Kelas Dandan Fashionese Daily

Duluuuu bangeeet gw suka dandan (baca: sebelum hamil Aghnan). Belum sampai jadi make up junkie siih, cuman ngerti dan tau lah dandan itu gimana (berkat ikut Paragita juga sih). Gak buta-buta banget soal peralatan lenong, dan lumayan ngerti tools dan trik2nya apa saja. Cumaaan, suka males praktekinnya sehari-hari. Paling kalau ke pesta aja kalau dandan. Kalau ke kantor dulu paling bedak two way cake, lipstik, blush on, eyeliner, maskara sajah. Ber eye shadow kalau ke pesta aja.

Begitu hamil (dan kebawa sampai kemarin), mualeeessssh luar biasa pake make up. Beneran, not even bedak. Rasanya lebih suka muka polos apa adanya aja. Dan ini kebawa ajaaa sampai sekarang. Peralatan make up yang dulu sempat di koleksi pun teronggok cantik. Brush-brush hasil seserahan pun gak pernah disentuh.

Sampai akhirnya kemarin FD buka kelas dandan. Entah kenapa, hasrat hati ikut tergerak untuk mulai belajar dandan lagi. Kayaknya ini saat yang tepat. Apalagi beberapa kali ketemu Woro gw suka terpesona sama dandanannya dia (make up, jauh dari menor, sangat natural tapi keren abiis). ย Kalau tanya Woro tips nya apa? Doi cuman bilang, gw bisa gara-gara ikut kelas dandan FD. Hihihi jadi semakin penasaran dan semangat ikutnya. Ditambah lagi waktu ikut seminar financial kemarin kan melihat orang-orang FD itu ciamik-ciamik banget dandannya.

Tadinya males, karena takut ga ada temen. Tapi ternyata emak-emak di dunia twitterland banyak yang ikutan.ย Alhasil langsung deh daftar buat ikut kelas basic dan intermediate nya. Eyys, napsu bu? Embeeer.. ๐Ÿ˜† Biar sekalian pinternya deh. Targetnya aku sih, biar bisa dandan (terutama make up pesta) sendiri. Soalnya 2 minggu lagi Anggoro wisuda di Bandung. Daripada rempong ke salon, mending lenongan sendiri dong. Tapi mesti yang ciamik ๐Ÿ˜›

Acaranya diadain di Tupperware Home di jalan Tirtayasa. Hari Sabtu pagi aku ikut kelas basic nya dan hari Minggu nya aku ikut kelas intermediate nya. Kurikulum tiap-tiap kelas baca disini aje yee. Kita disuruh bawa peralatan make up kita dan kaca. ย Di kelas basic yang ngajar dedengkotnya FD kayak Affi, Deszell sama Linda. Sedang untuk kelas intermediate yang ngajar mbak Arty Ardiwinata ๐Ÿ™‚ย Pada kelas basic, kita diajarin step by step aplikasi make up secara detail. Terutama di emphasize aplikasi base foundation yang bagus. Kalau kata FD,ย it takes the perfect face base to make the perfect face. Sedang untuk kelas intermediate fokus di riasan mata (terutama yang lebih glamour untuk event yang lebih formal).

Mari kita lihat rekapnya kelas dandan kemarin. Jadi ibaratnya, sebelum mulai berdandan, kanvas nya (baca: muka kita), dirapihin dulu.ย ย First thing first, muka harus dibersihkan dulu dan di kasih moisturizer. Sangat ditekankan, perawatan dan kesehatan kulit muka kita sangat penting. Percuma kalau kita ber make up tapi kulit muka kita kusam dan gak sehat. Akan terlihat kurang optimal (baca: skin care andalan FD) .

Setelah muka bersih, kita gunakan primer dahulu sebelum menggunakan foundation. Ini aku yang kaget. Gw pikir, foundation udah yang paling dasar ๐Ÿ˜† . Gunanya primer itu sendiri sih antara lain untuk membuat make up nempel lebih natural dan mencerahkan muka (meredam muka yang kusam). Salah satu produk primer yang direkomendasikan sama mereka adalah primer nya Make Up Forever (ada 6/7 macam primer sesuai jenis dan warna muka) dan primer nya Revlon (yang colourless dan jauuuh lebih murce dibanding MUFE punya).

Setelah pakai primer rata ke muka. Saatnya mengaplikasikan foundation. Sebelumnya dijelaskan dulu tipe-tipe foundation apa saja sih yang ada dan tips memilih foundation paling tepat untuk kita (klik link sebelum ini, untuk membaca artikel yang pernah ada di FD tentang hal serupa). Foundation yang ideal buat kita adalah bukan yang 1 tone lebih rendah dari kulit muka kita, apalagi yang 1 tone lebih tinggi dari kulit muka kita. Kuncinya, cari foundation yang senada dengan kulit muka kita. Cara milihnya pun pas lagi belanja foundation adalah, jangan di test di tangan (soalnya warna kulit tangan kita kan beda sama muka). Aplikasikan langsung ke muka, terutama di test di daerah rahang. Kalau warna foundationnya begitu di aplikasikan langsung blend sama kulit kita warnanya, berarti itu warna yang tepat ๐Ÿ™‚ .

