#4: Iga Bakar Madu

Kapan gitu aku ngiler banget kepengen makan Iga Panggang Panglima yang enak banget itu. Tapi karena jauh suka gak kesampaian terus. Sampai akhirnya kemaren pas cek freezer kok ada Iga Sapi nganggur belum dimasak apa-apa. Dengan semangat pengen nyobain resep-resep baru akhirnya diputuskan buat masak Iga Bakar sendiri deeh.

Browsing resep-resep akhirnya memadukan 2-3 resep jadi deh Iga Bakar Madu ala Anggi 🙂

Iga Bakar Madu

Bahan: 1 kg Iga Sapi, 3 siung bawang putih di parut, 2 sdm mayonaise, 2 sdm saus tomat, 2 sdm saus sambal, 2 sdm madu, 2 sdm kecap manis, puree nanas, gula, garam, butter

Cara Membuatnya:

  1. Cuci bersih dan potong-potong Iga Sapi sesuai keinginan. Balur dengan gula garam sedikit di tiap-tiap Iga.
  2. Campur bumbu ke suatu mangkok besar: bawang putih, mayonaise, saus tomat, saus sambal, madu, puree nanas dan kecap manis. Aduk rata bumbu-bumbu tersebut.
  3. Kemudian masukkan potongan iga ke dalam campuran bumbu aduk sampai rata melumuri iga. Tutup mangkok dengan plastik wrap. Masukkan ke kulkas dan rendam kurang lebih 1 malam.
  4. Ketika siap membakarnya (aku pakai grill pan biasa, mgkn enak kalau pakai batu bara). Panaskan grill pan, dan lumuri dengan sedikit butter. Panggang Iga bolak balik sampai 3/4 matang. Kemudian tempatkan di pinggan tahan panas.
  5. Selesai dibakar semuanya, tuangkan sisa bumbu keatas Iga yang sudah matang. Panaskan oven 180 derajat. Dan masukkan Iga ke dalam oven. Panggang sampai kurang lebih 20 menit.
  6. Iga siap disajikan 🙂

Makannya bisa pakai french fries atau dimakan pakai nasi enak juga ko. Kalau kemarin makan Iga Bakarnya pakai nasi campur kuah sop sayur. Enaaak bangeet. Kalau mau diganti sama Buntut juga enak juga koo 🙂

6 thoughts on “#4: Iga Bakar Madu

  1. qefy says:

    Aiiiiiih, tak terasa liur meluaaap. Hehe…, saya udah pernah makan Iga Bakar Mas Giri dari Bandung Mas. Ayooo udah penah belum? Haha. Syaa penggemar Kepiting Mas 😀

    [Reply]

  2. dini says:

    de, hasilnya gimana ? empuk gak ? sempet kepikir apa perlu dipresto dulu ya baru empuk ..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    gw kemarin Iga nya gw rebus dulu buat bikin kaldu nya Aghnan, jadinya sih empuk.. Mgkn kudu di presto dulu kali yaa.. 🙂 Tapi Puree nanas nya udah cukup mengempukkan sih..

    [Reply]

  3. gabriella says:

    Anggi, itu puree nanas maksudnya nanas dijus gitu aja udah ya? Juga puree2 lain di resep2 sebelumnya… cuma diblender gitu aja apa ada proses kukus dulu kayak bikin puree buat bayi?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iya nanas di jus saja..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.