Pencarian Sekolah TK-SD Part 1

Sedih betul deh ketika TK-SD impian yang ditaksir sejak lama tiba-tiba memutuskan untuk pindah gak tanggung-tanggung, ke Bambu Apus. Yeuk marii. Sebetulnya kesana melawan arah sih. Cuman kok gak tega ya kalau jauhnya sampai keluar masuk toll JORR. Selain gak tega, di toll itu kan suka aneh-aneh aja kecelakaannya dan macetnya. Jadi kalau memaksakan ikut pindah kasian banget si Aghnan. Padahal udah sreg banget sama semua-semuanya. Cuman ya mungkin ini namanya yang belum berjodoh. Aghnan sendiri balik sih masih ngelanjutin preschool disana. Kebetulan belum pindah juga. Cuman berhubung tahun ini Aghnan udah TK jadi sekalian deh dipindahin ke TK yang baru sekalian yang ada SD nya. Jadi kontinuitas aja. Aghnan baru 3.5 tahun tapi udah sering banget pindah-pindah sekolah. Kasian juga dipikir-pikir. Jadi survei kali ini valid hukumnya buat 8 tahun kedepan.

Bismillah, semoga bisa ketemu sekolah yang pas. Untuk kriteria sekolah sendiri aku sama mas mengalami berbagai pergeseran. Terutama dalam segi bahasa pengantar dan kurikulum. Untuk bahasa pengantar berhubung balik dari Boston si bocah jadi billingual beneran (ngomong sama kita pake bahasa Inggris tapi ngomong sama eyang-eyang dan mbak nya pake bahasa Indonesia) jadi kita cari sekolah minimal billingual tapi kalau full English juga gpp. Tinggal di koordinasikan aja sama kita biar di rumah pake bahasa Indonesia dan di sekolah pake bahasa Inggris (kebalikan dari waktu kita di Boston) jadi bisa termaintain kemampuan bahasa billingualnya.


Kemudian untuk kurikulum sendiri, kita pengennya gak murni kurikulum nasional. Bukannya apa-apa ya. Kalau diperhatiin kurnas selama 10 tahun terakhir itu kayak abege labil. Ganti menteri ganti kurikulum. Hampir tiap tahun ganti buku. Gak ada tuh model jaman kita dulu yang buku kakak bisa dipake lagi sama kita. Karena gak konsisten ini dan kita nilai terlalu menjejalkan si anak, jadinya kita mulai cari kurikulum alternatif yang bisa jadi alternatif buat pendidikan Aghnan.  Harapannya dengan kurikulum plus dan alternatif ini bisa lebih menggali potensi anak. Gak cuman sekedar potensi akademik, tapi juga bagaimana membentuk pola pikir dia, cara dia menyelesaikan masalah dan cara dia berinteraksi dengan lingkungan. Banyak yang bilang, guru-guru itu terlalu terbebani dengan administrasi macem-macem untuk kurnas dan diknas sehingga jadi kurang fokus dengan perkembangan si anak sendiri. Pengennya buat dasar konseptual nya dapat dimengerti sama Aghnan. Gak sekedar hapalan-hapalan terus ngejar target ranking atau nilai UAN. Dan idealnya masih berbau Islami sehingga membantu kita di rumah menanamkan kebiasaan sebagai muslim sedini mungkin.

Tapi dari keinginan dan kenyataan di lapangan itu susah banget bok dicarinya. Apalagi dengan konstraint tempat tinggal kita yang domisili di pusat. Rata-rata kebanyakan sekolah-sekolah di pusat old school semua. Dan kita pun terpaksa survei-survei melipir-melipir Selatan dan Timur Jakarta. Sedih yaa.. 🙁

Untuk survei pertama kita ke Green Montessori di kawasan Tegal Parang Mampang Prapatan. Tau sekolah ini dari sahabat yang tinggal di Asem Baris yang kebetulan memang nyari sekolah di daerah dekat rumahnya. Konsep dan kurikulum yang diusung sekolah ini Montessori dengan Islamic Values. Menarik banget sih, secara konsep montessori ini sudah dikenal mendunia ya. Apalagi dengan Islamic Values. Sekolahnya sudah ada dari preschool-kindergarten-elementary. Dan bahasa yang digunakan Full English. Aku penasaran dan kita survei kesana pertama deh.

Test jalan dan macet sebetulnya lumayan padat ya kalau pagi hari. Dan masuk kesananya jalannya kecil-kecil dan sempit. Rentan macet dan (mungkin) banjir. Sekolahnya sendiri sekarang mungil banget. Tapi rencananya 2014-2015 akan pindah ke dekat Duren Tiga. Yang mana buat kita akan makin jauh lagi 🙁 Kalau dari maket dan gambarnya tampak menjanjikan ya. Kita sendiri survei masuk kelas TK dan SD nya. Kalau dari suasana belajarnya sih adem ya rasanya. Dan anak-anaknya manis-manis banget perilakunya. Karena montessori ini konsepnya mendorong anak untuk proaktif jadi pas di SD nya seneng ngeliat anak-anak semangat belajar apa yang mereka lagi pengen belajar sendiri. Nulis di jurnalnya dan bikin rangkumannya. Guru-gurunya sendiri sih gak ada yang native speaker. Jadi jangan harapkan bahasa Inggrisnya (terutama logatnya, bakal sekeren native, gak apple to apple juga kalau dibandingin secara rata-rata besar dengan lidah Indonesia). Tapi grammar wise kalau aku curi-curi dengar ok kok.

