#17: Pavlova

Sabtu kemarin aku dan si mas jadi host buat acara farewell lunch nya Ihsan yang akan pindah ke Jambi. Kenapa di tempat kita, soalnya banyak baby dan toddler. Jadi emang enakan kumpul2 di rumah biar baby dan toddlernya bisa leluasa bobo siang, nyusuin atau sekedar ganti popok.

Ihsan sendiri request dimasakin Lasagna dan Jamur Goreng andalan gw. Sedang untuk tambahannya aku coba buat Mexican Meatballs (resep menyusul) dan dessertnya buat Pavlova. Pavlova sendiri sebetulnya mirip dengan Meringue. Cuman teksturnya itu (harusnya) garing di luar dan empuk kayak marshmallow di dalamnya.

Liat resepnya di joyofbaking.com nampaknya gampang, jadi pede deh bilang aku mau masak Pavlova. Tapi ternyata, sama seperti cerita si lemon vanilla cupcake. Hasil perdananya GAGAL TOTAL. Ternyata suhu oven aku kepanasan. Alhasil gosong menghitam Pavlova gw. 😆 Memang baking buat gw lumayan menantang. Harus main feeling juga 😆 . Bukan aku namanya kalau patah semangat. Yang ada pantang menyerah dan bikin dari mula lagi.

Kuncinya si Pavlova ini memang adonannya itu harus nampak seperti silky smooth dan suhu si oven harus pas. Gak boleh kepanasan, karena si pavlova itu masaknya di suhu rendah tapi lama supaya matangnya merata. Untung percobaan kedua gak ikutan gagal kayak yg pertama. Cuman emang harus ditungguin sih si Pavlova ini. Jadi kalau di oven bagian bawahnya sudah brownies. Di angkat saja sebelum menghitam.

Pavlova

Bahan Pavlova: 4 putih telur, 200 gram gula castor (gula halus), 1/2 sdt vanilla extract (suka yg cair dibanding yg bubuk), 1 sdt white vinegar, 1/2 sdm tepung jagung (maizena), kiwi dan strawberry untuk topping

Bahan Whip Cream: 240 ml heavy whipping cream, 1,5 sdm gula putih, 1/2 sdt vanilla extract

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven ke 130 derajat celcius
  2. Masukkan ke mixer putih telur dan aduk dengan kecepatan sedang sampai menggembung.
  3. Kemudian masukkan gula halus sendok demi sendok ke dalam adonan di mixer (yang dinaikkan kecepatannya)  sampai semuanya habis. Aduk sampai adonan kaku dan nampak berkilau bersih.
  4. Habis itu masukkan vanilla extract kemudian aduk lagi sampai rata.
  5. Jika adonan sudah kaku dan berkilau bersih. Aduk dengan spatula dan masukkan white vinegar dan tepung jagung.
  6. Siapkan loyang yang sudah dialasi baking paper.
  7. Tuangkan adonan pavlova dan bentuk melingkar dengan spatula.
  8. Masukkan ke oven dan tunggu sampai matang.
  9. Untuk membuat whipping cream nya, tuangkan heavy whipping cream ke dalam mixer, aduk dengan kecepatan cepat, masukkan gula dan vanilla extract, dan aduk sampai mengembang dan adonan kaku.
  10. Jika Pavlova sudah matang taro di cooling rack sampai mendingin.
  11. Sudah mendingin, lapisi dengan whipping cream dan hias dengan potongan buah diatasnya.

Penampakannya kurang lebih seperti ini:

Paling enak disajiin dengan buah-buah yang agak asem kayak strawberry, kiwi, raspberry dan berry-berry lainnya. Soalnya rasanya jadi balance dengan manisnya si pavlova. Maafkan dengan penampilannya yg kurang ciamik. Cuman alhamdulillah pada suka dan habis tandas dimakan semuanya walau bagian bawahnya agak gosong dikit.

Thanks ya guys. Jadi gak pernah kapok masak-masak buat kalian.. :-*

 

 

8 thoughts on “#17: Pavlova

  1. nyiell says:

    dideee.. ini enyaaakkk!! 😀
    wah kita kompak niii… situ ga pernah kapok masak2nya, sini gak pernah kapok makan2nya.. hihihi…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hahaha.. klop ya kalau begitu.. tapi sungguh aku terharu melihat pavlova itu habis.. :’)

    [Reply]

  2. Nyonya Couch says:

    Wah kalo di sini bikin pavlova pake pavlova magic yang bentuknya kayak telor, coba waktu elo ke aussie sempet beli, lumayan hemat waktu karna ngga perlu takar2 berapa banyak bahan kue yang harus di pakai. Kalo gw terus terang makannya juga jarang2 manis bangetttt!! Tapi paling enak makan itu emang pake strawberry dan buah kiwi jadi balance rasa manis & asem 😉

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    wah ada ya di aussie itu.. lucu juga ya jadi ringkes.. Bener-bener pake yg asem itu seger jadi balance rasanya.. Next aku pengen nyobain bikin pavlova coklat sama raspberry deh.. nyumm

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.