Welcoming Ramadhan

Helo Heloo.. Bagaimana puasa hari kedua kalian? Lancar jaya? Alhamdulillah. Sayang sekali aku belum bisa ikut berpartisipasi, soalnya abis nonton Harry Potter Jumat kemarin, tidak disangka si bulan datang. Senang dan sedih sekaligus. Senang karena ternyata siklus sudah kembali normal. Tapi sedih karena gak bisa ikutan perdana lebaran dan kemungkinan besar gak bisa ikutan sholat Ied juga.. 🙁

Tapi tahun ini insyaAllah mau ikutan puasa full. Kalau tahun lalu karena masih menyusui full jadinya puasanya bolong-bolong. Sekarang mau diniatkan harus bisa full.. 🙂 Apalagi pompa pun udah kadang iya kadang enggak. Hihihi.

Kalau ngomongin puasa pasti gak jauh-jauh sama Ta’jil nya. Dan hidangan buka tiap rumah tangga pasti unik-unik dan beda-beda. So, mau cerita tentang makanan buka di rumah aku ya.

Kalau di rumah itu yang juara itu adalah Es Blewah. Biasanya suka beli Blewah di daerah Proklamasi atau di daerah Kebayoran Baru. Blewahnya di serut terus dikasih topping kayak cincau hijau, cincau hitam dan coco pandan. Terus dikasih sirup atau pakai air gula aja udah sedep banget deh. Kalau Blewahnya lagi gak ada biasanya beralih ke Es Kelapa Muda Binatu An yang tersohor itu. Hihihihi.. Tapi tentunya sebelum minum yang es-es gitu biasanya dimulai dengan teh manis hangat jahe yang nyeess rasanya.

Untuk makanannya sendiri sih biasanya kombinasi sama kue/gorengan kecil-kecil sama makanan yang semi-berat (bukan nasi). Soalnya biar gak terlalu mengenyangkan, lagipula biasanya abis sholat maghrib-isya-tarawih lanjut lagi makan malam pakai nasi nya. 😆 Eh tapi ini buat anggota keluarga yg lain saja. Karena lagi berdiet dan takut dimarahin sama polisi langsing singset sehat jadinya aku ngunyah agar aja deh 😛 .

Untuk kue nya sendiri sih biasanya suka beli di pasar. Tapi kalau gorengan sih paling tahu goreng isi, otak-otak (ini biasa beli di Binatu An juga yang endeeuuss banget rasanya) sama pangsit goreng. Terus buat makanan yang semi-berat kurang lebih ini urutannya:

  • Mie/Kwetiauw Goreng
  • Spaghetti Bolognaise
  • Bakso Tahu Kuah
  • Bihun Goreng
  • Sate Ayam (kalau malas masak)
  • Pangsit Kuah

Berasal dari tradisi di rumah nyokap dan terus kebawa sampai sekarang. Kalau diperhatiin emang lucu ya, keluarga aku yang Jawa totok, tapi kita sekeluarga gak terlalu ngefans sama makanan yang manis-manis semacam kolak pisang atau bubur sum sum. Kurma pun bukan favorit soalnya manisnya banget banget. 😆 Malah biasanya si mas yang suka nyariin yang manis-manis.

Jadi sih pengennya tahun ini ada suasana baru di meja saat berbuka. Mari semedi dulu ah apa saja yang mau di variasikan. Tapi sih kalau kolak dan bubur2 kayak gitu paling asik beli jadi di Pasar Benhil (emak males repot 😆 ) . Hihihihi, suer kalau lagi puasa beli makanan di Pasar Benhil itu mengalaaap. Soalnya semuanya tampak enak dan menggiurkan. Ah jadi pengen wiken ini ke Pasar Benhil. Kenapa tiba-tiba kepengen bubur sumsum atau kue mayangsari ya? Hihihihi..

So, berbuka apa kalian hari ini? Ayo coba di share disini (biar aku dapat inspirasi 😉 ) Apa pun bukanya yang penting semoga ibadah kita hari ini diterima Allah SWT ya. Amiin..

11 thoughts on “Welcoming Ramadhan

  1. ura says:

    kalo misuaku ga boleh ga ada es buah, trus cemilannya aneka puding (dan aneka gorengan juga), standar ya? hehhee

    Anyway, futu es blewahnya ajibbbbbb bikin ngiler *lirik jam masih 1 1/2 jam lagi -_-

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hahaha es blewah emang sueeegeernya endeeeuuusss.. 😀

    [Reply]

  2. vita says:

    Toss!! Sama banget, de…gw jg ga ikutan pembukaan ramadhan 🙁 tapi dapetnya sebelum nonton harpot sih, bukan sesudahnya…huehehe…Makanan buat buka jg samaaaa…favorit gw bukan yg manis2, tapi gorengan!! Kebiasaan dari dulu & untungnya didukung suami :p
    Paling yg agak beda, di keluarga gw minum utk buka puasa yg anget2, suami gw kebalikannya. Jadilah gw berkompromi dg menghidangkan kelapa muda segar dicampur nata de coco trus sedikit syrup buat pendamping buka puasa 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hahaha toss deh kita.. kompak bener yak 🙂

    [Reply]

  3. DwD says:

    Huaaawww, esnya bikin ngiler! Untung ngeliatnya pas jam-jam menuju sahur hehehe. Klo nyokap aku biasa bikinin standar sih klo ga kolak pisang ya kolak ubi. Klo lagi banyak tenaga dan ga cape, nyokap bikin es teler yang maknyus banget atau es palubutung yang endang bambang! Duh, kok jadi ngiler sendiri gini ya? Besok-besok minta bikinin ah klo begitu :B

    [Reply]

  4. Liana says:

    Anggi … barusan buka blog kamu trus langsung tertuju pada es blewah.
    Daannnnn langsung aku menelpon ART-ku untuk beli blewah dan bikin es untuk buka nanti sore 😀
    Hiks padahal masih pagi niiiii

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hahaha siikk nanti bukanya pake es blewaaahh.. 🙂

    [Reply]

  5. Rina says:

    Anggiii…gw paling sebel kalo mens pas awal puasa…lah wong nanti pas orang2 udah mulai biasa dan seger2 aja puasa…kita yg paling letooyyy 😀

    Anyway, es blewah is always the best!

    [Reply]

  6. Memez says:

    sorry, jadi menahan agar ngga ngeces nih. Kalau aku suka sama Es Timun kerok yang biasanya ada di mie aceh gitu, ngga perlu dikunyah, langsung seruputtt….

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.