Fee untuk TK:

20140117-184155.jpg

Fee untuk SD:

20140117-184318.jpg

Aku gak ngerasa pas ngejelasin lebih lanjut konsep montessori ini sendiri ya. Enakan buat yang penasaran datang dan diskusi dengan educator nya di sekolah ini. Si mas sendiri tertarik dengan konsep montessori ini. Cuman untuk TK nya kita ngerasa jam belajarnya lama banget ya. Dan faktor lokasi yang bikin kita kurang sreg juga. Kemudian faktor harganya juga wkwkwkw lumayan yak (kayak Cikal). Jadiiii ya pencarian pun berlanjut.

Next kita survei ke Global Sevilla yang ada di Pulo Mas Raya di Jakarta Timur. Sekolah ini kurikulumnya Cambridge dan full English. Tau sekolah ini dari Nana, dan dapat rekomendasi bagus dari dia. Bukan Islamic based sih, tapi berhubung pilihan terbatas yak, jadi mari di survei. Test jalan sesungguhnya gak terlalu jauh dan melawan arus. Relatif lebih enak dibanding ke arah selatan. Gedungnya besar dan fasilitasnya macem-macem. Sampai ada kolam renang juga (ini di gedung Green Montessori yang baru katanya bakal ada juga). Kita masuk dan ketemu dengan education consultant nya.

Jadi di sekolah ini gak cuman full english, ada kelas bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin nya. Somehow gw gak terlalu sreg dengan bahasa Mandarin nya ini. Iya sih trilingual bakal jadi nilai plus banget. Cuman memanage billingual aja kayaknya susah ini pake nambah trilingual lagi. Yeuk. Kurikulumnya sendiri full Cambridge. Tapi buat yang WNI menjelang tingkat akhir mulai diberikan latihan-latihan soal penyesuaian untuk UAN. Dan buat yang WNI dianjurkan buat ikut UAN. Oiya yang full Cambridge ini SD nya ya. TK nya sendiri kalau gak salah mengadopsi sistem British Montessori dan Cambridge.

Ruang terbuka nya lumayan banyak. Walau gedungnya gede tapi lapangan dibelakang lumayan luas. Playground ada indoor dan outdoor. Jadi kalau hujan anak bisa main di dalam juga. Kelas-kelasnya bersih dan ngingetin kita sama pre school Aghnan di Boston. Keamanannya juga ok. Katanya guru-guru yang ngajarin English nya itu asli UK dan rata-rata guru-gurunya Cambridge certified.

Harga tuitionnya sendiri expected ya mahalnya. Aku sendiri dari yang shock awalnya sampe udah bebal menelan kenyataan 😆

20140117-185025.jpg

Dari segi jarak sih patut dicoba untuk trial dan dipertimbangkan ulang. Jadi kita lihat apakah Aghnan cocok sekolah disitu ya.

Di depannya Global Sevilla sendiri ada TK-SD Tugasku. Menurut review sih bagus dan Islamic based. Tapi bahasa pengantarnya Indonesia. Agak gak pas dengan kriteria ya, jadinya kita gak survey buat mampir.

Baru 3 sekolah dan rasanya perjalanan masih panjang. Haha yak mari semangaaatt!!!!

26 thoughts on “Pencarian Sekolah TK-SD Part 1

  1. Arninta says:

    Mbaaaak harganya ya ampun bgt ya >.< baru Aja penasaran am green school eh km review.buat kelas tk-nya lama bgt ya. Btw,sekolah idaman aghnan apa mba,cikal kaah?

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Kelas TK nya lama banget menurut aku. Sampai jam 1 siang ya. Pokoknya makan siang disana. Idamannya Aghnan sebetulnya di sekolah yang sekarang di Nizamia Andalusia. Islam modern. Kurikulum gak terlalu muluk dan lingkungannya menyenangkan. Udah suka semua-semuanya. Termasuk tuitionnya pas dikantong. Tapi pake acara pindaaaaaahhhh.. Kasian banget kalau kejauhan Nin, selain aku gak tega, aku gak tenang juga dia mesti menembus tol tiap pagi demi sekolah..

    [Reply]

  2. netta says:

    itu knp tk jam sekolahnya udah lama bgt gt ya?
    geleng2 lihat biaya sekolahnya…

    semangat terus nyari ya nggi, hihi *aq jg lg nyari soalnya :p*

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    mungkin karena menerapkan montessori itu kali ya Net.. haha iya nih semangat!!