Cara aplikasi nya pun ada tipsnya tersendiri. Setau aku kan kalau pakai foundation kita pakai jari kita kan. Tips dari FD adalah aplikasi foundation yang bagus bisa menggunakan brush. Bisa menggunakan foundation brush atau duo fiber brush seperti yang dipakai Affi disini. Hasilnya (buat aku pribadi), dengan menggunakan brush, foundation blend lebih ciamik di kulit kita ๐Ÿ™‚ . Kalau tips nya mbak Arty, setelah pakai foundation (mau pakai jari atau brush), bisa dirapikan lagi dengan sponge. Tapi, sponge itu hanyak untuk merapikan ya, bukan untuk aplikasikan foundationnya.

Setelah foundation, kita bisa menggunakan concealer. Conceale ini gak harus, soalnya fungsi concealer itu untuk mengoreksi titik-titik wajar yang kurang sempurna. Contoh utamanya, kantung mata. Hehehe ini gw banget, soalnya semenjak punya Aghnan, mata gw resmi jadi mata panda yang mana kantung matanya keliatan bangeet ๐Ÿ˜† . Tips memilih concealer bisa dibaca disini juga. Penggunaannya concealer sendiri bisa dengan brush atau menggunakan jari dengan cara di tepuk-tepuk lembut lalu dirapikan lagi dengan sponge.

Setelah itu kita bisa tutup dengan bedak. Bisa loose powder atau bisa pressed powder / compact powder (bukan two way cake ya bok). Aplikasinya bisa juga pakai powder brush, sponge atau ya puff alas bedak yang biasa. Tergantung mau efek yang seperti apa yang dihasilkan. Kalau mau yang tipis-tipis aja bisa pakai powder brush ๐Ÿ™‚ Atau kalau mau lebih mantap, bisa menggunakan puff dengan cara ditepuk-tepuk lembut supaya lebih rata.

Nah abis step yang terakhir, kalau di kelas intermediate diajarin juga cara countouring muka. Menyamarkan bagian-bagian muka agar lebih ciamik. Misalnya seperti ย memberi kesan efek hidung mancung dengan shading dan highlight batang hidung, atau memberi kesan tulang pipi tinggi ย dengan memberi highlight di sekitaran tulang pipi, dan yang penting lagi adalah, menyembunyikan efek pipi chubby dengan shading di bagian pipi bawah ๐Ÿ™‚

Contouring selesai, saatnya mengaplikasikan blush on ke muka. Tips dari mbak Arty, blush-on diaplikasikan dari apple cheek (keliatan kalau kita tersenyum) lalu ditarik ke arah telinga. Arah menariknya juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah.

Setelah itu kita belajar mengaplikasikan bulu mata palsu ke mata kita. Bulu mata palsu bukan hanya sekedar memanjangkan bulu mata kita. Tapi juga dapat membuat kesan “lebih” dan menonjolkan mata kita. Mata jadi punya efek lebih glamour dan dramatis (jyaah bahasanya). Nah, peernya biasanya bagaimana agar memakai bulu mata palsu tapi tidak kelihatan seperti pakai bulu mata. Jadi au naturale lah yaa.. ๐Ÿ™‚

Bulu mata selesai, saatnya dipakaikan eyeliner lalu siap untuk berlenong dengan eye shadow kita deeh. ๐Ÿ™‚ Sebelum pakai eye shadow bisa pakai primer mata supaya eye shadow nya warnanya keluar dan tahan lama. Rekomen yang paling keren itu primer nya Urban Decay atau versi murah dan lokal nya primer nya La Tulipe juga bagus. Tapi kalau yang gak punya primer, bisa diganti dengan concealor atau foundation di mata kita. ย Mbak Arty sendiri bilang, kalau pake primer mungkin untuk pemakaian yang lama, kalau sehari-hari gak perlu, soalnya, kalau pake primer biasanya rada susah nge blend warnanya. Jadi kalau mau riasan ala ala smokey eyes gitu gak usah pake primer, soalnya nanti nge blendnya jadi susah.

Yang diajarin mbak Arty adalah bagaimana menggunakan eye shadow warna kuat (gelap) trus transisi nya ke warna terang (cerah). Mbak Arty sendiri menekankan kalau penggunaan eye shadow itu harus lembuut. Dan harus pintar mem blending warnanya ๐Ÿ™‚ Betul-betul kayak pelajaran menggambar deh pokoknya. Ada brush nya, ada palet warna warninya. Cuman bedanya ini di muka sendiri. ๐Ÿ˜† Oh iya, salah satu tips dari mbak Arty adalah, jika ingin investasi brush yang branded bisa beli Eyeshadow Brush (contoh: MAC 239) dan Blush Brush (contoh: MAC 116) yang betul-betul bagus.

