Review Nissan March (Part 3): Spatial Requirement

Disclaimer: Tulisan ini merupakan bagian dari kampanye Nissan Motor Indonesia yang bertajuk 7 days with March. Ikuti keseluruhan rangkaian cerita yang terdiri dari 7 tulisan dengan tag berikut ini. Semua yang ditulis di sini bersifat obyektif.

Kali ini saya akan membahas soal ruangan, terutama sesuai dengan tujuan kita mencari tahu tentang kecocokan mobil Nissan March ini dengan keluarga yang memiliki setidaknya satu orang anak berusia di bawah umur lima tahun. Ini esensial karena orang tua dengan balita — apalagi bayi dan batita — membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk menaruh:

  1. Stroller
  2. Car seat (terutama untuk batita)
  3. Belanjaan

Fokus kita kali ini adalah ruangan bagasi dan ruang duduk belakang. Apakah cukup lega untuk menampung tiga hal tersebut di atas? Dilihat sepintas model Nissan March yang cenderung tinggi ke atas terkesan bakal kurang fleksibel untuk kebutuhan ruang. Kalo boleh saya jawab, ternyata jawabannya adalah YA. It’s comfortable enough to contain all those stuffs.

Soal stroller dulu. Bagasinya ternyata tidak sesempit yang saya bayangkan. Untuk menaruh stroller kami yang terdiri dari dua bagian, meskipun tidak seluas milik Ford Fiesta, ternyata masih bisa dimasukkan dengan rapi. Satu-satunya issue yang saya rasakan adalah ketiadaan pengikat di pinggir, sehingga kalau ada barang-barang kecil yang juga ikut disimpan di bagasi — termasuk di dalamnya kotak P3K, tidak akan terlihat rapi.

Tapi ya mungkin itu minor issue ketimbang kapasitas yang kira-kira bisa menampung 5 buah galon air mineral. Cukup lapang dong untuk belanjaan bulanan keluarga, meski kayaknya tidak mungkin menempatkan stroller dan belanjaan secara bersamaan, hampit tidak ada sisa lagi. Kalau dibandingkan dengan Toyota Yaris misalnya, kapasitasnya bagasi March lebih besar.

Untuk bagian belakang, kenyataannya tidak jauh berbeda. Saat saya mencoba meletakkan car seat, ternyata ada ruang yang cukup lega dengan jok kursi di depannya. Si kecil tentunya dapat dengan nyaman duduk di situ. Orang dewasa yang duduk di sebelahnya juga tidak akan merasakan masalah terutama yang memiliki postur badan cukup tinggi. Yang mungkin jadi issue adalah ketiadaan headrest untuk menyangga kepala dan leher.

In short, saya tidak menemukan major issue soal ruang untuk memenuhi kebutuhan kita. Tidak perlu naik kelas ke mobil yang lebih besar dan lebih mahal jika buat Anda hal ini merupakan major factor dalam pemilihan mobil keluarga yang baru. It serves just fine.

3 thoughts on “Review Nissan March (Part 3): Spatial Requirement

  1. ilhamajipratomo says:

    Asik nih review-nya, paling suka yang banyak foto-fotonya begini 😀

    Omong2 gimana sih suspensinya? Khususnya dengan kasus diisi sekeluarga kecil (tiga orang misalnya) atau pas diisi keluarga besar (termasuk mertua misalnya :D). Soalnya banyak yang bilang kalo suspensi-nya March cenderung soft. Gimana tuh jadinya?

    [Reply]

    Mr.Karimuddin Reply:

    thank you.. soal suspensi saya bahas di tulisan Part 4 yaa.

    [Reply]

  2. dewi says:

    Saya mau pasang baby carseat di mobil nissan march. Tp apa sabuk pengamannya gak kependekan ya? Dan apakah mesti taruh ditengah? Bisa kasi masukan pak? Thanks

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.