti dan mbak nya. Aku gak kasih paracetamol dulu karena masih dibawah 38.5 derajat celcius. Aku cuman instruksikan agar Aghnan dikasih banyak cairan aja. Aku pun ke kantor seperti biasa.

Pulang kantor dapat kabar kalau Aghnan muntah 2x (dan biasanya sehabis makan buah) dan pup nya encer. Langsung ngeh kalau ini bukan teething, melainkan pasti ada virus-virus jahat yang lagi nakal di saluran pencernaannya Aghnan. Dengan dia muntah aku sebetulnya gak worried soalnya muntah kan tanda dia mengeluarkan racun/penyakitnya. Salah satu bentuk mekanisme pertahanan tubuh kita. Aku cuman terus pantau agar dia gak dehidrasi saja. Dan menghitung dia berapa kali muntah. Mungkin kalau dia muntah sudah lebih dari 6x sehari dan pup terus-terusan mungkin aku sudah langsung ngibrit ke rumah sakit.

Alhamdulillah Aghnan selama sakit kemaren minum air putihnya gila-gilaan. Kayanya itu anak haus terus bawaannya. Dan aku senang dia minum air putih banyak. Cuman yang bikin aku bingung kenapa ya selama masih sakit itu dia bawannya kayak mual gitu. Jadi cium sesuatu yang manis langsung kayak mau muntah. Hal ini berlaku pas makan buah dan menyusui. Akhirnya buah aku stop. Dan aku mulai treatment BRATY (banana, rice, apple sauce, tea, toast, & yogurt). Biasa aku kasih pepaya/kiwi/alpukat. Aku ganti dengan pisang/apel/yoghurt. Dan untungnya dia makan nasi + lauk pauknya dia masih mau.

Besoknya panasnya sudah turun. Tapi masih berkisar 36.5-36.7 derajat celcius. Dan Aghnan masih suka mual-mual gitu. Secara aku emak super parno. Jadinya aku email lah ibu dokter cantik itu (kadung jatuh cinta sama dsa Aghnan yang ini). Konsultasi ini itu dan ternyata home treatment nya aku sudah sesuai. Cuman diomelin aja kenapa gak sms, malah email. Soalnya respon dia ke email cenderung lama dibanding sms. Siapp dokter, lain kali aku pasti telpon langsung (*loh). Oh iya, diagnosa nya dr. Yovita adalah ini:

penyebab mual-muntah diare umumnya virus, paling sering namanya rotavirus.
treatmentnya sudah betul, diberikan cairan agar jangan sampai dehidrasi, lebih baik bila cairannya mengandung elektrolit seperti pedialtye atau oralit.
saat masih diare, sebaiknya konsumsi serat dibatasi (sayur, buah) kecuali pisang dan apel.
untuk mualnya, memang masih bisa seperti itu beberapa hari.

Aku ngangguk-ngangguk baca diagnosisnya dr. Yovita. Dan langsung mikir, bukannya kalau di Australia itu ada imunisasi rotavirus ya? Apakah ini strain yang sama atau yang berbeda ya? Wondering aja?

Anihoo, alhamdulillah per hari ini Aghnan sudah kembali sehat, ceria dan sudah kembali jail. Udah gak muntah-muntah lagi. Udah gak mual-mual lagi dan pup nya pun sudah kembali normal. Oh iya, Mommies Daily juga pernah bikin postingan mengenai muntah pada anak. Mungkin bisa dibaca-baca juga.

Yang jelas, Aghnan sudah sembuh. Cuman bagaimana ya menghadapi wiken ini yg super sibuk. Sabtu ada acara Kids Love Disco di Epicentrum Walk. Bebibobu bakal isi salah satu stand dan diminta partisipasi nya buat isi fashion show juga. Terus dihari yang sama papa mama bakal ngajakin makan-makan dalam rangka anniversary nya mereka. Dan minggu nya bakal ada pot luck party di rumah Dhita. Yang semoga bisa di work out agar Aghnan bisa istirahat cukup dan gak terlalu kecapekan yaa.

Sehat selalu ya anak ganteng. Virus-virus nakal please jangan deket-deket Aghnan lagi yaaa.. Amiin..

13 thoughts on “Baru Sembuh, Eh Sakit Lagi..

  1. Dian says:

    pengen deh jadi ibu kayak mbak Anggi, hehe…
    salam kenal ya mbak,, beberapa minggu terakhir ni baca blognya mbak, ga sengaja nemunya. isinya informatif banget, jadi nagih

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    terima kasih yaa 🙂

    [Reply]

  2. Gesty says:

    Hi Mba Anggi,
    salam kenal…
    udah lama aku cuman jadi silent reader aja… mulai dari blog love journal sampe yang sekarang.. semuanya menginspirasi aku banget.
    bener-bener bunda super mba anggi ini.. salut aku…
    buat Aghnan.. Sehat selalu ya… jangan sakit lagi… kasian kan bundanya 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    terimakasih doanya.. 🙂

    [Reply]

  3. diandra says:

    helo mba,

    annaku pasien dokter yovita juga di rspi.. sampe skrg blm kepikiran minta nomer tlp / email beliau..
    aku minta emailnya dokter yovita bolehh mba?

    thank you

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.