Oh ya, must read panduan buat memilih brush: Five Brush To Start Your Collection, Basic Brushes for Eyes, danย How To Choose a Concealer Brush .

Selesai pakai eye shadow bisa dilanjutkan dengan alis dan pemakaian lipstik. Kalau tips nya FD, awal-awal kalau bingung membentuk alis bisa ke salon buat minta di bentuk. Abis itu tinggal di rapihin sama kita aja deh. Salah satu andalannya FD adalah salon Narsih buat bentuk Alis. Trus buat lipstik boleh pakai lipliner atau gak. Kalau ingin menegaskan bibir bisa pakai lipliner, tapi kalau merasa bentuk bibirnya dah ciamik bisa di skip pakai lipliner nya.

Kayaknya segitu rekapannya. Yang jelas, seru bangeeet ikutan kelas dandan nya FD. Apalagi pas intermediate semeja sama Mamir dan Arienda. Kenalan sama Hani dan Chitra. Dan akhirnya ketemu langsung sama Menik ๐Ÿ™‚ Yaayy.. So much fun ๐Ÿ™‚

Hasilnya sendiri gimana. Uhm, yang waktu kelas basic fotonya kurang ciamik. Pamer hasil kelas intermediate aja yaa (yang lebih hits hasilnya ๐Ÿ˜† ). Hehehe aku sih pribadi request gimana cara bikin smokey eyes kebiruan gitu. Dan somehow hasilnya lumayan. Bisa liat penampakan dibawah..

Lumayaan dong yaa.. Oh iya, sebagian besar make up nya gw aplikasikan sendiri loooh.. *sombong*. Tentunya gak lepas dari bimbingannya mbak Arty yang super sabar. Thanks FD for organized this event. Tahun depan siap-siap ikutan yang kelas advance aaahh.. ๐Ÿ˜€

13 thoughts on “Kelas Dandan Fashionese Daily

  1. wortje says:

    Hueheuheuheue.. *siram2 air pake brush* :))
    iya gue lupa ngasi tau lo soal primer ya nggi? :p gue ga tiap hari pake soalnya, selain si Smashbox ini susah bener dicari, gue cuma pake kalo pas kawinan atau acara2 apa gt lah :p

    My blending brush 217 juara banget deh ๐Ÿ˜€
    kalo buat muka, krn gue pake MAC foundation yg Sculpt itu, gue pake yg 817 ๐Ÿ˜€

    hadeh lain kali gue bawa lenongan deh kalo kita ketemuan ya :))

    *singkirin dulu buku annabel karmel*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    ooh smashbox primer itu bagus juga yaa.. I c..
    Iyaa aku dah beli 217 ituuu.. Iya beneer enak ya pakenyaaa.. Gw pan tadinya mau beli foundie nya MAC itu. Yang sculpt itu seperti yg gw baca di FD, tapi somehow gw malah nyasar ke counternya MUFE, trus beli primer dan foundie nya dia sekaligus. Eh sekalian concealer nyaa.. Hehehehe..
    Iyaaa lainkali kita yang make up playdate. Aghnan maen sama Zee, kita share lenongan.. ๐Ÿ˜†

    [Reply]

  2. vita says:

    Dide…duh jd pengen…u’re rite….gw bahkan skrg pake lipstik pun kadang males….brush? Hmmm…gw cuma tinggal punya brush utk bedak. Apalg abis pindahan ga tau deh barang2 ada yg ngecer entah kemana. Kapan tuh ada kelasnya lg? Mungkin gw harus ikutan…

    [Reply]

  3. anis says:

    *serius belajar..thanks for share ya nggi ;p kmrn aku juga dah mo ikutan tapi apa daya crach ama jadwal ortu n saudara2 dateng tengok nay ya sud lain kali ajah…

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    rekomen ikutan langsung nis.. ๐Ÿ™‚ soalnya praktek lebih cihuy dibanding sekedar baca2 atau lihat youtube ๐Ÿ™‚

    [Reply]

  4. Indah says:

    keren euy, cantik ๐Ÿ™‚
    smokey eyes nya bajusss…btw itu eyeliner nya pake yg model pensil gitu or cair ya? bagus deh ๐Ÿ™‚

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    yang bawah pake yang pinsil.. yang atas pake yang cair..

    [Reply]

    Indah Reply:

    ohh itu rahasianya, dipaduin antara cair dan pinsil..
    thanks ya tips nya ๐Ÿ™‚

    [Reply]

  5. putri says:

    Lihat postingan ini udah dari awal di publish sih, cuma entah kenapa tertariknya baru sekarang.. hehehe.. maksih banyak udah sharing step by step cara dandan yang oke ya nggi..
    Btw, mau nanya nih, tau ga bu online shop yang jual pressed powder / compact powder nya MAC? aku kebanyakan lihat fb harga 100K-an. palsu kayaknya ya.. yang asli berapaan sih?
    thx ya..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.