    [Reply]

  3. irrasistible says:

    Nggi itu biaya TK & SD??? *keselek*

    Aduh pusing gue baca daftar harganya hahaha… 😀 Kebanyakan sekolah yang kurikulum internasional atau nasional plus emang banyak munculnya di Selatan atau BSD/Karawaci sih ya. Makanya gue sirik deh sama temen-temen yang di daerah sana. Soale di deket rumah gue di Jaktim lebih banyak yang fokus ke agama, tapi akademis banget. Padahal gue pengennya yang lebih fokus ke perkembangan kepribadian dan akhlak, bukan sekadar hapal berapa juz, hapal doa A-Z, dll gitu.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Iiiihh gw juga Iraaa.. Suka sirik soalnya pilihannya banyak euy. Gw setuju banget sama loe. Gw juga lebih fokus ke perkembangan kepribadian dan akhlak, dan bukan sekadar hapal berapa juz aja.. Semangat ya Ra. Susah banget ya nyari sekolah idaman.. 🙁

    [Reply]

  4. Anthy Firmansyah says:

    Nggi..welcome back ya. Coba di kinderfield mgkn?yg terdekat dr lo yg di tebet..trial aja dl..

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    hoo iya ya Kinderfield ya.. Nanti coba di browse deh..

    [Reply]

  5. Ami says:

    Hai..salam kenal.. Rumahku di Pulomas deket bgt sm Tugasku and Sevilla..tapi kayanya anakku jadi masuk Nizamia dehh…sepertinya review ttg Nizamia oke2 😀 Tugasku enggak diterima..krn kuotanya cuma dikit bgt..trus agak kurang sreg jg sih dsana.. TK anakku di Cikal TB Simatupang..SDnya ampun enggak kuat kantongku.. 😛

    [Reply]

  6. Adis says:

    Huaaa pr bgt ya nggi nyari sekolah.. Syg sekali skull nya Calibre di Planet Kidz bahasa pengantarnya bahasa Indonesia ya, kalo gak bisa dicoba trial dulu tuh.. Apalagi thn ini thn pertama dimulainya kelas utk TK.. 🙂 Jd Calibre lanjut disana tk nya jd angkatan pertama.. Utk TK bobotnya ditambah katanya utk pelajaran bahasa inggris nya.. Coba aja melipir nggi, deket kan dr rumah.. ???? Anyway good luck ya say smoga dpt yg plg sreg buat Aghnan.. 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Gak Dis, aku nyari TK yang langsung ada SD nya. Jadi biar lanjut dan sayang Aghnan bahasa Inggrisnya udah bagus soalnya.

    [Reply]

  7. Adis says:

    Iya bener udah fasih bgt pasti Aghnan bahasa inggrisnya.. Syukurlah kalo udah dpt skull yg sesuai utk Aghnan.. Selamat bersekolah…. ????????

    [Reply]

  8. Riery says:

    hallo..maaf mau tny klo tk sm sd yg pindah ke bambu apus namanya apakah? lg survey tk juga nih dan bambu apus kebetulan dkt dari rumah bisa buat nambahin pilihan..thanks yah 🙂

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Nizamia Andalusia mbak..

    [Reply]

  9. BundaFirzana says:

    Terima kasih Mbak, for sharing. Walopun utk Juli 2015, dari sekarang Saya udah mulai survey & kumpulin info sebanyak²nya, saya nyari SD yg kurikulum montessori + islamic based, lokasi Jakarta Selatan. Tp pas tau harganya sgitu..owlalala..mesti rogoh kantong sangat dalam. *nangissambilgaruk²aspal*

    [Reply]

  10. Yola says:

    Assalamualaikum, salam kenal..
    Waduh barusaaaaan aja saya telfon sekolahnya untuk rencana bikin janji, eeeeh pas baca harganya, glek! ga jauh beda sama kayak Sekolah Cikal tempat anak saya TK sekarang, huhu.. Mahal-mahal banget ya, tapi klo liat link dibawah ini dari Ibu Najeela Shihab (owner Sekolah Cikal) juga jadi galau mau pindah dari Cikal.. jadi akhirnya mba Anggi menjatuhkan pilihan dimanakah?

    http://www.youtube.com/watch?v=9EnnhbMAlBQ

    [Reply]

  11. Nona arien says:

    Mbak kinderland juga bagus dan masi moderate harganya mnrt aq..dy ada di pdk indah, pulomas dll. Better than kinderfield kl mnrt aq. Juga ismile di plaza indonesia..bagus juga cm emg setara cikal kl ismile mslh harga. Discovery center yg di menteng jg bagus. Mostly bule..bule tulen yg pirang..hehehe. Cm harga in usd. Smua skul yg aq sebutin itu full english. Cm kinderland 1x seminggu ada pljrn bhsa indo krn mnrt mrka bhsa ibu ga blh dilupakan.

    [Reply]

    Mrs.Karimuddin Reply:

    Thanks Nona Arien. Tapi aku nyari yang ada SD nya juga jadi bisa langsung pindah.

    [Reply]

  12. Ami says:

    Nizamia sudah ga di Antasari lg ya mbak??
    aku jg ngincer sekolah itu huhuuu..
    aku taunya tk di antasari, sd di duren tiga..*sedih harus cari calon sekolah lg

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.